Skip to main content

Ide Bermain Membuat Wayang Chila dan Chilo

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira? Baik semuanya yaaa.

Hari ini, ummi akan menuliskan ide bermain membuat wayang Chila dan Chilo. Teman-teman semua tahu, siapa Chila dan Chilo? ayo tunjuk tangan kalian tinggi-tinggi. Betul sekali. Chila dan Chilo ini adalah teman dari Morinaga. Faiz dan Fira kebetulan pernah loh, minum susu Chil*go dan Chil Kid dari Morinaga.

Ummi dan Fira juga sedang mengikuti program #30HariMain bersama Morinaga. Ada banyak sekali ide bermain di dalam website Morinaga Play Plan. Jadi, ummi tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Kesempatan untuk bermain bersama Fira yang masih berusia 2 tahun 7 bulan ini.




Membuat wayang Chila dan Chilo untuk bermain bersama Fira juga ada alasannya loh. Dengan membuat wayang dari karakter Chila dan Chilo, ummi bisa lebih membuat Fira tenang sewaktu di tempat tidur. Iya, ummi sengaja menyiapkan wayang tersebut, untuk bercerita di bed time.

Biasanya, Fira dan Kakak Faiz selalu memegang smatphone nya sebelum tidur. Sekarang ummi pelan-pelan ingin merubah hal tersebut. Nah, salah satunya dengan membuat wayang Chila dan Chilo sebagai media untuk berdongeng bersama sebelum tidur.


Bahan-Bahan untuk Membuat Wayang Chila dan Chilo


Untuk bahan-bahan dan peralatannya, ummi yang menyiapkan sendiri. Fira kan masih kecil, jadi setelah semua bahan dan peralatan siap, baru dech Fira mendekat. Nanti, kalau teman-teman ingin membuat wayang seperti punya Fira, minta batuan orang tua ya.



  1. Gambar Chila dan Chilo. Teman-teman bisa meminta orang tua untuk mencetak dari internet atau menggambarnya sendiri. Kebetulan, ummi mencetak dari internet.
  2. Pensil warna untuk mewarnai Chila dan Chilo. 
  3. Gunting 
  4. Sumpit
  5. Selotip atau isolasi
Cara membuatnya juga mudah sekali loh.
  1. Setelah tersedia gambar Chila dan Chilo, teman-teman Faiz dan Fira bisa mewarnai terlebih dahulu.
  2. Supaya wayang Chila dan Chilo agak tebal, boleh ditempelkan di atas kertas karton.
  3. Gunting secara detail
  4. Tempelkan  sumpit di balik wayang Chila dan Chilo dan lekatkan menggunakan selotip
  5. Wayang Chila dan Chilo sudah jadi dech.

Silahkan Baca : Ide Bermain Membuat Telepon Kaleng


Bagaimana? sangat mudah sekali kan untuk membuat wayang Chila dan Chilo. Ummi juga menginjinkan Fira membantu menyelesaikan pembuatan wayang Chila dan Chilo. Fira bertugas untuk menempelkan bagian tubuh Chila dan Chilo ke atas gambar Chila dan Chilo. 

Fira sudah terampil mengambil potongan tubuh yang harus dilem. Kemudian menempatkan lem di balik potongan tubuh yang tidak diberi warna. Selanjutnya menempelkan dengan tepat. Memang agak kurang maksimal, tapi sudah bagus sekali. Good Job Fira. 


Bermain Wayang Chila dan Chilo


Ide permainan wayang ini, sebetulnya dimainkan untuk anak usia 4-6 tahun. Ummi membuatkan untuk Fira, karena kemampuan berbahasa Fira sudah lumayan cukup pada usianya yang ke 2 tahun lebih.

bermain wayang ini akan mengasah kecerdasan majemuk, diantaranya adalah kecerdasan kinestetik dan kecerdasan linguistik. Fira dapat menggerakkan wayang Chila dan Chilo dan akan berbicara sesuai dengan daya imaginasinya. 



Ummi mengarahkan Fira untuk naik ke tempat tidur. Tentunya dengan membawa wayang Chila dan Chilo. Ummi membuka percakapan antara wayang dan Fira. Salah satunya adalah ajakan untuk tidur lebih cepat. Tidurnya tidak boleh terlalu malam. Supaya apa? hayooo, supaya bangunnya pagi dan tidak kesiangan. Malu kan , masa ayam jago dulu yang lebih cepat bangun, daripada Fira?


Ummi mendapatkan banyak sekali inspirasi dari ide bermain Morinaga Play Plan. Khususnya wayang Chila dan Chilo. Ternyata ummi mampu loh membuat wayang untuk menjadi alat mendongeng. Dulu-dulu mah, ummi sudah pesimis duluan, apa iya ummi bisa? ternyata mudah loh.

Yuk sekarang banyak-banyak mencari ide permainan untuk anak-anak. Rekomendasi dari ummi adalah berkunjung ke website Morinaga Play Plan. Di sana ada banyak sekali rekomendasi ide bermain yang sangat menarik. Atau bisa berkunjung ke IG ummi Faiz dan Fira. 😘

Comments

  1. Wah kreatif banget ya. Bermain drama wayang bisa sekaligus untuk memasukkan nasihat kepada anak-anak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, anak-anak juga bisa berimaginasi dengan terlibat dalam dongeng.

      Delete
  2. Kreatif sekali, bermain bersama si kecil jadi seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mbak, mau enggak mau emak kudu kreatif biar anak juga seneng

      Delete
  3. asyik... sikecil jadi senang ya.., bisa melatih berbahasa dan memperlancar komunikasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mbak, melatih komunikasi anak ternyata mudah ya,

      Delete
  4. Mainam yang sederhana tapi tetap edukatif ya. Merangsang anak buat bikin cerita nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mbak, stimulasi untuk anak-anak ternyata ada banyak sekali idenya

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…