Skip to main content

Pada Usia Berapa Bayi Boleh Makan?

Pada usia berapa bayi boleh makan?. Tiap ibu memiliki jawaban yang berbeda-beda atas pertanyaan tersebut. Jawaban yang berbeda tersebut berasal dari pemikiran, pengetahuan, ilmu dan sudut pandang yang dimilikinya.

Berdasarkan pedoman WHO, bayi mulai dipernalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI) mulai usia 6 bulan. Pada usia 6 bulan, pemcernaan bayi mulai siap untuk menerima makanan selain ASI. 

Faiz ketika pertama kali makan


Kapan Faiz dan Fira diberikan Makanan Pertama Kalinya?


Alhamdulillah, saya dan suami diberikan orangtua yang tidak menyuruh-nyuruh untuk memberikan makanan pada bayi pada bulan pertama. Karena menurut penuturan ART saya, anaknya diberikan pisang dan nasi pada usia pertama kelahirannya. Alasanya kasihan bayinya laper. Ternyata tidak orangtua ART saja yang menuturkan hal seperti itu.

Ibu dari teman saya juga mengatakan "Kalau cucu saya ditinggal di desa, pasti saya kasih nasi dan pisang". Teman saya ini seorang perawat, oleh karena itu, daripada bersitegang dengan anaknya, ibunya tidak memberikan pisang dan nasi kepada cucunya. Tapi sewaktu teman saya bayi, ibunya memberikan kedua makanan tersebut.

Faiz saya berikan makanan pertamanya pada usia empat bulan. Saya yang bertanya kepada ibu waktu itu. Kakak saya juga menyarankan, sebetulnya tidak masalah, memberikan makanan pada bayi ketika usianya sudah empat bulan. Asalkan, teksturnya halus dan bayi siap untuk menerimanya.

Fira pertama kali makan


Demikian juga dengan Fira, saya memberikan makanan pendamping ASI-nya pada usia empat bulan. Mungkin agak berbeda dengan kakaknya ketika pertama mengecap makanan pertamanya. Fira sempat menolak dan adaptasinya sangat lama.

Faiz langsung melakukan gerakan mengunyah, sedangkan Fira membuang-buang makanan tersebut pada awalnya, namun lama kelamaan mau. 


Tanda-tanda bayi sudah siap untuk menerima makanan


Saya sering menjumpai bayi mengecap-ngecap mulutnya ketika melihat ada orang yang sedang makan. Matanya fokus ke makanan tersebut, mulutnya bergerak seperti orang yang sedang makan. Melihatnya kasihan? iya, kasihan sekali, mungkin karena kasihan melihat bayi seperti itu, para orang tua memberikan makanan pada bayi pada usia di bawah enam bulan.

Faiz dan Fira juga sama, ketika ada orang di dekatnya yang sedang menyantap makanan, gerakan mata dan mulutnya seperti yang saya sebutkan di atas. Kasihan memang melihatnya, namun saya tahan sampai usia mereka empat bulan. 

Berikut beberapa tanda-tanda bayi siap untuk menerima makanan:
  1. Bayi sudah mampu menyangga lehernya dengan baik. Sebaiknya memberi makan kepada bayi, sembari agak duduk. Sewaktu memberi makan Faiz pertama kalinya, adalah posisi yang salah. Saya menidurkan Faiz di tempat tidur. 
  2. Bayi terlihat lapar. Bayi terlihat lapar akan meminta minum ASI tidak seperti biasanya. 
  3. Bayi memperlihatkan rasa penasaran ketika ada orang di dekatnya yang sedang makan.
  4. Bayi memperlihatkan gerakan mengunyah.
  5. Bayi tidak mendorong lidahnya ketika dimasukkan sendok ke dalam mulutnya.

Nah, semuanya tergantung pilihan para orang tua dari si bayi kan? pada usia berapa bayi boleh makan. Sekali lagi, saya menggarisbawahi, ketika memberikan makanan pertama kepada bayi, sebaiknya dimulai dengan tekstur yang paling halus atau lembut. Pelan-pelan naikkan tingkat kekasarannya, jadi bayi akan mudah menerima dan mencerna makanannya. [2016:02]

Comments

  1. saya dua2nya 6 bln mulai makan:)

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya, saya butuh ini untuk persiapan anak ke-2 kelak ^^

    Berkunjung ke blog saya ya http://bit.ly/ayomaubertanya dan tinggalkan jejak/komen di sana agar suatu saat sy dapat berkunjung kembali dan membaca tulisannya

    ReplyDelete
  3. Anak saya sampai 6 bulan dulu baru makan. ASI sampai 2 tahun

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…