Skip to main content

Mengatasi Anak Mogok Makan dengan Menu Sederhana

Haaai apa kabar teman-teman Faiz dan Fira? gimana kabarnya liburanannya nih?.

Alhamdulillah Faiz dan Fira di rumah saja, seminggu ke depan, Faiz masih mengikuti ujian tengah semester. Jadi, badan ummi dan Faiz harus prima dan sehat.

Alhamdulillah nafsu makan Faiz sedang bagus-bagusnya. Malah kebagusan karena bisa makan nasi lengkap 4 kali dalam satu hari. Sehat-sehat selalu ya, Nak. Berbeda dengan adeknya yang pernah mogok makan. Em, iya mogok makan, mulutnya ditutup. Terkadang malah lari dan ngumpet. Pernah saking mogok makannya, Fira memuntahkan makanan yang sudah ummi masukan ke dalam mulutnya.

Saat mogok makan, Fira bisa menghabiskan berbotol-botol susu, buah dan camilan cokelat. Huuy, cokelat itu kenapa pada doyan sekali? ummipun mau. Akibatnya, berat badan Fira akan turun drastis. Berat badan itu kan, gampang banget ngelihatnya. Tinggal angkat saja anaknya, sudah dech, kelihatan banget beratnya nambah atau kurang. Qiqiqii, itu karena di rumah gak punya timbangan.

Ummi mencari tahu cara mengatasi anak mogok makan dari ibu lain yang sudah memiliki pengalaman, dari internet sampai membeli suplemen penambah nafsu makan. Apapun ummi cari untuk mengatasi anak mogok makan, supaya nafsu makannya kembali datang.

Suplemen penambah nafsu makan, ummi beli beberapa dan hasilnya? susunya tambah buanyaaaak. FAIL.  Ummi mencoba membaca resep-resep di internet untuk mengatasi anak mogok makan, salah satunya membuat nasi tim, yang konon banyak disukai oleh anak-anak balita. Hasilnya? FAIL again. Fira hanya menghabiskan setengah mangkok, setelahnya enggak mau.

Cara mengatasi anak mogok makan yang terakhir adalah membuatkan menu sewaktu bayi. Menu makan Fira bayi adalah sayur labu siam yang kecil-kecil, dimasak bening hanya dengan bawang putih iris dan garam saja. Tambahannya bisa bakso, sosis atau tahu kuning. Menu tersebut adalah menu sederhana sekali, karena tidak membutuhkan minyak untuk menumis dan tidak membutuhkan bumbu-bumbu lainnya. Cara membuatnya juga sangat mudah.


Saat disajikan untuk Fira? satu porsi mangkok anak balita, dicampur nasi, Alhamdulillah habis. Ya Allah, ummi senangnya bukan main. Makan siang dan sore, Fira masih mau menghabiskan menu sederhana yang ternyata mampu mengatasi anak mogok makan tersebut.
Setelah sayur labu bening, ummi kombinasikan dengan wortel, sosis ummi ganti dengan bakso, terkadang ummi tambahkan bihun untuk mempercantik tampilan sayurnya. Jadi, intinya, Fira suka yang tanpa lemak (minyak dan lemak dari daging ayam maupun sapi).

Jadi, saat mogok makannya Fira datang, ummi segera membuatkan menu sederhana tersebut. Hm, Alhamdulillah ya, tidak perlu repot-repot, menunya juga bergizi dan sehat kan?. 

#ODOPOKT7

"Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia"

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

Serunya Faiz Ngedate Bareng Legendaddy at Happy Beach

Happy Date with Legendaddy at Happy Beach, sebuah acara yang digelar oleh LACTOGEN 3 ActivGro dengan tema happy beach-taman bermain bertemakan pantai terluas di pusat perbelanjaan yang tercatat dalam Rekor MURI. Acara yang diselenggarakan di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat, pada tanggal 6-7 Juni 2015. Acara ini dimeriahkan dengan rangkaian aktivitas bermain dan belajar bagi pasangan ayah dan anak seperti happy sand, happy creation, happy stacking, happy zoo, happy story dan masih banyak lagi. Puncak acara berlangsung pada hari Minggu, 7 Juni 2015 dengan menghadirkan Rini Hildayani, M.Si dan Choky Sitohang sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan "Peran Ayah dalam Mengotimalkan Keceriaan Anak"
Serunya Persiapan Sebelum Keberangkatan
Mi memilih hari Minggu, tanggal 7 Juni 2015 untuk hadir pada Happy Date with Legendaddy at Happy beach. Seru sekali persiapannya, karena mi harus menyiapkan baju untuk ganti untuk Faiz dan Abi, menyiapkan makanan untuk baby Fira. Mi tida…