Sunday 24 March 2019

Aktifitas Seru Bersama Anak-Anak untuk Mengisi Libur Nasional Isra Mi'raj

[Jalan-Jalan] : Libur Nasional Isra Mi'raj

Haaai hallo apa kabar teman-teman semua? bagaimana nih kabarnya? pasti seneng dong, hari-hari ini anak sekolah bakalan banyak liburnya ya. Ibu dari anak-anak kelas 1-5 SD pasti mengerti nih, minggu depan saja, anak-anak libur karena kakak kelas 6 sedang ujian. Jadi, anak-anak kelas 1-5 diliburkan. Entah kenapa kok kepala saya langsung bekerja keras. Berputar ke sana kemari, mencari-cari aktifitas seru untuk anak-anak supaya mendapatkan waktu libur yang berkualitas.

Aktifitas bersma anak mengisi libur nasional isra mi'raj astin astanti

Sepulang bermain tadi malam, anak sulung saya yang masih berusia 9 tahun langsung mendatangi dinding yang ada kalendernya. Anaknya mulai ribut untuk melaporkan bahwa Hari Rabu tanggal 3 April 2019, angkanya berwarna merah. Itu artinya libur dong, mi. Kata anak sulung saya, asyik banget loh, sekarang banyak liburnya. Saya yang sejak tadi memperhatikan dari jauh, mulai tertarik melihat ke arah kalender. Eh iya, saya baru sadar juga nich, tanggal 3 April 2019 libur nasional memperingati Isra Mi'raj.

Di Indonesia, Isra Mi'raj ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak 65 tahun yang lalu. Pada kalender Islam, Isra Mi'raj jatuh pada tanggal 27 Rajab. Pengertian Isra Mi'raj Menurut Wikipedia Indonesia adalah bagian dari kedua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam satu malam saja. Peristiwa Isra Mi'raj penting bagi umat Islam karena ada perintah untuk melaksanakan sholat lima waktu sehari semalam.

Kembali lagi ke libur isra miraj 2019 yang berada di tengah minggu. Kepala saya terasa berputar sangat keras. Apalagi, anak bungsu saya keluar dari kamar, menyodorkan gawainya, dan berkata kepada saya, "Mi, nanti ke sini ya, Mi". "Iya ya, mi, kita liburan ke sini ya, janji ya". Duh, kok saya diberondong janji ya? liburan apakah semudah itu untuk mendatangi tempat wisata yang dilihatnya di channel YouTube. Anak milineal ini semakin hari bisa membuat konten sendiri nich, permintaan jalan-jalan yang tidak segera di realisasi.

Namanya orang tua, kasihan juga melihat anak-anak membutuhkan liburan namun tidak diberikan. Mumpung masih ada beberapa hari menuju tanggal 3 April 2019. Masih ada waktu untuk mencari aktifitas seru atau mengajukan proposal kepada kepada keluarga nih. Semoga untuk libur nasional Isra Mi'raj, suami mengosongkan waktunya untuk liburan bersama keluarga nih, aamiin.

Beberapa rencana aktifitas seru bersama anak-anak untuk mengisi libur nasional Isra Mi'raj, yang saya rencananya sebagai berikut nih :

1| Berolah Raga Bersama di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktunya memberikan semangat baru untuk anak-anak. Para orang tua yang membangunkan anak, rata-rata memiliki seninya sendiri-sendiri. Kebetulan, kedua anak saya cocok sekali dengan seni yang saya gunakan untuk membangunkan mereka. Cara ini saya dapatkan juga dari bapak saya.

Bangun pagi mulai dari sholat subuh. Mengisi rohani mereka dengan cerita tentang Isra Mi'raj menjadi materi yang ingin saya sampaikan. Mengajak mereka untuk berolah raga di lapangan sebelah rumah. Olah raga ringan, seperti membawa mereka bersepeda atau sekedar berjalan-jalan dengan menghirup udara pagi yang segar.

