Skip to main content

Mewarnai Bersama Morinaga Chil-Go di Rumah Faiz

Anak-anak selalu mempunyai cara sendiri dalam menikmati setiap aktifitasnya. Dari dunia anak-anaklah, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat acara mewarnai bersama Morinaga Chil-Go di rumah Faiz. Tentunya hal ini atas persetujuan Faiz, karena yang akan diundangkan teman-teman Faiz. Saya hanya menyarankan untuk mengundang teman-teman yang berusia di bawah kelas tiga SD saja. Setelah beberapa hari yang lalu, saya mengajak Faiz dan teman-temannya untuk bertanding bola, seru-seruan menggerakkan seluruh anggota badannya dan kemudian menikmati kesegaran susu pertumbuhan Moringa Chil-Go.

Undangan Mewarnai




Hari Sabtu tanggal 27 Februari 2016 pukul tujuh malam acara dilaksanakan. Teman-teman Faiz yang diundang, satu persatu datang ke rumah Faiz. Tempat di mana acara mewarnai bersama Morinaga Chil-go akan berlangsung. Ada yang datang sendirian, ada yang datang bersama teman-temannya. Tidak ada lho, yang datang diantar oleh orangtuanya. Semuanya sudah mandiri dan antusias ketika saya membagikan undangan mewarnai bersama di rumah Faiz.


Sebelumnya saya memilih gambar dari lembar kerja Morinaga MI Play Plan. Ada banyak sekali kegiatan yang dapat dikerjakan oleh anak-anak. Karena sesuatu hal, makan saya hanya memilihkan beberapa gambar untuk diprint berwarna pada selembar kertas. Saya menyiapkan 20 lembar untuk 15 anak yang diundang. Sisanya, untuk berjaga-jaga, siapa tahu ada teman Faiz yang luput dari undangan dan datang ke rumah Faiz, karena melihat ada acara seru dan ramai di sini.



Tidak hanya lembaran kertas bergambar yang telah disediakan. Ada tiga buah crayon untuk aktifitas mewarnai tersebut. Ada tempat yang sebetulnya kurang mendukung, karena hanya karpet yang digelar di ruangan depan. Hanya ada satu meja rendah, tentunya tidak dapat digunakan bersama-sama. Ketika saya menanyakan kepada teman-teman Faiz, apakah mereka keberatan mewarnai di lantai? mereka menjawab tidak.

Tujuan saya mengajak mewarnai bersama adalah agar mereka tidak hanya beraktifitas di luar rumah saja. Ada banyak kegiatan yang menarik untuk dikerjakan meskipun di dalam rumah. Kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman-teman yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak mereka. Mewarnai menurut saya juga melatih daya konsentrasi, fokus dan melatih fungsi kognitif mereka.

Asyiknya Mewarnai Bersama-sama dengan Teman-teman


Saya merangkum beberapa manfaat mewarnai dari berbagai sumber, berikut manfaat mewarnai untuk anak-anak :

  1. Sebagai Media untuk Berekspresi. Anak-anak akan mewarnai dengan warna yang dia sukai. Apa warna kesukaannya akan terlihat dari warna yang sering dia pergunakan. Ketika sedang senang, warna yang disenangi akan muncul dengan dominan atau jika emosinya sudah tertata baik, warna-warna yang dipergunakan adalah warna yang umum.
  2. Mengenal Perbedaan Warna. Bagi anak-anak yang berusia dua tahun ke bawah, mewarnai dapat menjadi tempat mereka mengenal warna. Mereka dapat mengenal perbedaan warna dasar, warna terang dan warna gelap.
  3. Melatih Anak Menggenggam Pensil. Jika berlatih menulis masih enggan dilakukan oleh anak-anak. Tidak dengan cara mengajarkan mereka mewarnai. Warna warni pensil warna, akan mempengaruhi daya tarik mereka untuk mau menggenggam pensil tersebut. 
  4. Melatih Kemampuan Koordinasi. Dengan mewarnai koordinasi mata dan tangan sangat diperlukan. Anak-anak akan belajar bagaimana melatih koordinasi anggota badan mereka, dari mulai menggenggam pensil menggunakan tangan. Bagaimana mereka memilih warna agar mendapatkan hasil yang bagus.
  5. Mengembangkan Kemampuan Motorik. Aktifitas mewarnai merupakan aktifitas yang dapat menggerakan otot tangan anak-anak. Aktifitas ini menunjang aktifitas-aktifitas anak lainnya kelak, ketika mereka sudah besar. Jika otot tangan mereka sudah terampil, berkatifitas yang menggunakan otot tangan juga dapat mudah mereka kerjakan.

Faiz itu anaknya susah sekali untuk duduk tenang. Jangankan untuk mewarnai, untuk duduk diam sebentar menonton televisi juga susah. Tapi tidak loh, dengan hari kemarin. Faiz mewarnai dengan tenang. Sebelumnya, saya khawatir, Faiz akan membuat keributan tidak mau mewarnai. Ternyata, Faiz dapat bekerja sama. Mewarnai dengan baik dan benar, warnanya tidak keluar dari garis. Warna yang digunakan juga warna pada umumnya. Alhamdulillah, Faiz sebenarnya dapat mengenali garis bidang pada lembar kertas mewarnai. Entah apa sebabnya, ketika sedang mewarnai sendiri, ada warna yang melewati garis tersebut.


