Skip to main content

Zhafira Imunisasi Trimovax

Imuniasasi Faiz dan Fira sudah lengkap loh, imunisasi dasar yang terdiri dari Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, HIB dan Campak. Imunisasi ini merupakan hak bagi anak-anak yang diberikan oleh orangtuanya melalui tenaga kesehatan. Mi dan bi memilih memberikannya di rumah sakit terdekat. Jarak dari rumah ke rumah sakit tersebut sekitar lima menit menggunakan sepeda motor.

Bulan ini Zhafira mendapatkan imunisasi MMR bernama Trimovax. Imunisasi MMR (Mumps, Measles, Rubella) merupakan imunisasi tambahan. Namun karena suatu hal, Fira diberikan vaksin tersebut di rumah sakit dekat rumah.

imunisasi MMR


Ceritanya, pada tanggal 21 Juni 2015 Zhafira harus mendapatkan imunisasi campak terserang demam. Menurut dokter dan bidan, sebaiknya ditunda saja karena tubuhnya sedang melawan panas. Beberapa kali, Zhafira sering sekali mengalami demam, sembuh, demam, sembuh. Mi melihat Fira sedang tumbuh gigi dan sedang mengalami fase perkembangan.

Tanggal 6 September 2015, setelah tubuh Zhafira sudah sehat mi mengajak Fira ke rumah sakit. Bidannya langsung mengatakan tidak bisa lagi imunisasi campak, karena usianya sudah satu tahun lebih. Jadi bagaimana dong? waktu itu sedang demam? bisa tapi MMR.

Menurut bidan, vaksin MMR sekarang sedang susah, mahal dan langka. Mi diberikan kisaran harga sekitar tiga ratus ribuan. Lumahyan, tapi daripada tidak mendapatkan vaksin campak? jadi bidan mengagendakan kembali tanggal 22 November 2015.

Tanggal 22 November 2015 mi datang lagi dong, tapi sewaktu melihat petugas administrasinya, mi baru ingat, harus telepon terlebih dahulu untuk vaksin MMRnya. Tepuk dahi orang lain dulu dech, ampyun. Benar saja, stock vaksin MMRnya tidak ada, mi diminta kembali lagi tanggal 6 Desember 2015. Perjalanan yang panjang untuk mendapatkan vaksin MMR untuk Zhafira.

Alhamdulillah kondisi badan Zhafira sedang oke. Jadi tangal 6 Desember 2015. Saat jalan di depan rumah sedang dicor, Zhafira saya ajak ke rumah sakit. Setelah mendaftar di administrasi, Zhafira ditimbang. Berat badannya sebelas kilo dan menimbangnya di timbangan dewasa. Duh, kok mi lupa ya, kemarin sekalian diukur tinggi badannya *nah loooh.

imunisasi MMR


Seperti biasa, mi mempersilahkan abi untuk memegang Zhafira. Mi masih belum berani mendengar Fira menangis. Posisi Zhafira dipangku oleh abinya, karena disuntiknya di bagian paha kanan. Mi sempat mengambil gambar bungkus vaksinnya. Setelah itu baterai habis *kueseeel.

Saat disuntik, mi menahan nafas, takut menangis karena Zhafira kan sudah besar dan sudah bisa protes ketika kesakitan. Ternyata, saat jarum suntik dilepaskan dan dipasang kapas penahan darah di pahanya. Zhafira hanya melengos tidak menangis. Masya Allah, pinter sekali kamu, Nak. Padahal mi sudah menyiapkan susu dan dada untuk mengelus kamu setelah disuntik. Jempooool untuk Zhafira ummi. [2015:12]

Comments

  1. Waaa keyeenn bisa nda nangis gitu ya pas dienjus..,biasanya bis imuniaasasi badan panas ga mb?

    ReplyDelete
  2. semakin lengkap ya imunisasi jaman sekarang beda jaman aku dulu

    ReplyDelete
  3. Wiiih pinternya. Kalo anakku, belum disuntik aja nangisnya udah duluan. :D

    ReplyDelete
  4. jaraang ya mba ada anak kecil yang tahan diinjeksi..hahaha tantekalah nih...udah tuwir masih suka alay n mewek kalau ketemu suntikan pak dokter ...:D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

Serunya Faiz Ngedate Bareng Legendaddy at Happy Beach

Happy Date with Legendaddy at Happy Beach, sebuah acara yang digelar oleh LACTOGEN 3 ActivGro dengan tema happy beach-taman bermain bertemakan pantai terluas di pusat perbelanjaan yang tercatat dalam Rekor MURI. Acara yang diselenggarakan di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat, pada tanggal 6-7 Juni 2015. Acara ini dimeriahkan dengan rangkaian aktivitas bermain dan belajar bagi pasangan ayah dan anak seperti happy sand, happy creation, happy stacking, happy zoo, happy story dan masih banyak lagi. Puncak acara berlangsung pada hari Minggu, 7 Juni 2015 dengan menghadirkan Rini Hildayani, M.Si dan Choky Sitohang sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan "Peran Ayah dalam Mengotimalkan Keceriaan Anak"
Serunya Persiapan Sebelum Keberangkatan
Mi memilih hari Minggu, tanggal 7 Juni 2015 untuk hadir pada Happy Date with Legendaddy at Happy beach. Seru sekali persiapannya, karena mi harus menyiapkan baju untuk ganti untuk Faiz dan Abi, menyiapkan makanan untuk baby Fira. Mi tida…