Tuesday, 23 February 2021

Resep Donat Menul-Menul Tanpa Berminyak

Donat merupakan camilan anak yang paling mudah ditemukan. Di mana-mana dapat ditemukan donat dengan berbagai macam rasa, varian, cara membuat, bentuk dan sebagainya. Donat yang sering ditemui, terbuat dari tepung terigu, kombinasi tepung dengan kentang atau ubi. donat yang terbuat dari tepung maizena dan sebagainya.

Donat Menul Menul
Faiz dan Fira menyukai semua jenis donat, cara membuatnya mau dipanggang atau mau digoreng, semua suka. Membuat donat dengan cara dipanggang, tidak menggunakan minyak dan less oil. Cara menikmatinyapun lebih nyaman dibandingkan donat yang digoreng dan kebanyakan minyak.

Dapur Astata akhirnya menemukan resep donat menul-menul tanpa berminyak. Kebayangkan, menikmati donat tapi terasa menikmati gorengan bakwan atau mendoan. Dapur Astata pernah juga mencoba membuat donat dan hasilnya, so oily gitu.

Alhamdulillah akhirnya dapur Astata menemukan resep donat dari You Tube milik Devina Hermawan. Dapur Astata bahkan sudah membuat lebih dari 5 kali, wow. Jadi, selain roti sobek, Donat Dapur Astata menjadi camilan premium untuk keluarga Asty.

Resep Donat Menul-Menul Tanpa Berminyak

by Devina Hermawan

Donat Menul Menul
Bahan-Bahan
  1. Tepung Terigu 325 gr (protein sedang)
  2. Tepung Terugu 75 gr ( protein tinggi)
  3. Brown Sugar 50 gr - Dapur Astata menggunakan gula pasir biasa dan jumlahnyad ikurangi menjadi 35, karena kami sudah manis-mansi, hehee
  4. Garam 3 gr
  5. Mentega 50 gr - Dapur Astata menggunakan Butter Unsalted
  6. Ragi aktif 7 gr
  7. Susu segar Home Town 150 ml
  8. Telur ayam 2 butir
  9. Ekstrak Vanilli 1 sdt
Cara membuat
  1. Campur semua bahan, kecuali butter dan garam. Dapur Astata menggunakan mixer supaya lebih cepat dan tangannya gak lelah
  2. Setelah menjadi adonan, masukkan butter dan garam, campur semua hingga rata dan kalis. Dapur Astata tetap menggunakan mixer
  3. Bulatkan adonan dan diamkan sampai 30 menit atau tergantung suhu di rungan
  4. Ambil adonan dan timbang, lalu bagi sesuai selera. Dapur Astata membagi per adonan adalah 30 gr dan adonan di atas menghasilkan 30 buah donat.
  5. Bulatkan adonan kemudian tutup lagi menggunakan lap. Diamkan hingga mengembang. Kurang lebih 30 menit lagi.
  6. Siapkan penggorengan dan minyak yang tidak perlu panas-panas. Masukkan adonan donat satu per satu.
  7. Untuk mendapatkan adonan yang berlubang di tengah. Gunakan dua buah sumpit. tekan di tengah-tengah lalu lubangi menggunakan satu buah sumpit. Satu sumpit untuk menahan supaya donat tidak bergeser-geser.
  8. Goyangkan donat supaya tercover minyak
  9. Angkat dan tiriskan dengan posisi donat berdiri.
  10. Beri topping sesuai selera saat donat sudah agak dingin. Jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin jika ingin memberikan gula donat
Donat menul-menul tanpa berminyak siap disajikan. Meski bentuk donat tak sempurna, tapi Dapur Astata mendapatkan rasa yang luar biasa enak, berbeda dengan donat yang dijual di pasar. Donatnya berasa sekali susunya, karena Dapur Astata menggunakan susu Home Town. Susu yang diolah menggunakan sistem pasteurisasi. 

Donat Menul Menul
Susu segar Tanpa bahan pengawet, Tanpa bahan perasa ataupun tambahan gula dan air. Susu alami seperti ini sangat enak dan cocok untuk dibuat camilan. Siapa yang sudah mencoba membuat donat menggunakan susu segar? sini ceritakan gimana rasanya. Creamy dan berasa susunya. 

Satu hal yang paling penting adalah, anak-anak menikmati camilan sederhana dari Dapur Astata. Dapur milik keluarga Asty yang terkontrol bahan utama, bahan pendukung serta proses pengolahannya. 

No comments:

Post a comment

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^