Wednesday 22 February 2017

Fira Menjadi Peniru : Bekerja dengan Note Book

Pada suatu hari, di sebuah siang yang panas. Ummi dan Fira berada di rumah hanya berdua saja. Ummi sedang bekerja di note book di meja kerja. Sedangkan Fira sedang bermain di ruang depan. Ummi dan Fira saling menyapa, saling bertanya supaya ada komunikasi, meskipun sama-sama sedang menyibukkan diri dengan hal yang berbeda.

Alhamdulillah, ruang kerja ummi sekarang sudah dapat dibilang cukup ideal. Berada di tengah-tengah rumah. Dapat melihat ruang depan, melihat kamar depan, melihat ruang tengah, dapur, kamar belakang dan kamar mandi. Jadi, apa yang dilakukan Faiz dan Fira masih dapat terjangkau dalam pengawasan ummi. Pun juga dapat dilakukan komunikasi yang baik.

Sesekali Fira menghampiri ummi, sekedar bertanya. Sekedar meminta pertolongan untuk mengambilkan mainan yang kebetulan, berada tidak jauh dari tepat ummi duduk di meja kerja. Fira memperhatikan apa yang ummi lakukan. Ummi juga ikut mengambil peran dalam permainan Fira. Saat Fira sedang bermain masak-masakan, ummi pasti akan meminta dimasakin sesuatu. Dan...Fira akan menghampiri ummi untuk memberikan hasil masakan a la Fira.

Ikut terlibat dalam permainan anak-anak, merupakan salah satu bentuk perhatian orang tua kepada anaknya. Anak bermain masak-masakan, ikutlah menjadi penikmat masakannya. Anak bermain dinosaurus, ikutlah merasakan kengerian dengan gigi-gigi tajam dinosaurus. Meskipun waktu orangtua sangat terbatas dan sedang mengerjakan pekerjaan.  ~Astin Astanti~

Silahkan Baca : Beli Mainan Dinosaurus 




Fira Menjadi Peniru Bekerja dengan Note Book


Ruang kerja impian ummi memang yang beruang terbuka. Berada di tengah ruangan, sehingga dapat melihat seluruh ruangan dan dapat dilihat oleh seluruh anggota keluarga. Awalnya sich karena ummi memang penakut. Hehee, jadi meja kerja yang bisa dilihat dari arah kamar tidur utama, menjadi satu hal yang menguntungkan untuk ummi.

Ternyata ruang kerja impian ummi ada keuntungan lainnya. Fira dan Faiz jadi mengetahui kegiatan ummi-nya. Mereka dapat dengan mudah meminta sesuatu kepada ummi. Ummi juga dapat dengan cepat mengetahui apa yang terjadi dengan Faiz dan Fira. Maklumlah, ke dua anak ini, kalau bertemu bisa terjadi hal-hal yang menghebohkan dan membuat ummi semakin tertantang. Mereka berdua sangat menarik, apalagi ketika berebutan mainan atau apapun.

Selain itu, ruang kerja yang terbuka. Memungkinkan Fira dan Faiz untuk meniru apa yang ummi lakukan. Ceritanya hari ini adalah Fira. Bayi ummi yang sudah beranjak besar. Pada usianya yang sudah 2 tahun lebih, Fira sedang menjadi peniru yang ulung. Anak-anak apda dasarnya adalah makhluk peniru. Jiwa menirunya sangat tinggi dan dengan berbagai cara, akan mengikuti. Meniru apa yang dilihatnya.



Cerita kali ini adalah saat Fira meniru ummi yang bekerja dengan note book. Fira pasti dong sering melihat dan paham apa yang dilakukan ummi dengan note book. Mempelajari bagaimana bentuk note book. Sehingga mainan apapun yang berbentuk note book, Fira ambil menjadi sebuah note book. Contoh mainannya adalah koper mobil-mobilan hot wheels kakak Faiz dipergunakan sebagai note book

Meja belajar kakak Faiz dipakainya sebagai meja kerja Fira. Sebelum sampai ke meja belajar a ka meja kerja Fira, dia akan berkata "Ssst, Fira mau keja". Gayanya sudah seperti ummi yang duduk dan melakukan aktifitas menggunakan note book. Matanya sangat fokus dan mengerjakan apa yang biasa orang bekerja di kantoran lakukan. Ambil kertas, ambil alat tulis dan keningnya berkerut. Apa ummi seperti itu? mengerutkan kening sampai manggut-manggut? oh, mungkin ummi sedang membaca tips dari internet. 😅

Mainan Note Book untuk Fira


Awalnya ummi memiliki keinginan untuk membeli mainan note book di toko mainan. Ummi melihat beberapa teman kakak Faiz, juga punya. Jadi, ummi pergi tuh ke toko mainan. Setelah ummi memegang, mencoba bertanya apa fungsinya apa spesifikasinya *dikira ummi beli note book beneran, gitu?. Akhirnya ummi memutuskan untuk tidak membeli mainan note book dulu. Ummi masih bersabar, untung saja, saat ke toko mainan enggak mengajak Fira. Aman, jenderal!

Suatu hari, di sebuah group teman blogger. Ada seorang teman bernama Mbak Indah yang berada di Amerika Serikat sedang garage sale beberapa mainan anaknya. Ada salah satu mainan berbentuk note book berwarna pink. Ya udah kan, ummi tag ke Mbak Indah, pingin beli dan tanya harganya. kebetulan ada salah satu temen juga sudah tag duluan. Yah, belum rejeki Fira.

