Thursday 28 January 2021

Mengajak Anak-Anak Pergi ke Scientia Park Serpong pada Masa Pandemi

 Bismillahirrohmaniirrohim,


Mengajak anak-anak pergi ke Scientia park Serpong pada masa pandemi. Bulan Desember 2020, setelah proses isoman di rumah, isoman di rumah sakit, isoman di rumah, berani pergi ke taman kota. Tujuan pertama kita semua keluar pada saat itu adalah mencari sinar matahari alias berjemur. Scientia Park Serpong Tangerang menjadi salah satu pilihan untuk mengajak anak-anak. Setelah sebelumnya kami melakukan olah raga sekaligus berjemur di Kawasan Green Lake City, Tangerang. Kenapa sih harus jauh-jauh mencari sinar mataharinya? Karena di cluster kita waktu itu sedang melakukan lock down mandiri. Apalagi kita yang menjadi survival covid 19. Kita harus menjaga perasaan warga cluster yang memiliki berbagai pendapat mengenai penularan covid ini.

Astin Scientia Park


Scientia Park Serpong, Tangerang terletak di Gading Serpong, tepatnya di Jl. Boulevard, Kelapa Dua, Tangerang. Terakhir kita pergi ke Scientia Park, bulan Desember 2019 masih dengan kondisi yang begitu indah. Bisa menghirup udara segarnya taman di tengah kota. Bisa leluasa menikmati minuman dan makanan di sana. Namun, semua harus disyukuri ya, Nak. Menjadi cerita dan menjadi pelajaran kelak di masa yang akan datang. Jarak dari rumah kita menuju ke Scientia Park menggunakan kendaraan roda dua dan melalui jalan toll Jakarta - Merak adalah 17,6 km ditempuh selama 38 menit. Yups, waktu itu kita memang tidak berencana ke Sientia Park. Jadi memutar dulu ke arah Toll Jakarta-Merak. Padahal bisa lebih cepat jika melaluai Jalan MH Thamrin langsung.

Alasan Pergi ke Scientia Park, Yuk, Berjemur!

Teman-teman sudah mengetahui tujuan kita pergi ke Scientia Park adalah untuk berjemur dan menghirup udara segar. Sekarang ummi ingin menceritakan alasan kenapa kita pergi ke sana, padahal sejak awal pandemi kita tidak pernah keluar sama sekali. Alasannya karena ingin menghadiahi diri sendiri, telah berikhtiar menjaga diri sendiri dan keluarga dengan sabar tidak pergi ke mana-mana. Ummi dan Abi juga ingin memberikan sedikit udara segar dengan mengajak kalian, Nak pergi ke tempat umum yang konsepnya alam. Ada empat  tempat yang kita kunjungi selama pandemi ini dan setelah kita menyelesaikan isoman adalah Pantai Ancol, Kawasan Jogging di Green Lake City, Scientia Park Gading Serpong dan terakhir Taman Kota 2 BSD. Setelah itu kita belum kemana-mana lagi

Baca Juga : Terpapar Covid

Baca Juga : Scientia Park di tahun 2016

Kita pergi tetap menggunakan masker medis, pun di dalam kendaraan. Rasanya memang engap. rasanya memang kurang nyaman. Kalian juga bertanya, kenapa di dalam mobil, masih harus menggunakan masker juga? Alasannya kita mengikuti peraturan yang dibuat untuk kenyamanan bersama. Ummi pernah dimarahi Abi, kan. Saat di dalam mobil ummi sedang makan, lalu abi keluar sebentar, pas masuk ummi meletakan makanan dan Abi langsung bertanya, kenapa ummi tidak menggunakan masker. Sabar ya, Nak. Insya Allah semua akan berakhir. Kondisi ini akan segera berakhir dan sesuai dengan apa yang kita inginkan, Nak. Dapat menghirup udara segar bersama-sama. Dapat leluasa melakukan perjalanan ke rumah Uti dan Akung, terutama. Sedih ya kita belum berani pulang ke rumah Uti dan Akung.

