Tuesday 9 March 2021

Supaya Rambut Panjang Anak Tidak Kusut

Hallo Mam, rambut adalah pelindung kepala yang sering disebut sebagai mahkota. Anak-anak memiliki jenis rambut dan tipe yang berbeda-beda. Ada anak dengan rambut lurus dan bergelombang. Ada anak yang memiliki rambut berwarna hitam dan berwarna lain. Ada juga anak yang memilih rambutnya pendek atau memanjangkan rambutnya.

Supaya Rambut Panjang Anak Tidak Kusut

Mam, anak yang memiliki rambut panjang tetapi tidak  kusut adalah dambaan semua orang tua ya. Bagaimanapun jika anak masih berusia balita dan lebih suka memanjangkan rambut, PR terbesar ya ada di tangan orang tua, supaya rambut anaknya tidak kusut. Anak saya, Fira berusia 6 tahun, Mam. Anak ini memilih untuk memanjangkan rambutnya.

Jenis Rambut Fira

Fira memiliki jenis rambut yang normal, tidak kering dan juga tidak lembab. Saya jarang melihat rambut Fira lepek dan kering. Rambut Fira hitam dan bervolume. Saat keluar rumah, Fira sudah mengenakan hijabnya - jadi saat ada yang memilihat rambut Fira di rumah, semua berkomentar, bagus sekali rambutnya. Panjang, hitam, lurus dan lebat - Rasanya menjadi bagian dari idaman beberapa perempuan ya, Mam.

Awal rambut anak ini dipanjangkan karena imbas corona era nih, Mam. Saya belum berkenan membawa Fira ke salon. Beberapa kali saya menyarankan untuk memotong rambutnya di rumah - anaknya menolak, Mam. Yah, mau bagaimana lagi, akhirnya "terlanjur" panjang deh rambut anak ini. 

Baca Juga : Model Rambut Anak Menyambut Idul Fitri


Punya Rambut Panjang - Ribet?

Namun ternyata, anak yang memiliki rambut panjang itu sesuatu ya, Mam. Tantangannya banyak sekali. Hal yang paling membuat saya gemas adalah - saat sedang berada di kasur selalu nangis karena tidak sengaja, rambut Fira tertekan dengan tangan abinya, kakaknya atau tangan saya. Abinya dan keluarga dari pihak abinya meminta untuk dipotong. Beda dengan keluarga dari pihakku, mereka mendukung untuk dipanjangkan.

Akhirnya kami memberikan solusi, Mam. Fira boleh memanjangkan rambut tapi ada batasan panjang. Anak ini sering menyaksikan karakter puteri yang memanjangkan rambut. Rapunzel adalah karakter yang sering dilihat oleh Fira dan mengambil moral story dari kebaikan Rapunzel menolong orang dengan rambutnya.

Tantangan Saat Anak Memiliki Rambut Panjang :

  1. Waktu mencuci rambut / keramas menjadi lama dan tentu anak tidak dapat melakukan sendiri
  2. Rambut harus selalu disisir dan juga membutuhkan waktu yang lama
  3. Rambut harus dikuncir, apalagi anak-anak sangat aktif
  4. Meski dikuncir, rambutnya mudah kusut
  5. Sering dikuncir, rambut menjadi bercabang
  6. Saat sedang berada di tempat tidur, rambutnya sering tertekan atau terinjak
  7. Anak-anak mudah sekali terkena ruam kulit / biang keringat pada bagian leher
  8. Mudah dijambak saats edang bermain dengan teman-temannya ( 

Dilema Rambut Panjang - Kusut


Rambut anak yang panjang terlihat indah dan cantik sekali ya, Mam. Rambutnya panjang, lurus, hitam, lebat dan jika dipegang adem dan tidak kusut. Bukan hanya saya yang melihat, anaknya juga senang menyibak-nyibakan rambutnya di depan saya. Apalagi, setelah selesai disisir atau setelah mencuci rambut / keramas.

