Skip to main content

Faiz Menyukseskan BIAS Bulan Agustus Ini

Faiz sekarang memiliki kesibukan baru, yaitu kesibukan menjadi anak sekolah dari sekolah dasar. Agenda di bulan pertama sekolah adalah menyukseskan BIAS. Awalnya ummi bingung dengan kepanjangan dari BIAS, apa BIAS itu? ummi pikir Bimbingan Siswa Aktif. Ternyata salah, duh, malunya ;)

BIAS adalah kependekan dari Bulan Imunisasi Anak Sekolah. Kepanjangan dari BIAS ummi dapatkan dari searching di internet dan bertanya kepada teman blogger ummi, Mbak Lidya dan Cheila. Cheila kebetulan adalah Guru SD di daerah Purwodadi, sana.

Ummi diberikan kesempatan untuk datang dan mewakili kelas Faiz, untuk mendapatkan penyuluhan BIAS satu minggu sebelum pelaksanaan BIAS. Jadi masing-masing kelas, diwakili oleh 4 orang wali murid untuk mendapatkan informasi mengenai BIAS dan diharapkan memberikan penjelasan kepada wali murid yang lainnya.



Tanggal 4 Agustus 2016, ummi bersama wali murid lainnya datang ke aula sekolah di lantai 2. Sudah ada perwakilan dari Puskesmas yaitu seorang Dokter cantik dan petugas. Acaranya semi formal, lesehan di lantai sembari menyimak slide-slide yang dibawakan oleh Ibu Dokter.

BIAS Memiliki Dasar Hukum



BIAS telah memperoleh dasar hukum untuk menyelenggarakan imunisasi. UU no 36 tahun 2009 mengenai kesehatan dan PERMENKES No 42 tahun 2013 tentang penyelenggaraan imunisasi. Tujuan diadakannya BIAS adalah supaya angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, dapat menurun.

UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Setiap anak memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, spiritual dan sosial.

UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Pasal 130 Pemerintah wajib memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak.

Pasal 132 (3) setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi.

Jadi, dari pihak petugas kecamatan, sangat meminta kerjasama dari wali murid agar memiliki pemikiran yang terbuka untuk menyukseskan pelaksanaan BIAS. Wali murid diharapkan dapat memberikan pengertian kepada anak-anaknya, agar mau dan tidak mogok ketika akan diberikan suntikan vaksinnya.

Pelaksanaan BIAS


Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah mengacu pada PERMENKES No 42 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan imunisasi. BIAS merupakan imunisasi lanjutan dan diwajibkan oleh pemerintah untuk anak usia sekolah dasar.

  1. Kelas 1 SD akan diberikan imunisasi CAMPAK pada bulan Agustus dan DT pada bulan November
  2. Kelas 2 SD akan diberikan imunisasi Td pada bulan November
  3. Kelas 3 SD akan diberikan imunisasi Td pada bulan November

Imunisasi


Imunisasi adalah proses menghasilkan imunitas pada seseorang dengan cara pemberian bahan imunobiologik.

Prosesnya adalah dengan dimasukkannya vaksin ke dalam tubuh manusia agar tubuh membentuk zat antibodi sehingga dapat memberikan kekebalan pada tubuh untuk menolak penyakit.

Imunisasi BIAS diberikan secara gratis dan aman untuk anak-anak usia sekolah sesuai dengan jadwalnya. Em, jadi kepikiran nich, bagi anak-anak usia sekolah, di mana tidak mampu untuk bersekolah pada usia sekolah dasar, apakah mereka diberikan imunisasi lanjutan ini? sedihnya pada tabel imunisasi dasar, tidak diberikan keterangan agar diberikan imuniasasi lanjutan ;(. 


Faiz Menyukseskan BIAS


Dua hari sebelum pelaksanaan BIAS di Sekolahan, wali kelas memberikan informasi kepada para wali murid melalui whatsapp group kelas. Alhamdulillah, Faiz mendapatkan sekolah dan wali murid yang pro aktif memberikan informasi-informasi penting dari perkembangan anak-anak di sekolah.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, ummi memberitahukan kepada Faiz agenda BIAS yang akan dilaksanakan hari Jumat tanggal 12 Agustus 2016. Dari awal ummi sudah percaya kepada Faiz, tidak akan menangis ketika disuntik. Dari kecil, Faiz lebih mudah bekerja sama dengan pihak medis dibandingkan Fira.


Sebelum berangkat sekolah, Faiz seperti biasa, mendapatkan sarapan dan minum vitamin, karena badannya tinggi tapi terlihat kurus ;( meskipun sebetulnya badan Faiz itu berat sekali. Ummi juga bilang ke Faiz, kalau ada temannya yang menangis saat akan disuntik, tolong diajak dan dirayu supaya tidak menangis ya.

BIAS dilaksanakan pukul 8 pagi dengan dimulai dari kelas 1paling depan. Di sekolah Faiz ada 4 kelas untuk kelas 1-nya. Jadi ummi berhitung nich, jam 8 kelas A, giliran kelas Faiz pasti setelah jam istirahat. Jadi ummi sibuk di rumah dan berangkat ke sekolah pada saat jam istirahat untuk sekalian menjemput Faiz. Wali kelas sudah menginformasikan sebelumnya, setelah BIAS anak-anak kelas 1 langsung pulang ;)

Di perjalanan menuju ke sekolahan, ummi melewati gang kecil. Bertemu dengan anak yang menggunakan seragam yang sama dengan Faiz. Dalam hati, ach paling dia anak kelas 1 A, Faiz masih belajar di kelas.

Sampai di gerbang sekolah, bertemu dengan wali murid dari teman satu kelas Faiz. Lho? kok sudah pulang? loh kok sudah sepi? loh kok kelas Faiz sudah gelap? lampunya sudha dimatikan? dan dari teras kelas Faiz, menonggollah kepala Faiz dan ibu wali kelasnya. Alhamdulillah, ternyata sudah selesai dari tadi.

Faiz dan satu temannya akan diajak bu guru ke ruang guru, menunggu di sana saja, biar tidak bosan. Maafin ummi ya, Nak. Ummi tidak melihat smartphone, ternyata ibu guru memberitahu untuk menjemput Faiz ;( Untungnya Faiz juga enggak ngambek, karena ada satu orang temannya yang belum dijemput juga. Terima kasih bu guru, anak-anak nyaman bersama ibu guru, biasanya kalau teman-temannya sudah pulang, anak-anak kadang ada yang ngambek dan menangis ;)

Ada satu jadwal BIAS lagi di bulan November untuk anak kelas 1. Alhamdulillah ya, Nak. Sekolah memberikan penyuluhan terlebih dahulu kepada wali murid, jadi, lebih ada persiapan untuk anak-anaknya. Adanya komunikasi antar sekolah dan wali murid, pihak wali murid jadi tenang dan nyaman saat anak-anaknya diberikan BIAS.

Comments

  1. si sekolah belum ada pengumannya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan Agustus dan November Mbak, untuk kelas 1. Tunggu aja ya, hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…