Rindu Alam, Udara Segar dan Hijaunya Pepohonan

Alhamdulillah. Memasuki Gerbang Scientia Park Serpong Tangerang. Ummi tuh terharu sekali, bisa merasakan kembali udara segar. Kalian juga bersorak gembira, memandangi tempat yang didatangi setahun lalu. Ummi lihat ada genangan air mata bahagia dan haru, kalian bisa melangkah bebas, berlarian dan binar mata kalian benar-benar membuat ummi bahagia. Ya. Anak-anak sangat butuh udara segar dan dapat bergerak bebas. Maafkan orang tuamu ini ya, Nak. Bukan kami takut, bukan kami terlalu lebay tidak mengajak kalian pergi ke mana-mana selama pandemi. Tapi ini demi kepentingan bersama, meski akhirnya kita terpapar dari orang terdekat, terimalah itu. Duh kok mendadak melow nulisnya.

Astin Scientia Park


Sampai ummi nulis inipun, di Bulan Januari, Abi belum ada kode mengajak kita jalan-jalan lagi. Ummipun tidak berani juga mengusulkan untuk kita pergi. Kenapa? ummi mengusulkan kita jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor saja belum di acc. Sabar ya, semua pasti akan datang waktunya. Waktu yang tepat yang terbaik untuk kita melakukan perjalanan terutama ke Cilacap, Bandung dan Bogor. Yeeey. Semoga penyebaran virus covid ini segera menurun dan hilang tak meninggalkan bekas.

Menikmati Scientia Park pada hari kerja adalah pilihan ummi. Alasannya supaya tidak terlalu penuh pengunjung. Eh ternyata tidak ya, Nak. Pengunjung yang berpikiran sama dengan ummi ternyata banyak. Jadi, pertama masuk ngantre juga di loket pembelian tiket. Alhamdulillah, rata-rata yang mengantre menerapkan sosial dictancing, kecuali yang rombongan. Kita berempat juga sama, saling gandeng. Alhamdulillah kalian sudah paham untuk tidak memegang apapun selama berada di tempat umum. Abi yang membeli tiket, menggunakan kartu debit, jadi cashless.  Di tempat pembelian loketpun disediakan hand sanitizer, petugasnya mengunakan masker dan face shield. Pas dipakaian gelang tanda masuk, sebetulnya ummi ingin mengenakan sendiri, tapi petugasnya mengangguk dan meminta ummi percaya, karena semua telah sesuai protokol kesehatan.

Astin Scientia Park


Scientia Park, Menerapkan Protokol Kesehatan, loh.

Dalam media socialnya, Scientia Park menginfromasikan akan menghentikan penjualan tiket, jika pengunjung telah melebihi kapasitas yang ditentukan selama pandemi. Memasuki halaman Scientia Park, bertemu dengan hijaunya pepohonan dan hamparan rumput serta ayunan angin yang melambaikan dedaunan, rasanya nyaman, tenang dan ingin sekali berlama-lama di tempat ini. Hal pertama yang kita lakukan di sana, adalah berkeliling. Meskipun pernah ke sana beberapa kali, rasanya penasaran juga nih dengan suasana dan penambahan yang dilakukan oleh Scinetia park.

Setelah melalui amphitheater yang merupakan tempat terbuka (outdoor) ternyaman menurut ummi, kita disuguhkan hamparan padi di sawah yang sudah menguning. Kita mengambil foto-foto dan di pesawahan ini, ummi makin merindu ingin sekali melakukan perjalanan ke Cilacap. Yap, perjalanan memasuki Kota Cilacap pasti disambut dengan pesawahan yang menghampar indah. Perjalanan kita selanjutnya di Scientia Park adalah kolam ikan, saung, rerumputan dan berbagai fasilitas lainnya. Salah satunya adalah kebun hidroponik. 

Astin Scientia Park


Astin Scientia Park


Teepee Barn, Ada Apa ya?

