Monday 7 March 2016

Bermain Ring Donat dan Manfaatnya untuk Menstimulasi Kemampuan Balita

[Mainan Anak] untuk Fira kali ini adalah Ring Donat. Sebelumnya Fira sudah pernah dibelikan ring donat yang atasnya ditutup dengan Hello Kitty. Namun sayang, usianya waktu itu masih hitungan bulan, jadi yang mainan kakaknya. Dicari-cari ketemu ringnya beberapa dan Hello Kittynya saja, tongkat penyangganya tidak ketemu.



Ring Donat ini umi pilihkan untuk Fira, dengan alasan, Fira tidak menyukai beberapa mainan anak yang umi tunjukan. Ada laptop mainan, Fira enggan menyentuhnya. Mainan masak-masakan, diacuhkan oleh Fira. Jadi, pilihannya adalah Ring Donat untuk melatih kemampuan dan menstimulasi kecerdasannya.

Mainan anak yang disebut Ring Donat ini, adalah seperti ini nich. Jika donatnya dikeluarkan, akan terlihat sebuah tongkat yang berbentuk kerucut tapi ramping. Tongkat ini berguna untuk memasukan ring-ring donat yang berwarna-warni. Donat-donat tersebut, ukurannya berbeda, dari yang besar, lebih kecil dan kecil. Di atasnya, sebagai penutup biasanya terdapat bentuk karakter yang disukai oleh anak.



Sampai di rumah, umi mengajak Fira untuk bermain bersama Ring Donat yang sedari tadi dipeluknya. Umi membiarkan Fira untuk mengeluarkan Ring Donat tersebut dari kantungnya, sendiri. Setelah itu, umi mengajak Fira bermain. Pertama-tama, Ring Donat tersebut dikeluarkan dari tongkatnya. 

Lalu, tongkatnya umi dekatkan ke Fira yang tengah duduk. Ring Donatnya umi ambil semua. Umi menyerahkan Ring Donat paling besar, berwarna merah sembari menyebutkan warna merah, ayo masuk. Kemudian tangan Fira mengambil Ring tersebut, kemudian memasukan Ring tersebut pada tongkat dan mulutnya bergerak-gerak seperti mengeluarkan suara yang hampir mirip dengan kata merah.



Fira memasukan Ring Donat yang umi serahkan, otaknya bekerja memasukan kata-kata baru. Setelah itu, Fira akan berteriak "bebek" untuk diletakkan di atas Ring Donat terakhir. Untuk kata bebek, Fira sudah dapat mengucapkannya bersama kata "nenek", "mbaak" dan lainnya.  Umi dan Fira mengulang beberapa kali permainan Ring Donat tersebut. Beberapa hari kemudian, ketika Fira menemukan Ring Donat dan ingin memainkan bersama umi, Fira akan menarik tangan umi dan mengajak duduk di bawah.

Alhamdulillah mainan anak Ring Donat ini, berguna dan bermanfaat sekali untuk melatih kemampuan dan menstimulasi kecerdasan Fira. Memang mainan ini umi beli, karena membuatnya tidak mungkin, kecuali ada kayu ada peralatannya. Meskipun membeli, umi memilih bahan yang kualitasnya paling bagus, di toko mainan di dekat rumah.



Berikut beberapa kecerdasan yang akan terstimulasi dengan bermain menggunakan Ring Donat :
  1. Kecerdasan Kinestetik : melatih kemampuan motorik tangan dan mata anak
  2. Kecerdasan Visual-Spasial : melatih kemampuan mengenal dan membedakan warna, ukuran besar dan kecil
  3. Kecerdasan Interpersonal dan Bahasa : bersama-sama bermain bersama ibu dan anak
  4. Kecerdasan Logis dan matematis : anak akan mengerti bahwa untuk menyusun ring donat tersebut, harus ada aturannya, ada urutannya.
Bagaimana? apakah teman-teman Fira tertarik juga untuk memainkannya bersama Fira? ayo datang ke rumah Fira yuk. Sebagai seorang ibu, memilihkan mainan untuk anak-anak juga harus benar-benar jeli dan dipikirkan sebelumnya. Untuk anak seusia Fira, masih bisa dibelikan, kalau untuk usia kakak Faiz? sudah bisa membeli sendiri di abang-abang yang mangkal di kompleks? duh khawatir sekali, lo, bu. [2016:03]

18 comments:

  1. Iya nih Mak, ring donat ini walaupun sederhana keliatannya tapi bisa bikin anak anteng ya.. Ngasah konsentrasi mereka jg kan pas masukin ring ke tempatnya.

    ReplyDelete
  2. Anak-anakku jg gak terlalu suka mainin mainan beneran, sukanya mainan panci dan alat lain di rmh. Ah, pengen beliin ring donat ini blm sempet mulu. Kpn hari waktu vaksin pd suka mainin ini di praktek dokter hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah kalau panci dan perabotan sudah berkali-kali sampai pecah, hihi

      Delete
  3. iyup,meskipun sederhana mainan bgini manfaatnya bnyak, ken jg punya mbk, sampek skrg masih dimainin, cm ya gt nyusunnya suka2 dia, awalnya aja sesuai ukuran,
    ayo fira main sm ken yuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuuk, Fira senang kalau main sama teman-temannya

      Delete
  4. Donat2an ini mainan yg everlasting kayanya yaa.. Mulai dari saya bayi sampe punya anak 2 masih ada aja hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah, mainan yang sering ada di buku-buku panduan mengasuh anak juga,

      Delete
  5. Wah kayaknya kalau saya beri hadiah mainan donat ini ke sepupu saya pasti senang deh, karena umurnya gak beda jauh dengan fira.

    ReplyDelete
  6. wah punya anak-anak ketinggalan di rumah lama waktu pindahan :(

    ReplyDelete
  7. permainan ring donat memang sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan kecerdasan anak-anak

    ReplyDelete
  8. jenis permainan ini memang bagus utk meningkatkan kecerdasan pada anak

    ReplyDelete
  9. dalam permainan ini jenis kecerdasan kinestik lah yang paling cepat berkembang

    ReplyDelete
  10. Anakku suka banget nih main ginian, hehehe

    Salam,
    Roza.

    ReplyDelete
  11. melatih fokus, anak jadi konsentrasi, dan ada rasa ingin yang tumbuh

    salam
    riby

    ReplyDelete
  12. Nanti insya Allah anakku tak kasih mainan ini, biar mainnya bareng aku. Thanks for sharing.

    Salam,
    Rava.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^