Monday, 18 January 2016

Cara Melatih Zhafira Mandi Menggunakan Air Dingin

Haaai, apa kabaaar? sudah lama sekali, mi tidak cerita tentang anak-anak di Buku Harian Anak Anak. Alhamdulillah, hari ini, keadaan rumah sudah lebih nyaman. Biasa kan ya, sehabis mudik selama satu minggu lebih, rumah seperti gudang.

Sebelum mudik, mi sudah melatih Fira untuk mandi menggunakan air dingin. Waktu itu, alasan pertama karena mandi buru-buru. Jadi, tidak sempat memasak air panas terlebih dahulu. Pernah juga karena gas di agen penjualan gas dan air mineral di kompleks perumahan sedang kosong. Jadi, mi tidak dapat membeli gas di manapun, karena tidak bisa pasang sendiri.

Jadi, mi sudah melatih Fira untuk mandi menggunakan air dingin, kurang lebih satu bulanan yang lalu. Mandi buru-buru, karena mau pergi, tapi Fira baru bangun. Nah, berikut cara mi melatih Fira mandi menggunakan air dingin.

Persiapkan Awal,


Persiapkan terlebih dahulu, pakaian yang akan dikenakan. Mi selalu melakukan persiapan ini, meskipun menggunakan air hangat. Jadi mi mempersiapkan pakaian, minyak telon dan bedak. Biasanya, mi memakaikan Fira, pakaian di ruang depan atau di kamar. Tergantung ruangan mana yang rapih.

Handuk juga dimasukkan ke dalam kamar mandi. Ini penting, karena tidak mungkin, setelah mandi, baru mencari handuk kan? pernah mi jumpai, pengasuh yang seperti ini. Sedih.

Jika Baru Pertama, Mandi Singkat Saja


Pengalaman pertama mi memandikan Fira menggunakan air dingin, cukup tiga menit. Mandinya singkat saja, disiram, tidak perlu keramas, gunakan sabun dan siram, kemudian balut menggunakan handuk.

Yang petama dikeringkan adalah muka, rambut jika basah, kemudian bagian badannya. Balur menggunakan minyak kayu putih/ telon.

Air Panas Lebih Sedikit Dari Air Dingin


Waktu itu, Tangerang sedang hujan. Mi mencoba untuk memandikan Fira menggunakan air panas lebih sedikit dari air dinginnya. Jadi, airnya hangatnya samar, gitu. Alhamdulillah Fira malah keasyikan dan mengambil air dingin lagi, jadi airnya dingin gitu.

Mungkin jika takut-takut anaknya akan kedinginan, bisa dicoba perbandingan air dingin dan air panasnya, sesuai dengan perasaan ya. Mi biasanya menggunakan gayung, dua gayung air panas, kurangi secara bertahap, satu gayung air panas, lama-lama, tidak perlu menggunakan air panas.

Mandi di Kolam


Abi belum pernah mengajak Fira berenang. Berbeda dengan Faiz, yang ketika usianya satu tahun sudah diajak berenang di kolam pegunungan. Jadi, sewaktu kemarin pulang kampung, ke rumah Uti dan Akung di Cilacap. Fira bermain air di kolam rumah uti.

Airnya tidak dingin-dingin amat, karena rumah Uti menggunakan air PAM dan airnya hangat. Namun, Uti buru-buru meminta mi, mengangkat Fira, untuk keluar kolam, setelah lima belas menit di dalam kolam.

Cara melatih mandi mengunakan air dingin


Mi memandikan menggunakan air hangat. Pada kesempatan kedua, setelah bermain air di kolam, mi mengunakan air shower dingin saja. Hihiii, awalnya Fira kaget dan berteriak-teriak, tapi lama kelamaan malah seru.

Jadi, setelah pulang dari rumah Uti dan Akung, Fira mandi menggunakan air dingin terus. Kecuali, cuaca sedikit dingin dan kondisi sedang kurang fit.

Bagaimana? mandi air dingin segar kan ya?  Saat ini, usia Fira, satu tahun lebih lima bulan. Tergolong terlambat memang, melatihnya mandi menggunakan air dingin. [2016:01]

14 comments:

  1. Anak2 dari kecil udah biasa air dingin. Kalau kerumah kakeknya malah dimanjain, air hangat terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di rumah ibuku, malah boleh banget pakai air dingin, kalau ke rumah nenek, sore cerah saja dimasakin air panas, padahal hot hot banget.

      Delete
  2. Anakku air hangat kalau mau sekolah, kalo sore, pakai air dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya...hihiii, iya sich, pagi hari dingin y

      Delete
  3. anakku gak biasa pakai air dingin senangnya air panas. Setelah kost mau gak mau pakai air dingin. Aku juga sukanya pakai air hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kos, mau gak mau, kudu mandiri ya, Mbak. Termasuk mandi menggunakan air biasa

      Delete
  4. Membiasakan sesuatu harus dilakukan secara perlahan ya, mba. Anakku kalo ke sekolah mandi air anget. Soalnya dingin banget. Kalau sore baru deh air dingin :)

    ReplyDelete
  5. ponakanku seneng mandi di ember, blm punya kolam, heheh

    ReplyDelete
  6. klo kolamnya guede, pasti ga mau cepet cepet naik hihi
    dulu aku malah nekad nyemplung di bak, waduuhhh banget ya aku hahha

    ReplyDelete
  7. kalau Alvin dulu caranya mandi pakai shower jadi mau mandi air dingin

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...