Tempat terakhir yang kita lihat adalah Teepee Barn. Ini adalah tempat baru yang saat datang di tahun 2019 belum dibangun. Teepee Barn merupakan tempat yang atapnya menyerupai topi besar dan di sanalah kita menemukan hewan ramah seperti Alpaca, Mini Donkey, Mini Horse, Scottish Cow, Polish Chicken, Kita sebetulnya bisa memberi makan pada hewan-hewan ini ya, Nak. Tapi menikmati dan melihat hewan-hewan yang jarang kita lihat saja sudah senang. Oh iya, di bawah teepee barn ini bukan menggunakan lantai ya. Mereka menggunakan pasir pasir yang jika menggunakan sandal selop atau sepatunya kedodoran, pasirnya bisa masuk ke sepatu. Hehehe, itu yang dialami oleh Fira.


Astin Scientia Park


Astin Scientia Park


Astin Scientia Park



Astin Scientia Park


Astin Scientia Park


Astin Scientia Park


Astin Scientia Park


Tempat cuci tangan berada di pintu masuk Teepee Barn. Bukan hanya di situ, ada banyak hand sanitizer yang disediakan di berbagai arena Scintia Park. Toilet pria dan wanita berada di depan kebun hidroponik dan ada satu lagi di bagian depan, hanya saja kita belum pernah ke sana, ya, Nak. Toiletnya bersih sekali, tissue dan air tersedia dengan baik. Awalnya ummi ragu untuk masuk toiletnya. Tapi ummi beranikan diri dan ternyata bersih, bagus dan aromanya harum ya. Meski begitu ummi tetap menggunakan tissue yang ummi bawa dari rumah.

Baca Juga : Piknik Menyehatkan dan Menyegarkan di Scientia Park Serpong

Astin Scientia Park

Di depan Teepee Barn ini kita duduk-duduk sampai lama ya. Pada saat itu jam menunjukan pukul 9.30, waktu yang tepat sekali untuk berjemur sesuai dengan rekomendasi untuk kondisi sekarang ini. Alhamdulillah di depan Teepee Barn ada kursi dan meja-meja. Jadi, kami bisa berlama-lama berjemur di tempat itu, sembari memperhatikan sekeliling dan hewan hewan di bawah Teepee Barn. Nama Teepee Barn berasal dari salah satu bangunan ikonik berbentuk tenda kerucut yang terinspirasi dari teepee tent yang biasa digunakan masyarakat Amerika untuk berkemah di The Great Plains.

Astin Scientia Park


Romantisme Amphitheater 

Ampitheather yang terletak di tengah Scientia Park menjadi tempat yang terlama juga loh kita duduk-duduk. Alasan pertama ada tempat duduk dari kayu yang berbentuk melengkung dan bisa dijadikan tempat duduk santai sampai tidur tiduran oleh anak-anak. Kedua, di bawah ampitheather ini ada pepohonan rindang yang kaya akan oksigen. Ketiga, di tengah-tengahnya ada rerumputan yang membuat anak-anak bisa berlarian, bermain dan berkejar-kejaran. Duh, rasanya nyaman sekali berada di sini. Ummi dan Abi duduk ngobrol dan kalian, Nak. Berlarian dan berkejar-kejaran bebas, yang tidak dapat dilakukan di rumah. Duh, kangen, pingin ke sana lagi. 

Astin Scientia Park


Ummi menikmati sekali duduk-duduk di sana. Jauh dari kerumunan, karena pengunjung lebih senang melihat hewan, menikmati pemandangan di belakang amphitheater dan menikmati tempat lainnya. Di sini ummi bisa mencari inspirasi, ide-ide dan obrolan bersama Abi. Abi juga bisa santai melepas penat meskipun selama berada di sini, banyak panggilan telepon dari pekerjaannya. Alhamdulillah saja, kita sudah mendapat nikmat sejuk dan segar, pekerjaan ya ditangani saja, kan ya.

