Monday 15 February 2016

Mengajak Anak untuk Mencintai dan Merawat Tanaman

Sebulan yang lalu, Faiz dan Fira berlibur di rumah uti dan akung di Cilacap. Di rumah uti dan akung, ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tumbuh dengan subur. Tanaman hias dan bunga-bunga tersebut dirawat dengan baik, sehingga dapat tumbuh dengan subur dan sedap dipandang mata.  

Uti dan akung, sama-sama menyukai tanaman. Suatu ketika, akung pernah "mendeder" bibit tanaman hias. Jumlahnya banyak sekali, sampai abi membawanya ke Tangerang. Uti bertugas untuk menempatkan pot-pot berisi tanaman hias tersebut di halaman rumah. Mereka berdua bergantian untuk menyiram tanaman hias tersebut.

Liburan kemarin, giliran Faiz dan Fira yang membantu uti untuk menyiram tanaman hias. Tanaman hias tersebut ada di halaman depan, ada di halaman belakang dan ada juga yang diletakkan di dalam rumah. Tentunya ketika akan menyiram, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Uti mengajari Faiz saat menyiram tanaman hias yang berdaun lebat dan cantik-cantik.


Tanaman HIas


Uti mempunyai dua alat penyiram tanaman hias. Satu yang besar dan satu yang kecil. Ketika akan menyiramkan air ke pot yang tumbuh tanaman hias, juga ada triknya, lho. Corong yang ada diujung, sebaiknya diputar ke atas, jadi ketika menyiramnya, akan lebih mudah. Faiz berkali-kali diajari, heheee...maklum selain menyiram tanaman hias uti, sekalian bermain air juga. Berikut beberapa gambar sebagian tanaman hias milik uti dan akung.

Tanaman hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias

Bermain air bagi anak-anak memang menyenangkan ya, moms. Apalagi bermain airnya di rumah sendiri. Diijinkan oleh orang tua dan kegiatannya juga menyenangkan. Tentunya perlu berhati-hati juga, apalagi air yang tumpah di lantai yang bertekstur licin. Jadilah ummi mengambil alat pel. Supaya air tersebut tidak membahayakan anak-anak. 

Eh, ternyata Fira malah mengambil alih pekerjaan ummi. Fira enang sekali mendorong-dorong alat pel tersebut. Sebuah kegiatan baru untuk Fira. Ummi sibuk menagmbil gambar kalian dong...hehee. Berikut gambar-gambar Faiz dan Fira.

Mengisi LIburan






Mengisi liburan dengan merawat tanaman hias milik uti dan akung itu menyenangkan. Faiz jadi tahu, bagaimana cara memperlakukan tanaman hias. Di mana, tanaman hias tersebut adalah makhluk hidup. Ciptaan Tuhan yang harus diperlakukan dengan baik. Faiz juga harus belajar, bahwa tidak boleh membuang-buang air ketika sedang menyiram tanaman hias tersebut. 

Oleh karena itu, diperlukan alat penyiram khusus. Jadi penggunaan air tidak berlebihan. Sedangkan Fira? belajar mengkondisikan suatu tempat itu aman, tidak bahaya. Lantai yang dipel agar tidak tergenang air, salah satu upaya peduli lingkungan juga.

Waaah, liburan di Cilacap selalu menyenangkan. Ada banyak sekali pengalaman baru untuk Faiz dan Fira. Uti dan akung memang tepat merawat tanaman hias. Selain sebagai penghias rumah, juga sebagai aktifitas yang menyehatkan. Merawat tanaman hias, badan jadi bergerak. Ketika sedang istirahat setelah beraktifitas, dapat memandang tanaman hias yang canti-cantik, bukan?

Bagiamana dengan liburan teman-teman? tentu menyenangkan juga ya, meskipun hanya di dalam rumah nenek dan kakek atau di rumah sendiri. [2016:02]

15 comments:

  1. tanamannya bagus2..kalo tanaman saya di rumah tinggal 2 nih yg sebelumnya mati karena ga telaten dirawat

    ReplyDelete
  2. kalau saya gak telaten dengan tanaman hias. Semua tanaman di rumah, suami saya yang ngurusin hahaha

    ReplyDelete
  3. buhh liat tanamannya bkin seger itu ya mbak..hhhee

    ReplyDelete
  4. Rajin-rajin bangeeet sih Faiz et Gira 😘😘😘😘

    ReplyDelete
  5. Klao anak2ku berebun harus ke rumah yangkungnya dulu di Kudus. Disana banyak tanmean, di rumahku ngga ada >.<

    ReplyDelete
  6. Halamannya seger, asri beud Maakk

    ReplyDelete
  7. Waaah pinternya. Ini kakak2 tante suruh pada gak mau. Ckckckckk

    ReplyDelete
  8. Artikelnya bagus bangeeettt. Saya jadi tahu sedikit-sedikit soal parenting. Kebetulan lagi persiapan nih, jadi mulai cari-cari referensi dulu sebelum beneran punya buah hati :) Terimakasih untuk share-nya ya.

    ReplyDelete
  9. Wih, tanamannya seger-seger banget. Tanaman kalo dirawat sepenuh hati emang nyaman banget dipandang yaa...

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^