Skip to main content

Imunisasi DPT Fira Part 1

Membayangkan setelah bayi Fira akan mengalami demam setelah diberikan imunisasi DPT, rasa nyeriku mulai muncul, iya itu yang disampaikan bidan ketika Fira mendapatkan imunisasi BCG. Oleh karena itu, ketika bidan memberikan beberapa pilihan vaksin DPT, saya dan suami memutuskan untuk menggunakan vaksin Pentabio yang harganya menurut kami mahal, meskipun lebih murah dibandingkan opsi yang pertama dengan harga lima kalinya.

Imunisasi DPT merupakan salah satu imunisasi dasar di Indoensia untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit difteri, tetanus, pertusis. Imunisasi DPT diberikan sebanyak tiga kali, boleh diberikan pada usia lebih dari 6 minggu dan diulang lagi pada usia 18 bulan dan 5 tahun. 

Hari Minggu kemarin, jadwalnya Zhafira untuk mendapatkan imunisasi DPT, di mana menurut cerita turun temurun bakalan panas setelah diberikan vaksin tersebut. Sayapun sudah harus memasang badan, meskipun sedang flu dan batuk tapi harus sehat jika bayi Fira bakalan rewel. 

Sampai di Rumah Sakit Muhammadiyah, antrian sudah panjang dan ternyata ini hari imunisasi di rumah sakit tersebut. Zhafira sebelumnya ditimbang, yup 6.1 kg pada usia 3 bulan 17 hari dan terlihat sudah meninggi badannya. Zhafira mengantri bersama bayi-bayi lainnya dan ketika disuntik, seperti biasa, saya terlebih dahulu ke luar ruangan imunisasi. Saya takut jarum suntik ****

Jadilah Pentabio, yang saya baru tahu pabriknya Bio Farma dan terdapat 5 jenis vaksin yaitu DPT, HB dan Hib, dan ini yang membuat bingung. Hibnya atau HBnya akan kelebihan jumlahnya, duuuh tapi menurut bidannya enggak masalah, yo wes...manutlah daripada menggunakan vaksin yang single tapi harganya mahalnya.

Informasi pentabio, bisa dilihat di webnya Bio Farma, numpang oot...pabriknya Bio Farma ada di Bandung, hasyaaah...intinya pasti terlihat jika sedang ke Bandung karena dekat dengan tol.

Sebelum berangkat Imunisasi

Kembali ke after imunisasi, Zhafira tidur pulas dan bangun sebentar kemudian minum susu lagi, tidur lagi nyenyak juga sampai saya bisa tidur cantik juga di hari Minggu. Sore harinya, saya cek untuk melihat apakah ada demam, ternyata tidak lalu saya mandikan. 

Alhamdulillah, Fira tidak begitu rewel setelah imunisasi jadi saya bisa fokus ke sulung yang akan menghadapi UAS TK (whaaat) hehee, etapi lalu Fira menangis dalam tidurnya beberapa kali, hingga akhirnya terbangun dan menangis kencang. Haduh, what happen inih? saya gendong dan peluk, pun masih menangis dan untungnya abi sudah pulang. Jadi drama seperti di sinetron gak terjadi *lebaay

Setelah imunisasi, mau bobo siang
Saya baringkan bayi Fira untuk tidur bersama di ranjang, saya ajak mengobrol dan Fira menyahuti dengan bahasa bayi yang membuat senyum dan aliran rasa senang di hati. Yup, baby Fira sedang ngobrolin bahwa pahanya sakit dan ngelu sekali, hehee kuat ya sayang. Entah, tidurnya bagaimana karena saya tinggal di depan komputer, Fira sudah terlelap dan bangun di pagi hari tanpa rewel. Inza Allah hasil imunisasinya bagus ya, Nak.

Love You


Comments

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…