Aktifitas bersma anak mengisi libur nasional isra mi'raj astin astanti
Mengembangkan minta olah raga anak

Tidak perlu berlama-lama. Setelah berolah raga mencari udara segar dan keringat. Saatnya saya menyiapkan sarapan bergizi seimbang untuk anak-anak. Sarapan yang praktis dan yang anak-anak sukai. Biasanya kan, para ibu saat liburan malah sibuk memasak yang berat. Kalau saya, karena sepanjang hari berada di rumah. Hari libur ingin juga dong libur memasak yang berat.

2| Membuat DIY Hiasan Isra Mi'raj

Mengenalkan anak-anak tentang peristiwa Isra Mi'raj menjadi salah satu rencana mengisi libur. Hal ini berkenaan dengan laporan dari wali kelas anak sulung nih. Beliau mengatakan, anak-anak sekarang sangat kurang sekali fokusnya. Mereka mudah lupa dan kurang berkreatifitas. Apalagi, anak-anak laki-laki yang jiwa seninya kurang menonjol.

Aktifitas bersma anak mengisi libur nasional isra mi'raj astin astanti
Salah satu DIY yang pernah saya buat bersama anak sulung

Kebetulan sekali kan, saya akan mengajak anak sulung saya membuat DIY hiasan Isra Mi'raj. Saya sudah mencari beberapa gambar yang berhubungan dengan peristiwa Isra Mi'raj. Bahan yang perlukan akan saya siapkan, sehari sebelumnya. Bahannya yang sederhana saja, karena saya juga mencari contoh yang paling sederhana dan dapat dikerjakan tanpa memakan waktu.

Semoga dengan membuat DIY Isra Mi'raj, makna dari peristiwa tersebut dapat diresapi dan diamalkan oleh anak-anak, aamiin.

3| Wisata Masjid di Kota Jakarta dan Sekitarnya.

Rencana ketiga ini menunggu persetujuan bapak kepala rumah tangga. Saya dan anak-anak akan terus berdoa, semoga pekerjaan beliau, dapat selesai sebelum libur nasional Isra Mi'raj. Jadi, menjelang tengah hari, setelah anak-anak berolah raga dan membuat DIY, siap keluar rumah.

Wisata masjid menjadi tempat tujuan untuk liburan. Alasannya untuk ikut memperingati Isra Mi'raj dan lagi-lagi mengenalkan kepada anak-anak, makna dari peristiwa Ira Mi'raj tersebut. Ada beberapa pilihan masjid yang bakal saya ajukan proposalnya kepada bapak kepala keluarga.

Lokasi masjid yang tidak perlu jauh-jauh dari tepat tinggal menjadi pilihan. Alasannya karena anak-anak harus berangkat ke sekolah esok harinya. Jadi, tidak perlu mencari lokasi masjid yang begitu jauh. Apalagi, setelah pulang dari masjid, anak-anak pasti minta mampir ke lokasi lainnya.

Estimasi yang saya buat, pulang ke rumah pasti malam hari. Jadi, saya akan memilih lokasi Masjid di sekitar Tangerang saja. Masjid Al Adzom menjadi pilihan saya, mengajak anak-anak berwisata masjid. Al Adzom merupakan masjid terbesar di Kota Tangerang. Beberapa kali ke Masjid Al Adzom, pada malam hari.

Saya akan membuat itinerary waktu di Masjid Al Adzom mulai sholat Dzuhur sampai selesai sholat Ashar. Setelah itu, saya memberikan kesempatan kepada anak-anak memilih lokasi yang ingin dituju. Kalau saya memperkirakan, anak-anak pasti akan meminta pergi ke mall. Kalau saya sich, sebetulnya ingin mengajak mereka menikmati matahari terbenam di Taman Gajah. Taman Gajah ini selalu ramai dipadati pengunjung menjelang matahari terbenam. Lokasinya yang strategis dari arah Kota Tangerang dan terletak di belakang pusat perbelanjaan.

Di tempat inilah, duduk-duduk sembari menanti matahari terbenam di Taman Gajah Tunggal

Sekarang saatnya bersih-bersih rumah, menyelesaikan pekerjaan yang sebaiknya diselesaikan di awal. Supaya, saat datangnya libur nasional Isra Mi'raj yang kurang beberapa hari, semuanya sudah beres. Kalau teman-teman, sudah merencanakan libur yang tengah minggu ke mana nih?. Semoga anak-anak selalu sehat dan rencana liburannya sukses, aamiin.

