Sunday, 8 October 2017

Mengatasi Anak Mogok Makan dengan Menu Sederhana

Haaai apa kabar teman-teman Faiz dan Fira? gimana kabarnya liburanannya nih?.

Alhamdulillah Faiz dan Fira di rumah saja, seminggu ke depan, Faiz masih mengikuti ujian tengah semester. Jadi, badan ummi dan Faiz harus prima dan sehat.

Alhamdulillah nafsu makan Faiz sedang bagus-bagusnya. Malah kebagusan karena bisa makan nasi lengkap 4 kali dalam satu hari. Sehat-sehat selalu ya, Nak. Berbeda dengan adeknya yang pernah mogok makan. Em, iya mogok makan, mulutnya ditutup. Terkadang malah lari dan ngumpet. Pernah saking mogok makannya, Fira memuntahkan makanan yang sudah ummi masukan ke dalam mulutnya.

Saat mogok makan, Fira bisa menghabiskan berbotol-botol susu, buah dan camilan cokelat. Huuy, cokelat itu kenapa pada doyan sekali? ummipun mau. Akibatnya, berat badan Fira akan turun drastis. Berat badan itu kan, gampang banget ngelihatnya. Tinggal angkat saja anaknya, sudah dech, kelihatan banget beratnya nambah atau kurang. Qiqiqii, itu karena di rumah gak punya timbangan.

Ummi mencari tahu cara mengatasi anak mogok makan dari ibu lain yang sudah memiliki pengalaman, dari internet sampai membeli suplemen penambah nafsu makan. Apapun ummi cari untuk mengatasi anak mogok makan, supaya nafsu makannya kembali datang.

Suplemen penambah nafsu makan, ummi beli beberapa dan hasilnya? susunya tambah buanyaaaak. FAIL.  Ummi mencoba membaca resep-resep di internet untuk mengatasi anak mogok makan, salah satunya membuat nasi tim, yang konon banyak disukai oleh anak-anak balita. Hasilnya? FAIL again. Fira hanya menghabiskan setengah mangkok, setelahnya enggak mau.

Cara mengatasi anak mogok makan yang terakhir adalah membuatkan menu sewaktu bayi. Menu makan Fira bayi adalah sayur labu siam yang kecil-kecil, dimasak bening hanya dengan bawang putih iris dan garam saja. Tambahannya bisa bakso, sosis atau tahu kuning. Menu tersebut adalah menu sederhana sekali, karena tidak membutuhkan minyak untuk menumis dan tidak membutuhkan bumbu-bumbu lainnya. Cara membuatnya juga sangat mudah.


Saat disajikan untuk Fira? satu porsi mangkok anak balita, dicampur nasi, Alhamdulillah habis. Ya Allah, ummi senangnya bukan main. Makan siang dan sore, Fira masih mau menghabiskan menu sederhana yang ternyata mampu mengatasi anak mogok makan tersebut.
Setelah sayur labu bening, ummi kombinasikan dengan wortel, sosis ummi ganti dengan bakso, terkadang ummi tambahkan bihun untuk mempercantik tampilan sayurnya. Jadi, intinya, Fira suka yang tanpa lemak (minyak dan lemak dari daging ayam maupun sapi).

Jadi, saat mogok makannya Fira datang, ummi segera membuatkan menu sederhana tersebut. Hm, Alhamdulillah ya, tidak perlu repot-repot, menunya juga bergizi dan sehat kan?. 

#ODOPOKT7

"Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia"

1 comment:

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...