Tak disangka, Mbak Indah menghubungi ummi, mengatakan bahwa teman yang sudah tag tidak jadi membeli. Alhamdulillah note book itu rejekinya Fira. Note book tadi ternyata merupakan salah satu mainan edukatif yang bernama Leap Frog. Isinya juga merupakan pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak.

Tunggu di tunggu, akhirnya mendaratlah leap frog berbentuk note book dari Amerika Serikat. Ya Allah, Fira senangnya bukan main. Sebelum barang sampai, ummi juga iseng ngasih lihat gambar leap frog-nya. Ahaihiii. Setelah sampai di rumah, semuanya pada seneng.

Silahkan Baca : Belajar memisahkan Warna

Alhamdulillah Fira selain mampu bernyanyi ABC song. Mengunakan leap frog tersebut sebagai property untuk meniru ummi yang sedang bekerja. Jadi, kalau mau bekerja seperti ummi, Fira mengambil leap frognya. Duduk di meja belajar kakak Faiz. Kalau ditanya sedang ngapain? akan dijawab sedang keja (kerja). 



Bagaimana ummi enggak bahagia coba? rasa syukur yang tiada tara, anak ummi mendapatkan fasilitas yang baik untuk melakukan peran yang ingin ditirunya. Masa depannya masih panjang membentang. Tugas ummi dan abilah yang menuntun ke mana akan terbentuk karakter dan jiwa anak-anak yang masih kecil ini.

Dengan adanya peniru hebat, ummi dan abi jadi lebih banyak berhati-hati. Menunjukan hal-hal yang baik dan positif.

Belajarlah terus, Nak. belajar dengan apapun cara yang kamu mampu. Hari ini, belajarmu ya sembari bermain. Kelak, ketika kamu membaca tulisan ummi ini, ummi harap kamu senantiasa bersyukur ya. 

Love you.
💗


27 comments:

  1. Kalo anakku kerjanya pake hp. Soalnya emaknya kalo ngetik pke hp. Hihi

    ReplyDelete
  2. Wah cakep banget notebook-nya Fira. Jadi semangat untuk belajar bahasa Inggris juga ya dari lagu2 di notebook ini :D Moga Kak Faiz dan Fira tambah pintar ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Fira jadi belajar lagu-lagu bahasa Inggris dari note book itu juga. Makasih doanya untuk Faiz dan Fira ya, tante

      Delete
  3. Anak2 memang peniru ulung ya Mbak. Makanya kalau ada tingkah anak yang bikin gemes, kami berusaha untuk tidak marah duluan. Bisa jadi dia meniru orang tuanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu sudah pasti dari hasil dia melihat lingkungan terdekatnya...hiks,

      Delete
  4. Anakku jarang meniru kerja dengan laptop Mbak karena memang saya jarang bekerja dengan laptop waktu di rumah. Tapi sih memang ada kebiasaan lain yang ditiru dari orang tuanya, entah di bagian mananya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya anak pasti akan selalu meniru ya, MBak.

      Delete
  5. Pasti jadi kayak ngaca yaa mb kalau ngeliat kelakuan anak. Hehe...
    Salam kenal mb astin...

    ReplyDelete
  6. Wah, tahu gitu pas main kemaren ikutan nyobain notebook Fira xixi. Selamat bekerja ya Fira sayang ahahahaha, jangan lupa gayanya juga samain dong dengan Umi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkk, Biasanya Fira selalu kasih tahu...embuh pas kemarin dikeluarin atau gak y, Hehhee, Gaya Fira lebih keren lah

      Delete
  7. ya ampun pipi kamu itu lho dek, gemesin hahahah pengen tak cuwilin.
    Salam kenal dari tante ya dek Fira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal bude, hehee..pipiku dulu begitu, sekarang lebih langsing, heheh

      Delete
  8. saya dapet hibah laptop bekas dari suami. eh anak yang girang. katanya mau bantu ayah kerja.

    trus gitu buka excel. kayak ayah katanya. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak Ayah, iya anak-anak suka meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya

      Delete
  9. Anakku seringnya bantu di dapur mbak..ngupasin tempe☺ katanya besok klo dah besar "aku yang goreng tempe..ibu yang masak sayur"..☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. So suit, anak baik anak bunda anak yang perhatian sama aktifitas yang dilakukan bundanya. Salam buat anaknya Mbak

      Delete
  10. wah iya ya, kita harus jd peniru yg baik buat anak .Fira hebat udah bisa ngetik hehe

    ReplyDelete
  11. Anak2 itu peniru yang baik, jadi lingkungan harus baik :) Lucunya Fira :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyiapkan lingkungan yang baik dan tetap melindunginya yak, Mbak.

      Delete
  12. Cakep nih laptop barunya Firaaa, pinky pinky cute gituuuuu. Happy banget pasti Fira ya maaak.. Hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa untuk anak cewe, kalau enggak pink ya ungu trus birmud...warna yang kalem kek umminya Fira. Fira sama kakaknya Happy banget

      Delete
  13. mending main laptop/ notebook dr pd main android ya mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Leptop leptopan mendingan, kalau notebook ummi, takut malah yusaak...wkwkwk emaknya takut... kalau ada yang mainan, aku kasih mainan, kalau mau notebook beneran, aku mendampingi

      Delete
  14. Perlu nggak ya mbak diajRkan komputer atau notebook kpd sjk usia dini????

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^