Namun, Mam. Rambut panjang anak kadang menjadi hal menakutkan dan menyeramkan loh. Saat bangun tidur atau jika tidak dirawat dengan baik, rambut panjang tersebut kusut dan sulit sekali disisir. Saat disisirpun, anaknya teriak kesakitan dan diurai menggunakan tangan, jadi memakan waktu. Duh, gimana ya, Mam solusinya? jika kondisinya sudah seperti ini, ingin sekali memotong rambut panjang anak ini.

Supaya Rambut Panjang Anak Tidak Kusut


Supaya Rambut Panjang Anak Tidak Kusut


Mam, intinya adalah sebagai orang tua yang memilki anak dengan rambut panjang adalah konsisten dan mau merelakan waktu. Rambut panjang anak akan terbebas dari kusut jika dirawat dengan baik. Berikut ini hal-hal yang dapat diterapkan supaya rambut panjang anak tidak kusut :
  1. Rajin disisir. Rambut panjang Fira sudah sampai bagian pinggul. Rajin disisir menjadi solusi untuk rambut panjang anak tidak kusut. Sebelum berangkat tidur disisir lembut terlebih dahulu. Setelah bangun tidur, setelah mandi dan setelah beraktifitas fisik yang menggerakan rambut. 
  2. Rajin mencuci rambut / keramas. Rambut panjang harus rajin keramas ya. Selain membuat rambut tidak kusut, juga akan menjaga rambut dari peternakan kutu. 
  3. Gunakan shampoo yang cocok. Formula shampoo satu brand dengan brand lainnya berbeda-beda, ya, Mam. Anak saya sering termakan iklan dan selalu meminta dibelikan shampoo dengan brand yang menarik. Usahakan untuk membaca dan mencari tahu kandungan di dalamnya ya.
  4. Kuncir saat bermain. Hal pertama yang sering saya terapkan adalah menguncir rambut panjang anak saat bermain. Sayangnya, hal tersebut sering lupa atau saya sudah berhubungan dengan bumbu dapur, anaknya minta dikuncirin.
  5. Gunakan Spray anti kusut. Saya masih mencari tahu spray anti kusut apa yang aman digunakan untuk anak. 

Menggunakan Vitamin Rambut - Anti Kusut


Suatu hari, saya iseng pergi ke minimarket, Mam. Mata saya melihat pada deretan vitamin rambut. Saya mengambil Ellips Hair Vitamin Balinese Esential Oil Nourish and Protect Blister. Alasannya bukan untuk coba-coba, tapi untuk rambut saya sendiri. Setelah sampai di rumah, mencuci rambut Fira dan iseng saja memberikan Ellips tersebut.

Supaya Rambut Panjang Anak Tidak Kusut

Saya mengaplikasikan Ellips pada rambut panjang anakku sedikit-sedikit dan tidak langsung terkena kulit kepalanya. Namun demikian, kulit kepalanya pasti kena ya, karena saya mengusapkan rambut yang sudah terkena ellips, supaya merata. Rambutnya lebat sekali, Mam. Jadi satu Ellips blister cukupin sajalah.

Setelah Ellips diaplikasikan, saya sisir perlahan menggunakan sisir berjenis classic styling brush. Sisir ini sangat disukai oleh anakku, karena tidak sakit. Saat rambut panjangnya disisir, halus sekali dan tidak kusut ( iya yaalah, habis dikasih vitamin supaya mudah diatur ya, Mam)

Oke, beberapa jam setelah Ellips diaplikasikan, lebih tepatnya setelah anaknya beraktifitas dan guling ke kasur. Rambutnya tidak kusut loh, Mam. Masih lembut dan halus meski disisir menggunakan sisir berjenis wide - thooted comb, yang tidak Fira sukai. Padahal fungsi sisir ini adalah untuk menyisir rambut dalam kondisi kering atau setengah basah, yang bertujuan supaya rambut kusut mudah diurai.


