Wednesday, 1 May 2019

Mengajak Anak-Anak Menonton Film di XXI The Breeze Mall BSD


[Parenting] : Tips Mengajak Anak Menonton di Bioskop

Hai hallo apa kabar ibu-ibu, mama-mama, bunda-bunda dan semuanya nich yang akan mengajak anak-anaknya nonton film di bioskop. Ini adalah cerita saya yang kedua, mengajak anak-anak nonton film di bioskop.

Mengajak Anak-Anak Menonton Film di XXI The Breeze Mall BSD


Saya dan suami sepakat sejak awal, tidak akan meninggalkan anak-anak untuk hal yang tidak begitu urgent. Di rumah kamipun tidak ada pengasuh atau asisten rumah tangga yang dapat didelegasikan menjaga anak.

Banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana quality time berdua pasangan? jawabnya ada saatnya nanti. Saya dan suami tidak ingin terlalu egois, menitipkan anak-anak "pun" kepada orang tua kami, hanya untuk menonton bioskop.


Mengapa Jarang Mengajak Anak Menonton Film di Bioskop?


Jadi, saya dan suami akan menunggu moment yang tepat untuk mengajak anak-anak menonton film yang bakal dipahami dan dimengerti oleh si anak. Hal tersebut juga sangat kondisional sekali, mengingat abinya anak-anak bekerja tidak mengenal hari libur. Saat ada film bagus, tapi kami tidak dapat pergi bersama, skip dulu. Hehehhee, Alhamdulillah anak-anak "belum" protes.

Liburan akhir tahun 2018 kemarin, Alhamdulillah kami mempunyai waktu untuk jalanyuknak. Late post sekali ya, tapi diceritain sajalah di sini, karena teman-teman sedang ramai nich mengajak anak-anak menonton film yang sedang viral di bioskop.

Hari itu, kami melaju ke daerah BSD, tempat ini memang tidak pernah bosan untuk dikunjungi dan diexplore. The Breeze menjadi salah satu lokasi yang kami tuju, karena belum pernah ke sana. The Breeze ini merupakan sebuah tempat yang memadukan antara Gaya hidup, supermarker, restoran dan tempat hang out.

Menonton Film di XXI The Breeze City BSD


Setelah puas berkeliling menikmati The Breeze Mall, jadwal selanjutnya adalah menonton di XXI. Film yang saat itu diputar ada beberapa. Pilihan film yang cocok untuk anak-anak adalah Bumble Bee. Ada film Aquaman, tapi setelah dipertimbangkan, lebih baik film Bumble Bee saja, sembari berdoa tidak ada sesuatu yang mengkhawatirkan.

Mengingat dua tahun lalu, saat Fira pertama kali diajak masuk ke bioskop di usianya yang belum genap dua tahun, saya agak deg degan. Saat itu, kami sedang menghadiri undangan launching film BoboiBoy di CGV Senayan City.


Namanya masih balita yang masih asyik mencari kesenangan sendiri. Fira balita terus saja meminta untuk naik dan turun tangga. Meskipun sejak kecil sudah akrab dengan lagu-lagu BoboiBoy, tapi duduk di kursi hanya hitungan menit saja. Selebihnya, Fira harus saya gendong sembari berdiri, supaya tidak lari-larian.

Mengajak Anak-Anak Menonton Film di XXI The Breeze Mall BSD
Fira pertama kali masuk ke bioskop



Berbeda kali ini, sewaktu memasuki XXI di The Breeze Mall. Fira nampak lebih dewasa dan tenang. Saat duduk di dalam bioskop, kebetulan film belum dimulai. Jadi, masih banyak iklan dan beberapa himbauan yang ditayangkan di layar besar tersebut. Saat saya mengeluarkan handphone untuk melihat pesan masuk, Fira langsung melarang saya, karena tidak boleh menggunakan handphone di dalam bioskop. Olrait, anak saya ternyata memperhatikan dengan benar himbauan tadi. 

Saat film diputarpun, Fira tenang dan memperhatikan jalan cerita Bumble Bee. Kakaknya malah yang terlihat tidak tenang, katanya sich kedinginan dan kehausan. Beberapa kali saya memperhatikan Fira, takut anaknya bosan, atau ingin ke toilet. Alhamdulillah, selama menonton film Bumble Bee, anak-anak sangat baik dan tidak ada yang mengatakan bosan.

