Monday, 22 January 2018

Nasi Kepel untuk Anak Susah Makan

Hai hallo, apa kabar teman-teman Faiz dan Fira?

Hai moms, beberapa hari ini, saya punya trik nich untuk menyiasati gerakan tutup mulutnya Fira yang kebangetan. Kenapa bisa dibilang kebangetan? karena Fira bisa tahan berhari-hari enggak makan nasi. Tapi makan camilan kan, moms? Ya gitu dech, kadang mau makan camilan yang saya sediakan, kadang ya cuma diambil yang Fira suka. Minum susunya banyak ya, moms? rata-rata 4 botol susu per hari, (haaa? masih minum susu pakai botol?). Iya masih dan masih mencari cara nich supaya Fira lepas dari botol susunya, 😡.

Nasi Kepel dihiasi Lego Cantik untuk Fira 😙


Mengatasi Anak Susah Makan


Mengatasi anak susah makan memang banyak sekali caranya ya, moms. Hasilnya ya, tergantung kerja keras dan kondisi anaknya sendiri. Untuk Fira, saya sudah mencoba berbagai cara supaya Fira mau membuka mulutnya dan menghabiskan makanannya. Nah, berikut adalah trik terbaru nich supaya Fira mau menghabiskan makanannya.

Silahkan dibaca : Mengatasi Anak Mogok Makan 




Membuat nasi kepel untuk mengatasi anak susah makan seperti Fira. Awalnya, saya sedang membuka video di album foto laptop saat Fira masih berusia 1 tahunan. Di dalam video ituk, Baby Fira sedang asyik makan sendiri, menyendok makanannya dan memasukkan ke dalam mulutnya menggunakan tangannya sendiri. Eh, Fira minta makan sendiri, saat saya mengajak makan.

Di dapur saya mengikuti cara Chyntia Lamusu yang memberikan nasi yang dikepal-kepal untuk dua anak kembarnya. So, saya ambil nasi dan plastik untuk mengepal-ngepal nasi putihnya. Saya menyajikan secukupnya, supaya tidak mubazir.

Nasi Kepel Mini dan Irisan Sayuran


Menu masakan saya hari itu, adalah cap cay basah, isinya kembang kol, baby corn, wortel dan sawi putih serta daging ayam. Di dalam piring saji, saya letakan nasi kepel dalam ukuran mini, jumlahnya secukupnya saja. Kemudian, kembang kol yang dipotong kecil-kecil, yang bisa langsung dimsukan ke dalam mulut. Wortel yang diiris tipis serta baby corn yang dalam ukuran kecil juga serta sawi putih. 

Nasi kepel dan kembang kol dalam satu suapan 


Foto Fira sedang makan terlalu terang, gagal diupload dech 😧

Ekspresi Fira saat piring itu disajikan di depannya, wooow, bahagia banget dan enggak ada rasa enggan untuk menolak. Tangannya mengambil sendok, lalu mengambil nasi dan memasukan ke dalam mulutnya. Kali ke dua menyendok, mengambil daging ayam, lalu tangannya mengambil baby corn dan selanjutnya disuapin, qiqiqii 😊. Gak apa-apa yang penting Fira mau makan, dan menghabiskan nasi dan sayur serta lauknya, Alhamdulillah. 

Sejak saat itu, saya selalu menyediakan nasi kepel dan menawarkan kepada Fira. Alhamdulillah, sebelum tidur siang tadi, Fira sudah menghabiskan satu donat, satu mangkok nasi dan sayur, tiga potong apel merah dan sebotol susu. 

Alhamdulillah BB Fira normal, foto kemarin 😊(3, 5 m)


Mengatasi anak susah makan ada banyak sekali ya, moms. Tergantung orang tua dan kondisi anak. Saat ini, triknya nasi kepel untuk Fira yang pada awalnya selalu tutup mulut saat melihat saya membawa sepiring nasi.  Mungkin, apabila ada moms, yang sedang bingung bagaimana mengatasi anak susah makan, bisa ditiru ya, moms. 

6 comments:

  1. Bisa dicoba nih tipsnya, soalnya anak-anak suka bosan kalau makan nasi pakai sayur biasa :D

    ReplyDelete
  2. Anak jadi lahap kalau makanannya dibentuk kayak gini :D

    ReplyDelete
  3. Ini trik baru buat ku, akan aku coba untuk gadis kecilku
    sering bingung sendiri saya dan khawatir juga dengan pertumbuhannya

    ReplyDelete
  4. nah, ini bisat keponakan aku nih, mba. Susah makannya euy :(

    ReplyDelete
  5. Kalau dikepel gitu mungkin lebih enak menguyahnya ya mbak

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...