Rambut Panjang Tidak Kusut - Bertahan Dua Hari


Kondisi rambut panjang tidak kusut bertahan selama dua hari, Mam jika menggunakan Ellips Hair Vitamin ini. Yah, meski demikian, saya tetap menyisir dan menguncir rambut panjang anakku. Nah, urusan mencuci rambut, kadang suka khilaf nih, saya tidak memiliki jadwal pasti, tapi bisa seminggu 2-3 kali mencuci rambutnya.

Supaya Rambut Panjang Anak Tidak Kusut

Mam. itulah pengalaman supaya rambut panjang anak tidak kusut. Sudah berapa kali mencoba menggunakan minyak rambut bayi, tetapi hasilnya tidak signifikan. Mengganti shampoo anak-anak berkali-kali juga belum menemukan shampoo yang tepat. Saat ini, Fira masih menggunakan shampoo khusus anak-anak, karena untuk shampoo khusus orang dewasa busanya masih membuat perih mata. 

Kesimpulan


Memiliki anak dengan rambut panjang tidak kusut adalah dambaan semua orang tua. Rambut tidak kusut membuat indah tampilan dan membuat mudah ditata dan tidak membiat kesakitan ketika disisir. Ada beberapa cara supaya rambut panjangnya tidak kusut, salah satunya saya memberikan vitamin rambut. Saat ini saya memberikan Ellips Hair Vitamin sebulan sekali, Mam. Alhamdulillah setelah menggunakan Hair Vitamin ini, rambut kusutnya bye bye, Mam.



8 comments:

  1. Ellips itu vitamin rambut kesukaanku banget mbaaa :D. Aku suka semua varian sih. Makenya ganti2, termasuk yg di atas. Wanginya itu yg aku suka, Krn semuanya enak. Dan tahan lama di rambut. Trus memang bener looh ga bikin kusut rambut, dan ga lepek juga waktu dipake. Sukaaaa banget. Makanya blm mau ganti2 ke merk lain. Ellips aja

    ReplyDelete
  2. waah..sepinggul ya? panjang juga rambut Fira ya. Waktu kecil idaman saya punya rambut panjang tapi karena keriting jadi lebih susah deh. sayang dulu blm ada Ellips hehe..

    ReplyDelete
  3. Panjang dan bagus sekali rambut anaknya mba. Dan emang deh kalau rambutnya tertata seperti ini bisa buat anak ya happy rambutnya mudah ditata

    ReplyDelete
  4. Waa elips! Jangankan anak, aku aja sering banget pakai vitamin ini. Rambut jadi mudah diatur dan nggak kusut! Anaknya pasti seneng deh mba karena rambutnya makin cantik dan sehat :)

    ReplyDelete
  5. nah bener mba, anakku juga senengnya rambutnya di urai padahal sejak pandemi belum potong rambut lagi, jadi suka kusut dan bau asem hahaa solusinya ya dipakein hair serum atau vitamin yg wangi biar licin dan ga kusut lagi

    ReplyDelete
  6. Bener banget, Mom. Kalo ngelihat anak memiliki rambut panjang yang rapi dan terawat seneng aja. Tapi kalo yang rambutnya kusut suka kasihan, mereka pasti ga nyaman saat melakukan aktivitas.
    Oiya, anakku yg laki saat pandemi rambutnya jg agak gondrong dan bergelombang, Ellips ini termasuk yg digunakan untuk mengantisipasi agar tidak terlalu kusut.

    ReplyDelete
  7. lhoo buat anak ini ya mbak? waah bisa nih dicoba ke anakku yang rambutnya sedikit ikal karena sering kusut hihii

    ReplyDelete
  8. Memang senang sekali ya, Mbak kalau bisa dandanin anak perempuan. Rambutnya bisa dipakein macem-macem. Dulu waktu anak perempuan saya masih kecil, saya juga suka kasih Ellips Hair Vitamin tapi saya pakai yang warnanya hitam, Mbak

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^