Tuesday, 6 February 2018

Persiapan Wajib Membawa Bayi dan Balita Bepergian



[Kesehatan Anak]


Hai hallo apa kabar anak-anak ummi yang makin besar ini. Apa kabar juga teman-teman Faiz dan Fira? sehat-sehat selalu ya, jaga kesehatan apalagi saat ini musim penghujan sedang berlangsung. Beberapa hari ini, di wilayah Tangerang, setiap pagi dan sore hari, hujan turun dalam intensitas yang tinggi. Deres sekali dan bikin deg-degan saat Faiz belum pulang sekolah.

Beberapa hari lalu, ummi mengajak Faiz dan Fira main ke rumah teman ummi nich. Kebetulan, teman ummi baru saja melahirkan anak pertamanya. Alhamdulillah anak pertamanya sehat dan ganteng. Cowo itu berarti ya, heheheee. Fira senang sekali menengok bayi. Saat ummi sedang menggendong bayi, Fira enggak nangis loh. Malah senang sekali. Kata orang, kalau ibunya gendong bayi, anak yang masih kecil suka nangis dan marah, sampai mukulin bayinya. Alhamdulillah Fira, enggak melakukannya.

obat-obatan wajib dibawa saat pergi bersama bayi dan balita
Wadah obat Faiz dan Fira (Mudik Lebaran 2017)


Saat ummi sedang menggendong bayinya, sang ibu sibuk mengobrak abrik tas besarnya. Teman ummi ini baru datang dari luar kota dan akan tinggal beberapa hari di kota ini. Dari jarak lumayan jauh, ummi bisa mendengar, teman ummi ini mencari minyak telon untuk menyiapkan peralatan mandi si bayi. Berkali-kali tasnya yang besar itu, dikorek-korek, dicari-cari. Sampai emosi, minyak telon belum ketemu. Setelah lelah, baru dech minyak telonnya nongol dengan sendirinya di dalam lipatan selimut bayi. Alhamdulillah.




Ummi jadi teringat masa-masa mengasuh Faiz dan Fira saat masih balita. Saat akan membawa Faiz dan Fira bepergian, pasti sibuk dan memerlukan waktu yang sangat lama. Tapi itu hanya sekali saja, setelahnya, ummi belajar untuk menyusun barang-barang yang akan dibawa, khususnya obat-obatan untuk balita Faiz dan Fira.

Oleh karena itu, ummi ingin membagikan pengalaman mempersiapkan obat-obatan yang sebaiknya dibawa saat membawa balita bepergian ya. Tujuannya, supaya ibu-ibu muda yang baru memiliki bayi dan balita, terbantu dan tidak seribut teman ummi yang diceritakan di atas. 

Pertama-tama, ummi menuliskan list atau daftar barang/ obat-obatan yang sebaiknya dibawa. Terlepas apakah moms mudah mengingat sesuatu atau dapat mengambil apa saja yang harus dibawa. Sebaiknya tulislah, karena menulis daftar seperti ini, dapat membantu di kemudian hari loh. Saat moms tidak dapat melakukan kegiatan menyusun obat-obatan yang akan dibawa, list ini bisa dipakai untuk orang lain, suami atau pengasuh bayi dan balita moms.

obat-obatan wajib dibawa saat pergi bersama bayi dan balita
Mudik Lebaran 2015 Fira masih baby

obat-obatan wajib dibawa saat pergi bersama bayi dan balita
Wadah obat  Faiz dan Fira (Mudik Lebaran 2015)


Persiapkan tas khusus untuk obat-obatan yang kecil. Ingat, jangan campur obat-obatan dengan barang lainnya, apalagi tasnya besar dan digunakan untuk menyimpan banyak barang. Selalu simpan pouch atau tas kecil untuk menyimpan obat-obatan. Bisa juga kotak wadah makanan yang sudah tidak terpakai.

Apa Isi Tasmu?

Pastikan tas tersebut bersih ya, moms. Saya selalu membersihkan tas obat yang sering dibawa bepergian sampai saat Faiz dan Fira sudah besar, seperti sekarang ini. Checklist setiap obat-obatan yang sudah dimasukkan ke dalam pouch atau kotak obat portabel.

obat-obatan wajib dibawa saat pergi bersama bayi dan balita


Obat-obatan apa saja sich yang harus dipersiapkan dan dibawa saat membawa balita bepergian? kan bayi dan balita tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat. Benar, obat-obatan hanya dipergunakan saat keadaan darurat, tidak boleh sembarang juga memberikan kepada bayi maupun balita.


Ummi biasa menyiapkan minyak telon, minyak kayu putih, termometer sebagai alat untuk mengukur suhu tubuh anak saat demam, obat penurun panas syrup untuk bayi dan balita, salep, balsem khusus bayi dan balita, lacto b untuk mengobati diare pada bayi dan balita. 

Simpan tas atau kotak obat di tas yang mudah proses mengambilnya. Jangan memasukan tas atau kotak obat di tas pakaian apalagi di bagian paling bawah. Kalaupun mom hanya membawa satu tas besar untuk pakaian. Letakkan tas atau kotak obat di tempat yang terlihat, paling atas atau di saku tas yang biasanya tersedia.

obat-obatan wajib dibawa saat pergi bersama bayi dan balita
Tas tempat barang-barang urgent (Mudik Lebaran 2017) Salah satunya wadah obat



Nah, bagaimana moms? cara penyimpanan obat tersebut praktis kan? tidak perlu repot membongkar tas besar dan mencari obat yang dibutuhkan. Apalagi saat bepergian menggunakan kendaraan. Semoga tips sederhana dan pengalaman ini dapat membantu moms yang baru memiliki bayi ya.


9 comments:

  1. Wah kudu punya tas penyimpanan obat ya, biar nggak ribet ^^

    ReplyDelete
  2. Wah iya nih Mbak, kadang suka ribet kalau obat-obat kececer di tas campur pakaian, emang bagusnya disendiriin :D

    ReplyDelete
  3. iya Mbak, sendirian juga tetep bareng, ;)

    ReplyDelete
  4. thanks mom, jadi langsung ngecek kotak obat

    ReplyDelete
  5. Harus dipisahin ya tempat obat dengan yang lainnya jadi pas nyari ga keder hehehe

    ReplyDelete
  6. Sama nih aku juga stok obat dirumah persis begini. Lacto-B syrup demam buat kakak proris dan tempra juga baby balsam cuma aku taro begitu aja sih di meja khusus obat-obatan soalnya kalau minta tolong suami suka malah bingung nyari. Hehehe

    Harus koordinasi dulu ya biar gak bingung ini tas untuk ini. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Setuju..Kalau obat-obatan yang diperlukan sekotak begini jadi enggak pusing nyari pas butuh nanti..
    Sewaktu-waktu perlu tinggal buka tasnya..ada deh:)

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...