Astin Scientia Park


Astin Scientia Park

Anak-anak terlihat ada yang bermain di rerumputan juga, tapi tidak lama. Mungkin karena agak susah ya bersepeda di rumput. Jadi alat yang paling cocok untuk dibawa dan dimainkan di sini adalah bola. Bermain bola, saling melempar, menendang bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk anak-anak. Karena Faiz dan Fira tidak membawa bola, jadi mereka hanya bermain kejar-kejaran dan lari-lari. Ummi dan Abi juga menyempatkan lari mengelilingi ampitheather. Duh, senang deh berada di sana. Kapan teman-teman mengajak kami ke sana lagi?

Faiz dan Fira nih, karena melihat ada skateboard kepingin sewa juga. Tapi ummi dan abi belum mengijinkan karena kalian kan belum pernah belajar. Meskipun ada tempat yang landai untuk bermain, tapi ngeri ah, hahahaa. Ummi malah parno sendiri. Jadi, ummi saranin Fira untuk sewa sekuter saja deh. Kenapa? karena sekuter lebih ringan dan mudah untuk dioperasikan serta bisa dilajukan di samping arena amphitheater dan di sebelah area pesawahan. Seger sekali kan. Masih bisa santai dan melihat anak-anak bermain sekuter.

Astin Scientia Park

Untuk Harga Tiket Masuk di hari kerja 45.000 dan di hari libur 95.000. Lumayan terjangkau untuk menikmati udara segar dan sejuk di tengah kota. Sewa sekuter waktu itu 20.000 di luar tiket ya. Alhamdulillah ada watung untuk menjual air mineral dan makanan ringan. Jadi, kita bisa menikmati udara segar dengan menikmati air miniral yang cukup ya. Waktu itu ummi hanya membawa dua botol air mineral dan habisnya cepet, hehee. Sebetulnya di mobil banyak, cuma malas aja membawa banyak-banyak. Oh iya, untuk teman-teman yang ingin keluar masuk juga bisa tanpa membeli tiket lagi. Misalnya ingin menikmati makanan di luar, kalian bisa keluar dulu tapi gelangnya jangan dirusak dulu ya. Soalnya di Scientia park ini, tidak bioleh membawa makanan dari luar. Jadi lebih baik, direncakan terlebih dulu, jam berapa masuk dan berapa jam berada di sana. 

49 comments:

  1. Baca ini jadi ikutan melow mbak. Anak-anak udah nagih pengen jalan-jalan ke tempat wisata alam gitu, eh pak suami belum kasih ijin. Berulangkali dijelaskan, alhamdulillah mereka ngerti. Tapi masih sering bilang "Ntar kalau udah nggak ada virus, kita jalan-jalan ke ... ya, Ma"

    Scientia park ini bagus juga ya mbak, alami lingkungannya. Anak-anak bisa bersenang-senang dan belajar juga

    ReplyDelete
  2. Aku mau ksitu pas pandemik belum jadi mbaa... udah kangen berat ih 😆
    Temen aku yg rmhnya dkt scientia bolak balik katanya sepi asyikk..
    Eh itu ke ancol juga ya hahaa.. muter2 beneran mbaa

    ReplyDelete
  3. Aaakkk, seruu banget main2 di siniii
    kapan hari aku lihat IG Story-nya @Dwihandaanda (mommy-nya Freya, balita cilik yg guumusshh) mereka juga lagi main2 di sini.
    Freyya sempat mau naik kuda, tapi masih takut :D
    Memang paling enjoooy kalo main di ruang terbuka kayak gini ya. Aseliiikk enjoy bangetttt

    ReplyDelete
  4. Menghirup udara di alam terbuka sambil berjemur adalah dambaan semua orang. Huhuuu, rasanya sesak memang diam di rumah terus hampir setahunan ini, sesekali main ke alam asalkan memenuhi prokes, insyaallah.
    Apalagi melihat pemandangan ijo2 tengah kota. Btw suasananya enak banget ya Scientia park Serpong ini, anak2 pasti suka apalagia da binatang2.

