Thursday 2 March 2017

Ide Bermain Membuat Wayang Chila dan Chilo

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira? Baik semuanya yaaa.

Hari ini, ummi akan menuliskan ide bermain membuat wayang Chila dan Chilo. Teman-teman semua tahu, siapa Chila dan Chilo? ayo tunjuk tangan kalian tinggi-tinggi. Betul sekali. Chila dan Chilo ini adalah teman dari Morinaga. Faiz dan Fira kebetulan pernah loh, minum susu Chil*go dan Chil Kid dari Morinaga.

Ummi dan Fira juga sedang mengikuti program #30HariMain bersama Morinaga. Ada banyak sekali ide bermain di dalam website Morinaga Play Plan. Jadi, ummi tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Kesempatan untuk bermain bersama Fira yang masih berusia 2 tahun 7 bulan ini.




Membuat wayang Chila dan Chilo untuk bermain bersama Fira juga ada alasannya loh. Dengan membuat wayang dari karakter Chila dan Chilo, ummi bisa lebih membuat Fira tenang sewaktu di tempat tidur. Iya, ummi sengaja menyiapkan wayang tersebut, untuk bercerita di bed time.

Biasanya, Fira dan Kakak Faiz selalu memegang smatphone nya sebelum tidur. Sekarang ummi pelan-pelan ingin merubah hal tersebut. Nah, salah satunya dengan membuat wayang Chila dan Chilo sebagai media untuk berdongeng bersama sebelum tidur.


Bahan-Bahan untuk Membuat Wayang Chila dan Chilo


Untuk bahan-bahan dan peralatannya, ummi yang menyiapkan sendiri. Fira kan masih kecil, jadi setelah semua bahan dan peralatan siap, baru dech Fira mendekat. Nanti, kalau teman-teman ingin membuat wayang seperti punya Fira, minta batuan orang tua ya.



  1. Gambar Chila dan Chilo. Teman-teman bisa meminta orang tua untuk mencetak dari internet atau menggambarnya sendiri. Kebetulan, ummi mencetak dari internet.
  2. Pensil warna untuk mewarnai Chila dan Chilo. 
  3. Gunting 
  4. Sumpit
  5. Selotip atau isolasi
Cara membuatnya juga mudah sekali loh.
  1. Setelah tersedia gambar Chila dan Chilo, teman-teman Faiz dan Fira bisa mewarnai terlebih dahulu.
  2. Supaya wayang Chila dan Chilo agak tebal, boleh ditempelkan di atas kertas karton.
  3. Gunting secara detail
  4. Tempelkan  sumpit di balik wayang Chila dan Chilo dan lekatkan menggunakan selotip
  5. Wayang Chila dan Chilo sudah jadi dech.

Silahkan Baca : Ide Bermain Membuat Telepon Kaleng


Bagaimana? sangat mudah sekali kan untuk membuat wayang Chila dan Chilo. Ummi juga menginjinkan Fira membantu menyelesaikan pembuatan wayang Chila dan Chilo. Fira bertugas untuk menempelkan bagian tubuh Chila dan Chilo ke atas gambar Chila dan Chilo. 

Fira sudah terampil mengambil potongan tubuh yang harus dilem. Kemudian menempatkan lem di balik potongan tubuh yang tidak diberi warna. Selanjutnya menempelkan dengan tepat. Memang agak kurang maksimal, tapi sudah bagus sekali. Good Job Fira. 


Bermain Wayang Chila dan Chilo


Ide permainan wayang ini, sebetulnya dimainkan untuk anak usia 4-6 tahun. Ummi membuatkan untuk Fira, karena kemampuan berbahasa Fira sudah lumayan cukup pada usianya yang ke 2 tahun lebih.

bermain wayang ini akan mengasah kecerdasan majemuk, diantaranya adalah kecerdasan kinestetik dan kecerdasan linguistik. Fira dapat menggerakkan wayang Chila dan Chilo dan akan berbicara sesuai dengan daya imaginasinya. 



Ummi mengarahkan Fira untuk naik ke tempat tidur. Tentunya dengan membawa wayang Chila dan Chilo. Ummi membuka percakapan antara wayang dan Fira. Salah satunya adalah ajakan untuk tidur lebih cepat. Tidurnya tidak boleh terlalu malam. Supaya apa? hayooo, supaya bangunnya pagi dan tidak kesiangan. Malu kan , masa ayam jago dulu yang lebih cepat bangun, daripada Fira?


Ummi mendapatkan banyak sekali inspirasi dari ide bermain Morinaga Play Plan. Khususnya wayang Chila dan Chilo. Ternyata ummi mampu loh membuat wayang untuk menjadi alat mendongeng. Dulu-dulu mah, ummi sudah pesimis duluan, apa iya ummi bisa? ternyata mudah loh.

Yuk sekarang banyak-banyak mencari ide permainan untuk anak-anak. Rekomendasi dari ummi adalah berkunjung ke website Morinaga Play Plan. Di sana ada banyak sekali rekomendasi ide bermain yang sangat menarik. Atau bisa berkunjung ke IG ummi Faiz dan Fira. 😘

11 comments:

  1. Wah kreatif banget ya. Bermain drama wayang bisa sekaligus untuk memasukkan nasihat kepada anak-anak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, anak-anak juga bisa berimaginasi dengan terlibat dalam dongeng.

      Delete
  2. Kreatif sekali, bermain bersama si kecil jadi seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mbak, mau enggak mau emak kudu kreatif biar anak juga seneng

      Delete
  3. asyik... sikecil jadi senang ya.., bisa melatih berbahasa dan memperlancar komunikasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mbak, melatih komunikasi anak ternyata mudah ya,

      Delete
  4. Wah keren nih, mau praktekin ah.

    ReplyDelete
  5. Mainam yang sederhana tapi tetap edukatif ya. Merangsang anak buat bikin cerita nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mbak, stimulasi untuk anak-anak ternyata ada banyak sekali idenya

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^