Skip to main content

Hobby Bersepeda Membuat Faiz Sehat dan Berani

Faiz memiliki hobby bersepeda roda dua. Sejak Faiz berusia tiga tahun, sudah dibelikan sepeda roda empat oleh neneknya. Sepedanya berwarna merah, sesuai dengan warna kesukaan Faiz dan warna yang selalu ummi pilihkan untuknya. Mulai dai sepeda roda empat itulah, Faiz berlatih mengayuh pedal sepeda, menggerakkan setang sepeda untuk berbelok ke kiri dan ke kanan. Hingga akhirnya, roda dua di bagian belakang sepeda dilepas. Faiz berlatih menggunakan sepeda roda dua berwarna biru. Sepeda yang dibeli oleh abi di Pasar Rumput.


Setiap hari Faiz selalu bersepeda. Meski hujanpun, Faiz mencuri waktu untuk bersepeda, meskipun di dalam garasi rumah. Kemahirannya bersepeda roda dua, sudah mulai bertambah. Faiz sudah dapat memegang setang dengan satu tangan. Saat ini, Faiz sedang berlatih untuk lepas tangan, tidak memegang setang ketika mengendarai sepeda. Kadang memang jatuh, kadang menubruk pagar, menabrak temannya bahkan menjatuhi genangan air yang kotor.



Dengan hobbynya bersepeda, Faiz memiliki banyak sekali kesempatan. Bertemu dengan banyak teman-teman, berkenalan dengan teman-teman yang lebih besar usianya. Bersosialisasi dengan anak-anak seusianya di kompleks dan menumbuhkan keberanian serta keterampilannya. Tidak jarang rantai sepeda akan terlepas, karena kadang Faiz bersepeda dengan kencang. Tangan mungilnya trampil untuk membetulkan rantai sepeda yang terlepas. Bahkan ketika roda sepeda kekurangan angin, Faiz akan mengambil pompa ban sepeda untuk diberi angin.


Badan Faiz lumayan tinggi, sepeda abinya sudah mampu untuk dikendarai. Meski berkali-kali jatuh dan seluruh tubuhnya kotor. Tapi Faiz terus mencoba dan mencoba, hingga akhirnya Faiz dapat mengendarai sepeda abi yang berwarna merah. Kondisi tubuh Faiz juga kuat, kadang dia harus mengangkat sepeda-sepedanya untuk dicuci sendiri. Apalagi setelah bersepeda, perut lapar, makan Faiz jadi banyak. Kepala, tangan, perut, kaki dan semua anggota tubuh Faiz bergerak semua ketika bersepeda. Yup, ketika ummi mencoba untuk bersepeda bersama Faiz keliling komplek selama lima belas menit saja, keringat mengucur deras di tubuh. Badan rasanya lebih ringan, nafas menjadi teratur, pikiran juga menjadi tenang. Bersepeda salah satu olah raga yang ringan, santai tapi penting, lho.

Hobby bersepeda tidak hanya membuat Faiz sehat dan berani. Abi dan ummi juga ikut mencicipi betapa menggerakkan badan itu perlu. Olah raga ringan, santai dan murah ini cukup dilakukan minimal setengah jam, membuat lemak di badan terbakar. Semoga Faiz dan abi rutin ya, bersepeda setiap pagi, keliling kompleks. Kalau ummi, biasanya sore hari di sekitar kompleks. Kalau teman-teman semua, olah raganya apa? tetap berolah raga ya, meskipun hanya beberapa menit saja. [2016:02]


Comments

  1. Selamat bersepeda Faiz, asik ya udah bisa roda 2 :)

    ReplyDelete
  2. Aku malah gak bisa sepeda, kalah sama Faiz :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…