    ReplyDelete
  5. anak-anak pasti happy ya mbak bisa main walaupun sebentar di masa pandemi seperti ini :) anak saya juga udah ribut aja pengen berenang tapi belum saya kasih

    ReplyDelete
  6. Huaaaa ada wall climbing, seru juga pengen ajak anakku ke situ deh mba, cuma peer agak jauh dari rumahku 😭 tp masuk bucket list aku sih

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau ada wisata ini mbak,lumayan bagus dan luas tempatnya ya.. kapan2 aku ke sana ah ajak anak-anak 😁

    ReplyDelete
  8. Scientia Parknya asik banget ih. Coba deket dari sini. Aku juga seneng maen ke alam, apalagi prokesnya ketat, jadi bikin kita merasa aman. Seneng deh. Sehat selalu sekeluarga ya Mak Astin. Semoga wabah Covid 19 ini lekas selesai

    ReplyDelete
  9. Wah seru malahan ya di masa pandemi. Jd ga terlalu rame dan riweh sm orang banyak. Serasa park punya sendiri hehehe. Bisa puas.
    Dulu sempat main2 di sekitaran sana mba. Tp lupa kayaknya sih gak smp masuk ke arenanya. Cuma makan2 di resto2 di area ini.

    ReplyDelete
  10. aku belum pernah ke sini dan kayaknya cocok ya untuk wisata bareng dengan keluarga. Stay safeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kegiatan yang bisa dilakukan di sana bisa banyak juga ya Astin.. aku mau coba ah mampir ke sini

      Delete
  11. Saya pernah ke sini pas baru dibuka dan langsunh suka. Coba dekat ma rumah saya. Pasti deh bakal sering-sering ke sini. Tempatnya memang asik banget

    ReplyDelete
  12. Wah, senang sekali ya akhirnya dapat menghirup udara segar. Di masa pandemi seperti sekarang ini dapat keluar dengan nyaman adalah kemewahan yang tak ternilai harganya..

    ReplyDelete
  13. Tempatnya cakep begini, koleksi hewannya gemezzzin. Pantesan anak2 mbak betah ya hehehe :) AKu jadi kepengen ajak anak2 main ke Scientia Park ini deh. Prokes diterpkan dengan baik di sana ya mbak jadi kita aman in sya allah. Kuda poni itu yach? Lucu amat, kepengen elus2 gitu :D

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, hati yang bahagia adalah sebenarnya obat. Serunya main ke taman setelah sekian lama berdiam diri ya mbaa.

    Semoga sehat selalu ❤️

    ReplyDelete
  15. wah bagus ya mbak tempatnya
    memang banyak cahaya matahari dan udara segar
    ke tempat wisata saat pandemi g malasah asalkan kita sehat dan tetap taat protokol kesehatan ya mbak

    ReplyDelete
  16. Tempatnya indah dan bersih ya mba. Awalnya ku kira taman sains haha ternyata lebih mirip kebun binatang ya

    ReplyDelete
  17. Seru juga ya tempatnya Mbak, anak-anak bisa berlarian bebas di bawah sinar matahari pagi, sekalian berjemur deh..kudu dibintangi nihh artikelnya..nuhun..

    ReplyDelete
  18. Aku langsung brosing nig tentang Scientia Park Serpong.
    Wah, sudah banyak ya reviewnya.

    Aku paling suka nih konsep RTH ala pedesaan.
    Membagkitkan kenangan indah masa kecil di Kampung halaman, Pematangsiantar Sumatera Utara di tahun 80-an.

    Aku juga baca, kalau turun di Soeta, ada bis khusus yang langsung menuju ke sini.
    Catat!

    ReplyDelete
  19. Semenjak pandemi aku juga belum pergi liburan ke mana-mana. Fix, satu tahun aku gak jalan-jalan. Semoga pandemi segera berakhir, kita semua bisa bebas merasakan udara sejuk.