36 comments:

1. Aku belum ada rencana nih buat libur besok mau ngapain... hahaha. Tapi kegiatan-kegiatan yang ditulis di sini seru juga yaa. Pengen nyobain wisata masjid di Jakarta :D

ReplyDelete
  2. Semog aproposal di setujui, Mbak. Pasti asyik kalau bisa libur Isra' Miraj bareng keluarga

3. Faiz dan Fira pasti bahagia sekali di sini. Semoga terealisasi!

4. Kayaknya wisata masjid seru jugaaa nih Astin.. aku belum ajak anak-anakku liat aneka masjid di jakarta

ReplyDelete
  5. Keren banget itu kreasi jamnya. Boleh banget ini aku coba praktikkan ke keponakan nanti :) apalagi pas Ramadan, itung-itung mengisi waktu luang.

6. Libur sehari itu kalau diisi dengan kegiatan positif dan kreatif, jadi asyik ya
    Saatnya berkreasi bareng keluarga tercinta

ReplyDelete
  7. Uhuuii...siap-siap liburan Isra' Mi'raj, nih. Btw, itu jam dindingnya baguus.

8. Siap-siap liburan ini mah mba, aplagi libur isra and Mir'aj tinggal menghitung hari.
    Siapkan camp terbaik.. Heheh

ReplyDelete
  9. Waah 3 april tanggal merah ya, tapi cuma sehari jadi emang mending ke tempat yang deket2 aja yaah.

10. Liburan blm lm ini bunfa ini dengan menani anak cucu berenang. Di sana ada resto dengan menu yg oke jd abis renang makan2 bareng.

11. Asyik banget kalau liburan bisa bareng anak-anak, menemani mereka bermain.
    saya biasanya makai liburan buat menulis, tapi ke sini2 jadi merasa bersalah, jadi biasanya selalu menyusun rencana seperti apa menghabiskan liburan di rumah :)

12. Wah diy nya keren mba. Izin meniru ya mba untuk anakku nanti ��

13. Libur isra'mi'raj kemarin aku nggk kmn2 jg mbk. Cuma pas pagi harinya aku sm klarga aku pergi ke taman yg gk jauh dr rumah. Sekedar jalan2, duduk duduk menikmati pemandangan taman. Btw itu bahan buat bikin jamnya apa mbk? Jarum jamnya bisa muter2 kn mbk?

14. Anak-anak diajak jalan sore atau jalan pagi sudah bahagia banget. Apalagi pulangnya nyari cemilan hahaha senjata liburan irit

ReplyDelete
  15. Kalau saya kayaknya beraktivitas di rumah aja. Gak berani bepergian apalagi yang jauh. Keke sedang menghadapi UNBK. Jadi harus dijaga juga jangan sampai kecapean

16. Sesekali anak butuh refreshing ya mbak, agar mereka tidak jenuh dan mengenal dunia luar. Saya pun merasakan anak laki2 saya juga kurang konsentrasi dalam hal pelajaran. Bahkan kreatifitasnya juga kurang. Penting banget mengajak serta anak untuk membuat DIY agar kreatifitas mereka tumbuh. Dan liburan adalah momen yang tepat untuk menyenangkan hati anak2....

17. Anakku pas libur biasanya suka banget berkreasi bikin DIY, mba. Suka soalnya. Kadang ya belajar bersama :)

ReplyDelete
  18. Ini di Surabaya kok anak-anak pada libur panjang ya. Udah semingguan kayaknya saya lihat anak anak pada mainan depan rumah, pas saya tanya kok gak sekolah, "libur" katanya. Masih dalam rangka isra mi'raj kah?

