Monday 21 December 2015

Soundtrack BoBoiBoy Jagalah Bumi dari Kotak Band

Hai apa kabar anak-anak ummi?

Boboiboy, Serial Anak-Anak dari Malaysia


Sudah satu tahun lebih, Faiz mengumpulkan koleksi kartu Boboiboy. Kartu tersebut dia beli di abang-abang penjual mainan. Harganya cukup murah sehingga teman-teman sepermainannya, rata-rata memiliki. Dan Faiz, sudah pasti kepincut dan minta uang untuk membeli seperti yang dibeli, teman-temannya. Para produsen mainan anak-anak sangat jeli melihat pasar ya, iya kalau tidak begitu, tidak mungkin survive-lah mereka. Jadi ketika serial anak-anak Boboiboy sedang hit, produsen mainan anak-anak, memproduksi segala macam mainan yang bertema Boboiboy.


Selain itu mengoleksi kartu Boboiboy yang sedang happening satu tahun lalu. Faiz juga menonton di televisi yang terhubung jaraingan internet. Faiz sendiri yang mengetik dan mencarinya di youtube. Serial animasi untuk anak-anak dari negeri Jiran. Malaysia memiliki film Upin Ipin yang sudah duluan terkenal di Indonesia. Boboiboy ini menceritakan tentang tokoh anak-anak yang membasmi kejahatan di muka bumi.

Jalan ceritanya tidak membosankan, karena ada saja cerita yang disajikan dan disisipkan unsur edukatifnya. Boboiboy merupakan tokoh utamanya. Ada teman-temannya Gopal, Yaya, Ying dan Frank. Boboiboy sendiri tinggak di rumah kakeknya yang berjualan minuman cokelat. Nah di sini konflik dimulai. Adudu, tokoh antagonis yang ingin mencuri resep cocoa dari kakek Boboiboy. Seru dech, ceritanya, mi juga suka mengikutinya.
Jika koleksi kartu Boboiboy jarang sekali dimainkan, tidak dengan menonton filmnya. Bisa diputar-putar ratusan kali dalam seminggu. Faiz menghafal dialog tiap-tiap adegan, sehingga Faiz dapat mengikuti dialog tokoh yang sedang terjadi. Beeuh, mi heran, kok bisa ya, Faiz menghafal dialog-dialog tersebut? mungkin karena memang Faiz mendengarkan apa yang digemari, jadi menghafalnya cepat. #Noted.

Soundtrack Serial Boboiboy dari Band Kotak asal Indonesia


Sampai akhirnya, Faiz menemukan soundtrack Boboiboy yang dibawakan oleh band ternama di Indonesia, Kotak. Salah satu lagu yang hit dari band tersebut adalah pelan-pelan saja, yang pada waktu itu mendominasi chart lagu di acara musik manapun. Suara Tantri sang vokalis band Kotak sangat bagus dan benar-benar membawakan lagu tersebut dengan riang. Meskipun dari sebuah band rock, bukan berarti tidak cocok untuk hadir membawakan lagu untuk soundtrack serial anak-anak.

"Iz, sewaktu mi seumuran kamu, lagu-lagu yang ummi hafalkan itu yang ringan-ringan saja. Lagunya saat itu ada Susan, Abang Tukang Bakso, Lumba-Lumba, Garuda Pancasila. Jaman ummi kecil, film anak-anak masih belum begitu banyak seperti sekarang. Apalagi dulu, ummi belum menikmati layar kotak bernama televisi."

Dengan diputar berulang-ulang lagu dengan irama rock yang ceria dari televisi, adik Faiz, Zhafira, sewaktu bayi ikut menikmati. Fira senang sekali ketika lagu jagalah bumi milik band Kotak tersebut diputar. Jadi, inilah salah satu senjata ampuh, yang dipergunakan oleh mi untuk menenangkan Fira ketika rewel. Tidak hanya saat rewel saja, namun ketika mi sedang di kamar mandi, soundtrack serial Boboiboy inilah yang menjadi teman bayi Fira saat itu.

Siapa yang sudah hafal lirik lagu jagalah bumi ini? hayo ngacung yang tinggi? naik kursi boleh dech. Mi tuliskan ya, karena liriknya memang anak-anak sekali. Liriknya mudah sekali diterima dan dicerna oleh anak-anak, Fira sedang menikmati sembari menghafal kata demi kata dan terakhir ketika lagu akan berakhir, babaaai, keluar dari mulut mungil Fira.

Lirik Lagu Jagalah Bumi dari Band Kotak


Kawan aku sudah datang
Ayo kita menjaga bumi ini
Semua berkumpul di sini
Kita lawan perusak bumi

Kawan lihatlah di sana
Gunung tinggi yang indah menjulang
Kawan lihatlah di sini
Kupu-kupu pun ikut menari

Bersama kita jaga bumi ini
Bersama kita melindungi bumi


Yah, itulah lirik lagu jagalah bumi, Mi sedang menulis lirik lagu ini, sembari bernyanyi, Fira mendekati dan ingin melihat sembari bilang "ababaaay" (=dibaca Boboiboy). Mi senang sekali, anak-anak menikmati lagu jagalah bumi dari band Kotak. Serial yang cukup mengedukasi dan menghibur serta lagunya anak-anak sekali. [2015:12]

11 comments:

  1. Aku jadi ikut2an hafal cerita Boboiboy gara2 Faris putar vcdnya berulang2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Mas Faris juga suka ya. Anak-anak suka Boboiboy semua keknya y

      Delete
  2. aku sudah besar gini juga suka sih boboiboy mbak

    ReplyDelete
  3. Aku lagu boboboy bisa, Mak! Hihih tp yg kotak nyanyi blm denger

    ReplyDelete
  4. kesukaan ALvin juga nih, sama kaya Faiz ya

    ReplyDelete
  5. Boboboi adalah salah satu kartun kesukaan anak2, Farras n Fayda walaupun suka sama boboboi, tapi lebih suka upin ipin :)

    ReplyDelete
  6. oh band kotak toh yang nyanyiin soundtrack boboboy

    Nonton film gratis

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^