    Sehat-sehat ya, Mbak dan keluarga. Setelah melakukan isoman memang perlu banget refreshing. Apalagi anak-anak, pasti udah bosen banget dan jenuh pas jalani isoman.

    ReplyDelete
  20. Anakku paling suka manjat-manjat begini..
    Beberapa kali ke PVJ hanya minta mampir ke panjatan Eiger ((eh, lagi viral, hehehe))
    Asik banget bermain di Scientia park Serpong. Ngebayangin angin sepoi-sepoi sambil ngliatin anak-anak eskplorasi bermain di lapangan seluas itu...

    ReplyDelete
  21. Nyaman banget bisa berlibur atau jalan kemari ya mbak, apalagi ada kuda poni seperti ini pasti anak saya kegirangan. Waduh tempat ngaso nya juga oke dan nyaman bawa anak-anak.

    ReplyDelete
  22. hepi banget ya Kak.
    Kangen keluar rumah jalan-jalan rileks gitu. Semoga kesampaian kapan-kapan amin.

    ReplyDelete
  23. boleh nih main kesini juga ah kalo pas liburan ke BSD.. Tempatnya asik ya...anak-anak bisa lihat binatang juga...Sehat selalu bersama keluarga ya mak..

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sudah sehat semua keluarga ya, Mbak Astin..semoga seterusnya
    Asyik bener ternyata Scientia Park ini.
    Aku pernah sekali aja, dua tahun lalu, terus pas sampai pintu loket hujan deres..jadi sama petugas disarankan nanti kalau reda aja, karena percuma kegiatannya outdoor..Ya sudah makan di food court yang ada di sana, sampai 2 jam hujan juga ga berhenti akhirnya pulang kwkwk
    Mau ah ngajaka anak-anak ke sini lagi...masih penasaran

    ReplyDelete
  25. Aku dulu ke Scientia Park Serpong waktu baru buka jadi belum selengkap ini, seru juga ya bisa main-main di sini sama keluarga

    ReplyDelete
  26. Scientia park Serpong tempatnya bagus banget ya kak...bersh lagi.seruuu apalagi bawa anak2.rasanya kami sendiri belum pernah piknik selama pandemi ini hiihi.ternyata udah lama juga ya..

    semoga pandemi cepat berlalu dan kita tetap sehat ya

    ReplyDelete
  27. Sumpah mupeng bacanya mbak tempatnya bagus banget. Jadi pengen juga ke Scientia Park. Aku kebetulan suka banget sama Alpaca, gemesin banget huhu. Senengnya bisa lepas jenuh sambil berjemur di sana.

    ReplyDelete
  28. wah aku belum pernah nih ke scientia park ini, kece banget tempatnya ya mak.. ada minizoonya juga yaaa, anak anak pasti suka kesini niiih

    ReplyDelete
  29. Bagus banget mba tempatnya. Disini gak ada tempat sekeceh ini buat rekreasi keluarga. Heu. Herannya disini tempat open space spt ini ditutup semua mba. Kami gak ada tempat buat rileksasi selain halaman rumah. Padahal tempat spt ini begitu sepi dan sangat bisa menerapkan social distancing. Sementara dilain tempat kondangan dsb pada rame. Smg minimal pariwisata disini bs berkaca ke tempat ini ya.

    ReplyDelete
  30. Tempatnya bagus ya mbak. Syukurlah mereka juga aware dengan menambahkan kebijakan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan :)

    ReplyDelete
  31. Bagus mbak tempatnya. Dan tempat semacam ini memang menjadi pilihan piknik saat ini ya. Udara segar, ruang terbuka, lebih bisa jaga jarak juga antar pengunjung. Jadi lebih aman. .