19. Serunyaaaa! Aku kenapa ya kok ga semangat blass bikin kegiatan liburan sama anak2. Tapi abis baca postingan-mu ini mbak, aku jadi kepikiran Kan minggu depan ada libur tuh ya semingguan kira2. Kayaknya aku harus bikin kegiatan deh biar anak2ku ga main gadget aja terus2an. :))

20. Bundanya kreatif deh! Memang ya, sebagai orang tua kita harus banyak akal untuk mengajak anak mempertajam pengalamannya. Dengan membuat prakarya, mengajak bermain ke alam bebas, tentunya bisa mengajak anak bermain sambil belajar

ReplyDelete
  21. Seru banget ya mbak bisa mengisi hari libur isra mikraj bareng anak-anak walau cuma di rumah saja atau jalan-jalan ke taman atau seperti yang mbak sebutkan di atas wisata mesjid.

22. menginspirasi sekali mbak. aku malah belum ada bayangan aktivitas kalau liburan huhu. mungkin perlu survey area main atau taman kota di sekitar tempat tinggalku ya. Buat rencana main yang outdoor pasti selalu menjad aktivitas yang menyenangkan.

23. Kami liburan isra miraj kemarin dirumah aja mba, karena anakku sakit hiks.. seneng deh liat mbakknya semangat banget untuk mengisi liburan isra miraj kemarin bersama anak, jadi termotivasi akunya.. ditunggu cerita cerita menginspirasi lainnya ya mbak

ReplyDelete
  24. Abis liburan Isra' Mi'raj, habis ini ada liburan lagi.
    Yeeay~
    Liburan Pemilu.

Semoga banyak merchant yang menawarkan diskon apabila kita sudah nyoblos.

ReplyDelete
  25. Wuih, seru nih aktivitas-aktivitasnya. Gak pergi jauh pun tetep nyenengin buat anak-anak ya Bun. Tapi kalo pun pergi, pasti asyik juga. Banyak tempat wisata yang kasih promo khusus. :)

26. Haha aku jg suka ddnger ibu2 mumet saat anak libur. Untung ibunya krratif ya jd ada aja kegiatan yang dilakukan, baik di rumah aja bikin DIY maupun main ke taman dekat rmh.

27. #kreatif

Aduh maaf keyboard hapeku suka jalan sendiri :(

28. Aktivitasnya seru-seru banget Mba
    menarik ya aku jadi pengen ikutan liburan heheheh
    Apalagi banyak promonya

ReplyDelete
  29. Wahh waktu eksplore Tangerang aku ga sempat kesini euyy, tau gitu kesininya banyak spot yang lucu buat foto-foto. Tapi waktu kesana smepat ke Mesjid Al Adzom sih ,, terpana banget kiatnya.

30. Mengisi liburan tak perlu pakai biaya mahal ya, Mbak, kadang melakukan kegiatan bersama di rumah, seperti bikin DIY gitu, udah seru banget. Atau jalan-jalan ke tempat-tempat seru yang dekat-dekat aja. Intinya sih kebersamaan bareng keluarga ya

31. Waahh senangnya Faiz dan Fira bermain gembira di liburan Isra' Mi'raj yaaa... Abi dan uminya juga hepi mendampingi saat liburan ini nih.

ReplyDelete
  32. aku belum pernah nih aja main ke sini.. asyik juga ya kalau ada kegiatan yang oke bangeeet selama anak-anak kita libur sekolah yaaa Astin

33. Wah, mantap mbak acaranya. Klo aq paling cuma jalan2 sama makan dimana gitu. Boleh juga nih, jalan2nya ke Masjid Agung Jateng

34. Senengnyaaa hari libur jd quality time buat keluarga ya Mba. . Ditambah lg hal kreatif buat jam dinding, anak2 jd makin hepi :)

ReplyDelete
  35. MasyaAllah mbak, seneng banget ya merayakan isra mi'raj bersama anak anak. udah lama saya belum jalan-jalan lagi ke masjid dengan anak-anak, dulu waktu di malaysia, saya selalu menyempatkan diri dengan anak-anak ke masjid, shalat di sana dan mencari kuliner di dekat masjid. karena setiap hari jumat malam ada pasar malam dekat masjid.

36. ternyata kreativitas itu nggak melulu yang ribet ya mba. bikin yang sederhana gini jadi menarik dna asik juga. aku nggak pernah terpeikirkan sebelumnya lho. jadi tertantang untuk jadi ibu kreatif sepertimu deh mba

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak

Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^