Skip to main content

Bagaimana Jika Anak Menolak Makanannya

Hallo Fira, Fira...atuuu tuuuh, atuuuh sayang sayang... lihat mi dech, Nak kamu kenapa? apa yang salah dengan brokoli? brokoli ough brokoli. Iya, hari Sabtu, menu nasi saring Fira daging sapi, brokoli dan wortel. Makan paginya mungkin karena Fira lapar, jadi lap lap dan lahap. Siang harinya embak yang menyuapi dan sore harinya makan bersama mi sehabis Fira mandi.

Fira menolak makan, aduuuh memang tidak menolak sekali hingga mengeluarkan atau menangis. Fira mengatupkan mulut dan ketika mi becandain, mulut Fira terbuka, masuk dech satu suapan, dua suapan...dan habis memang, namun mi melihat Fira cemberut. Mi berpikir, apa yang salah? tidak sukakah kamu dengan brokoli? karena menu yang kemarin-kemarin ada wortelnya, Fira biasa-biasa saja, atau mungkin karena masih mengantuk? 

Hari Minggu, mi mencoba membuat nasi saring dengan bahan utama daging ayam, brokoli dan wortel. Bagiamana makanmu dengan menu tersebut? pertama mi mengaduk nasi saring di depan Fira, Fira senang sekali dan cepat-cepat membuka mulut dan binar matamu terlihat senang dan melihat ke arah mangkuk nasi saringmu.

Gembira melihat mangkuk biru cantik makanannya

Nasi saring daging ayam, brokoli dan wortel


Namun, baru beberapa suap, mulut Fira terkatup lagi. Haduh ada apa ini? ada apa bayi Fira? dagingnya sudah berbeda, kemarin sapi sekarang ayam. Brokolinya yang masih menjadi bahan utamanya juga...ada apa dengan brokoli?

Mi coba menyuapi dengan pisang ambon. Mi mencoba rasa pisangnya terlebih dahulu, manis. Sewaktu mi menyuapi pisang, mulut Fira terkatup, namun mi mencoba dan akhirnya terbuka. Hap...mulut Fira komat-kamit merasakan rasa baru.

Mulut menolak makanan adalah bibir terkatup, beda sekali dengan yang di atas

Senang dan mau lagi, mau lagi...mi mencoba dengan nasi saring yang tadi, pleeeek...terkatup lagi setelahnya. Anak mi yang cantik, yang imut...what about brokoli? Hari Senin, mi mecoba membuat nasi saring tahu, labu dan wortel, karena mi sudah kesingan yang menyuapi adalah si embak.
Menurut informasi dari embak, Fira makannya lahap dan sewaktu mi pulang kantor, Fira sedang makan...waaaau mi menyuapi sedikit eeech..minta nambah lagi. Alhamdulillah ya sayang, masa ke dua anak mi musuhan sama si brokoli ini? ada apa?

Nah, bagaimana tipsnya nich, jika anak menolak makanannya? saran dari abi, jangan langsung menarik brokoli dari menu makananmu. Laah, kan Fira enggak mau, ya mencobanya dikurangi lagi brokolinya, jangan terlalu banyak.

Saran lagi yang ke dua, jangan langsung menyerah tidak menyelesaikan menyuapi menggunakan menu brokolinya, sedikit demi sedikit dengan mencoba mendongeng atau bercerita, sehingga mengalihkan rasa yang tidak disukai menjadi rasa menyenangkan.

Jika sudah cukup usianya untuk mengkonsumsi brokoli dengan variasi cara memasak, bisa juga membuat brokoli goreng tepung, agar anak tidak serta merta menolak untuk memakan brokoli. Hm...mi sudah membayangkan, mi membuat brokoli goreng tepung dengan cocolan saus cream kuning telur asin atau saus ikan tenggiri, pasti Fira suka dech.

Jadi intinya, jika anak menolak makanannya;
  1. Kurangi porsi makanan yang tidak disukai
  2. Jangan menghilangkan makanan yang tidak disukai
  3. Mencoba mengalihkan perhatian dengan bercerita
  4. Buat variasi makanan tersebut
Siiip, anak mi yang cantik, memang mamas Faiz dan mi juga tidak begitu suka brokoli, tapi nanti kita akan senang ya untuk mengkonsumsi brokoli.




Comments

  1. butuh kesabaran ya mbak nyuapin si kecil....

    ReplyDelete
  2. Jangankan yang anak2, aku denger brokoli goreng tepung dikasih cocolan saus telur asin aja ikut ngiler *glek*

    Semangat yaa mak MPASInyaaa ^^

    ReplyDelete
  3. Tipsnya akan sy terapkan kalo udh punya anak nanti, ah.
    Dulu sering bgt nyuapin ponakan yg susah makan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…