Bagaimana dengan teman-teman Faiz? mereka semua fokus dan konsentrasi mengerjakan bidang warna yang harus mereka kerjakan hingga selesai. Mereka berupaya agar pekerjaan mereka ini mendapatkan hasil yang bagus. Mereka berusaha mewarnai sesuai dengan warna yang umum ada pada gamabr tersebut. Contohnya ketika akan mewarnai rambut, ada teman kecilnya yang mewarnai rambut, muka, tangan menggunakan warna merah. Ada anak yang tertawa, ada anak yang berusaha untuk menghentikan tawa temannya.



Apa kata anak tersebut? biarkan adik kecil itu mewarnai sesuka dia, dia masih kecil dan nanti pasti hasil warnanya akan bagus ketika sudah besar. Saya kaget mendengar kedewasaan anak kelas 1 SD tersebut. Dia tidak ikut tertawa, hanya tersenyum dan kembali mewarnai dan mengatakan hal tadi. Memang anak-anak tidak boleh dipenjara pikiran dan keinginannya. Orangtualah yang harus mendampingi dan mengarahkan aktifitas anak-anaknya.

Sepanjang aktifitas mewarnai, teman-teman Faiz sangat bersemangat, bahagia dan membuat rumah Faiz menjadi ramai. Riuhnya tawa dan senandung mereka akan menjadi bagian kenangan untuk Faiz. Teman-temannya sangat senang diundang untuk mewarnai bersama di rumah Faiz. Teman-teman Faiz ini sudah saling mengenal dan sering bermain bersama, jadi tidak ada kikuk dan kaku atau saling diam-diaman.

Menikmati Morinaga Chil-Go, Nikmat dan Segar


Setelah aktifitas mewarnai berlangsung tiga puluh menit, ada yang sudah selesai terlebih dahulu. Menyusul Faiz dan teman-teman mengacungkan telunjuknya ke atas dan berkata "Saya sudah selesai". Hal itu tidak membuat teman-teman Faiz lainnya kecil semangat. Mereka semuanya mewarnai dengan baik, menginginkan hasil yang baik. Ketika saya tawarkan apakah ingin mewarnai lagi? mereka mau lagi, lho mewarnai. 

Saya kemudian memperhatikan satu persatu teman-teman Faiz yang sedang asyik dan konsentrasi mewarnai. Ada yang masuk ke bawah kursi, ada yang dapat mewarnai hanya di atas meja, ada yang berbaring, ada yang duduk, ada yang asyik mengambil pensil warna temannya, ada yang memperhatikan hasil warna teman-temannya, ada yang berkali-kali berjalan, mengambil pensil warna temannya dan memainkannya. Anak kecil saya, adik Faizlah yang paling aktif berjalan-jalan. Usianya baru satu tahun, dia senang sekali memperhatikan teman-temannya mewarnai.

Setelah satu jam mewarnai, semuanya sudah selesai mewarnai. Tibalah acara yang ditunggu-tunggu teman-teman Faiz. Menikmati susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go. Susu cair di mana proses penyajiannya sangat simple, higienis dan dapat dilakukan oleh anak-anak yang belum mandiri. Morinaga mendukung anak-anak menjadi generasi platinum yang multi talenta. Selain mereka belajar di sekolah, mereka memiliki kelebihan dalam hal sepak bola juga dapat mewarnai dengan baik.




Pada periode emas perkembangan otak anak-anak, terutama fungsi kognitifnya yang masih berlangsung hingga usianya 12 tahun, masih dibutuhkan beberapa nutrisi. Seperti Kolin dan Inositol yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir , berbicara dan gerakan sadar. Dalam aktifitas mewarnai seperti ini, diperlukan gerakan sadar di mana anak-anak harus fokus dan konsentrasi, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada Morinaga Chil-Go juga terdapat vitamin B komplek, Zat Besi dan Yodium yang merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem syaraf dan konsentrasi anak. Tentunya tepat sekali memberikan susu cair pertumbuhan dari Kalbe dan Morinaga ini. Selain bermain anak-anak memerlukan asupan nutrisi yang cukup, namun kadang anak-anak sering merasa cepat mengantuk setelah bermain dan berkatifitas. Morinaga Chil-Go melengkapi dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh, diantaranya Prebiotik inulin 1000mg, Zinc, Kalsium dan vitamin A,C dan E.




Tepat sekali jika anak-anak dilengkapi dengan susu cair pertumbuhan yang orangtua pilihkan. Anak-anak sedang berjuang keras dalam pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Setiap pagi bangun pagi, bersekolah, menyerap pelajaran dari guru-guru mereka, di rumah mereka membutuhkan sentukan orangtua ketika menyantap makanan. Di sela-sela harinya keinginan main bersama teman-temannya juga tinggi, aktifitas bermain inilah yang biasanya membuat tenaga dan pikiran mereka membutuhkan nutrisi yang tinggi.