    ReplyDelete
  32. Senang lihatnya karena Mbak dan keluarga sehat-sehat
    Bersama keluarga itu kebahagiaan yang tak terbayarkan
    Apalagi bisa menikmati destinasi dengan bahagia

    ReplyDelete
  33. Aku blm pernah ke sana. Tapi sering banget liat dan baca reviewnya. Suka banget sama konsep mereka. Apalagi di masa pandemi gini kan better bawa anak-anak berkegiatan outdoor supaya sirlulasi udaranya gak terganggu ya.

    ReplyDelete
  34. Tempatnya menyenangkan banget Mbaa. .. Buat anak2 berjemur olahraga fisik dan liat2 hewan bakal bikin happy anak2 juga krn ada aktivitas yg bisa dilakuin di sana

    ReplyDelete
  35. Pengen ngajakin anak2 ke sini jugaa tp masih wacana mulu hehe makasih share nya mbaa.. sehat2 selalu bersama keluargaa

    ReplyDelete
  36. Scientia park ini bikin penasaran deh soalnya aku emg prefer tempat wisata bertema alam selama pandemi ini. Harga tiket masuknya jg murah. Ah patut dicoba!

    ReplyDelete
  37. MasyaAllah tempatnya indah ya Mbak..
    anak-anak pun terlihat menikmati banget jalan-jalan di Scientia Park ini.
    Moga sehat-sehat selalu ya Mbak sekeluarga. :)

    ReplyDelete
  38. tempatny asik dan edukatif ya MBa, tapi tetap aja kuatir kalo kondisi kayak gini, jadi belum bisa kemana-mana, asik di rumah aja

    ReplyDelete
  39. Ku pernah dengar soal Scientia Park tapi kupikir Taman umum biasa ternyata model tempat wisata gitu yah Mbak. Lihat view dan ceritanya kebayang serunya. Anak-anak kecil pasti suka. Apalagi ada binatang2an.

    ReplyDelete
  40. disana seru banget, aku tiap minggu pagi kesana, karena dekat rumah manfaatin tiket masuk yang cuma Rp10ribu hihi, kalo siang kan lumayan ya mba.

    ReplyDelete
  41. Pergi jalan-jalan di kala pandemi sebagai bentuk hadiah ya mom. Setuju sih. Apalagi untuk anak-anak, penting banget ada reward seperti ini. Anak-anak yang jiwanya penasaran dan harus mendekam di rumah pasti sangat bored.

    ReplyDelete
  42. wiiih pernah sempet mau kesana sebelum pandemi tp udh keburu pandemi, hihi.. tp kayanya sepi juga ya, ,enak bgt berasa milik pribadi :)

    ReplyDelete
  43. mau jg kesini dulu sebelum pandemi, eh udh keburu pandemi huhu.. tp kayanya sepi jg ya, jd seruuu berasa milik pribadi hehe

    ReplyDelete
  44. tempatnya menarik banget buat dikunjungi, tapi jauh banget dari sini huhuhu. Kayaknya oke banget nih kalo cuma buat sekedar jalan-jalan dan bosen sama pemandangan yang itu-itu aja

    ReplyDelete
  45. Pemandangannya cakep mba, kangen jalan-jalan nih, tapi di sini masih belum aman dan di rumah ada orangtua. Semoga pandemi ini lekas berlalu, aku kangen normal se-normal normalnya

    ReplyDelete
  46. Aku paling suka bawa anak piknik outdoor yang membutuhkan gerak mereka aktif kayak gini. Ada pengenalan alamnya, tapi sejak pandemi gak pernah piknik huhuhu. Kalau ini lokasi aman total buat anak anal dari paparan covid 19 ya mba?

    ReplyDelete
  47. Kupernah pergi kesni, yg aku tau sih disni mmg sangat rindang byk pepohonan...jaraknya peer bgt..namun pas tiba dsna...lelah terbayarkan...bisa ngkrong hemat

    ReplyDelete
  48. Di masa pandemi gini emg paling aman kl mau jalan2 ya di outdoor atau udara terbuka ya mbak.. Selain refreshing jg bisa sekalian menghirup udara luar dan berjemur juga..

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^