Oleh karena itu sangat tepat, saya mendukung aktifitas Faiz dan teman-temannya. Setelah mereka lelah berkatiftas di luar rumah, ada yang bermain bola, ada yang bersepeda ada yang hanya lari-larian. Diajak dan bersama-sama di rumah Faiz beraktifitas ringan seperti mewarnai. Selain melatih otot tangan mereka, melatih daya konsentrasi dan mengistirahatkan otot kaki yang biasanya dipergunakan mereka berlari-larian.

Setelah itu, menikmati susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go menjadi pilihannya. Lelah setelah terus-terusan memegang pensil warna atau crayon, tiba saatnya mereka menikmati susu cair pertumbuhan yang sangat praktis untuk disajikan. Tinggal tusuk bagian atasnya menggunakan sedotan, tangannya menggenggam botol Morinaga Chil-Go yang ergonomis, sangat higienis karena tidak harus bersentuhan dengan susunya. 

Faiz dan teman-temannya gembira, senang sekali dibagi Morinaga Chil-Go setelah beraktifitas mewarnai. Mereka saling bertanya, suka susu rasa apa? mereka semua saling membantu ketika ada teman kecilnya tidak dapat menusuk sedotannya, mereka saling bantu ketika tidak mampu membawa susu yang didapatnya dan alat-alat mewarnainya tadi. Sungguh, melihat pemandangan ini, membuat saya terharu, ingin sekali menangis. Bahwa kebahagian anak-anak mampu membuat orangtua sangat luar biasa bersemangat memperjuangkan hari-hari mereka.




Bagaimana? aktifitas menyenangkan apa yang dilakukan bersama kamu dan teman-teman? sudah pasti aktifitasnya seru dan edukatif ya? jangan lupa selalu sayangi teman-teman kamu ya. Tanpa teman-teman yang saling mendukung, tanpa teman-teman yang mengajak kalian bermain, rasanya hari-hari menjadi sepi. Bayangkan jika kalian hanya bermain smartphone saja di dalam kamar. Atau hanya berteman televisi yang menyajikan tayangan yang belum tentu bagus untuk kalian? Tentunya bersama dengan teman-teman dan melakukan aktifitas yang menyenangkan itu adalah hal yang paling membahagiakan.[2016:03]

Comments

  1. Faiz pasti senang banget dikunjungi banyak teman ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, makasih banyak kunjungannya...Faiz senang sekali

      Delete
  2. Anak-anak pasti senang sekali dengan acara yang disiapkan. yang menang lomba mewarnai siapa, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak memilih yang menang Mbak, karena ini semua aktifitas santai untuk anak-anak

      Delete
  3. Mewarnai memang banyak sekali manfaatnya. Sampai mau lulus kuliah dan entah sampai kapan juga aku masih akan suka mewarnai hehehe bikin tenang, adem pikiran kalo lagi mumet juga. Salam ya, Mbak, buat Faiznya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin-kemarin saya ditantang membuat gambar dan mewarnai sama Faiz. So far kegiatan tersebut menyenangkan sekali loh. Hehee, berarti bener ya, mewarnai bikin tenang, adem pikiran juga. Makasih ya tante

      Delete
  4. Salut saya sama Ka Asti,dalam memberikan kebebasan berkreasi untuk anak..hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, mumpung masih anak-anak, kubiarkan mereka beraktifitas apapun, selagi aktifitasnya masih dalam koridor kebaikan dan bermanfaat

      Delete
  5. Alvin gak di undang ke rumah Faiz nih :)

    ReplyDelete
  6. wah kalau deketan si kecil saya pasti pengen ikutan lomba mewarnai. asik ya seru acaranya

    ReplyDelete
  7. Seru ya kegiatan mewarnainya. Apalagi mewarnai sambil minum susu. Iya mbak, mewarnai itu bisa memicu kreatifitas jd dibebasin aja suka2 anak pilih warna apa :D

    ReplyDelete
  8. Nga cuma anak anak yg suka mewarnai. Belakangan juga ngehit buku mewarnai untuk orang dewasa

    ReplyDelete
  9. yaaa Faiz gak ngundang Derry nih

    ReplyDelete
  10. aku penasaran sama susu ini, pengen nyobain ke Aisyah

    ReplyDelete
  11. smoga anak Indonesia semakin sehat dan terus kreatif

    ReplyDelete
  12. Rayyaan kalau mewarnai masih sesuka hatinya hehehe
    Asyik ya mewarnai bareng teman-teman, jadi lebih semangat apalagi sambil minum susu

    ReplyDelete
  13. maju terus anak indonesia, minum susu itu sehat

    ReplyDelete
  14. wah jangankan anak-anak...
    orang yang sudah dewasa juga mungkin senang klo ikut acara begitu, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…