Tips Mengajak Anak Menonton Film di Bioskop


Meskipun tidak sering mengajak anak-anak ke bioskop, namun saya ingin membuat catatan, supaya anak-anak nyaman menonton film di bioskop.

Mengajak Anak-Anak Menonton Film di XXI The Breeze Mall BSD


1. Ajak Anak Menonton Film yang Disukai


Sebelum mengajak anak-anak menonton film di bioskop, ajaklah anak-anak untuk berdiskusi. Ada banyak sekali film yang diputar di bioskop. Anak-anak bebas untuk memilih film apa saja yang mereka ingin tonton. Namun, tugas orang tualah yang memberikan keputusan dengan disertai alasan.

Beberapa waktu yang lalu, Faiz berkali-kali mengatakan ingin menonton film bergenre horor. Sebagai orang tua saya memberikan saran dan nasehat serta pertimbangan. Anak usia 8 tahun, belumlah saya ijinkan menonton film horor, apalagi di bioskop. Saya saja tidak tertarik kok, karena memang saya penakut, hihihii.

2. Mengisi Perut Sebelum Menonton Film di Bioskop


Dua anak saya ini, memiliki perbedaan pada nafsu makan. Anak pertama makannya banyak, anak kedua malas sekali makan. Mungkin karena anak kedua cewe dan sukanya ngemil, untuk makan pokok sangat memberikan tantangan.

Alhamdulillahnya, saat diberikan penjelasan bahwa nanti akan nonton film Bumble Bee di bioskop, anaknya mau makan, meski sedikit. Saya agak khawatir sebetulnya, jadi saya terus berikan cemilan-cemilan supaya perutnya terisi dan saat menonton film di bioskop, anaknya tidak kelaparan.

3. Mengajak Anak ke Toilet Sebelum Menonton Film di Bioskop


Kebetulan sekali jadwal pemutaran filmnya setelah masuk waktu sholat ashar. Saya mengajak anak-anak untuk masuk toilet terlebih dahulu, kemudian sholat ashar. Saya tanyakan kepada Fira, ingin  peep atau pup, harus beres sebelum masuk ke dalam bioskop daripada repot bolak balik.

Anak-anak mungkin terlewat senang, jadi tidak terlalu memperhatikan hasrat seperti itu. Apalagi, film Bumble Bee adalah film yang sering ditonton untuk film lamanya di You Tube. Faiz juga beberapa kali mengkoleksi action figure dan membeli robot Bumble Bee.

4. Membelikan Anak-Anak Pop Corn untuk Camilan saat Menonton Film di Bioskop


Sudah umum peraturan tidak boleh membawa makanan dan minuman saat berada di bioskop. Tidak ada salahnya juga membelikan minuman dan makanan yang tersedia di bioskop. Memang harganya lebih mahal dibandingkan membeli makanan dan minuman di luar, tapi itu bisa disubstitusikan?.

Masing-masing anak saya belikan minuman dan makanan, supaya tidak berebut di dalam. Suami  malah menyarankan untuk membelikan lagi, daripada saat berada di dalam, makanan dan minuman tersebut habis. Sebagai ibu yang ingin mengajarkan anak-anak kecukupan, saya menolak dengan halus. Alhamdulillah pop corn tersisa sampai kami keluar bioskop.

5. Memberikan Kenyamanan kepada Anak-Anak Saat Menonton Film di Bioskop


Saat Fira pertama kali menonton film di usia balita, saya sedikit khawatir bakal tidak nyaman. Memang benar, apalagi anaknya ingin leluasa bergerak. Saat
nonton film Bumble Bee kemarin, saya melihat ada ibu yang menggendong bayinya yang menangis. Saya taksir bayinya belum genap satu tahun.

Saya memilih tidak menonton film yang ditunggu-tunggu lama, dibandingkan membawa bayi ke bioskop. Saat Fira balitapun saya sebetulnya agak khawatir, tapi Alhamdulillah everytihing is okay, Fira tidak merengek dan tidak menangis tantrum. 

Kenyaman lainnya mungkin bisa memberikan anak-anak selimut atau jaket, karena di dalam biokop suhunya kadang sangat dingin. Faiz termasuk anak yang tidak tahan dingin tapi saat menyeting suhu AC di kamar bisa 17 derajat, malamnya baru dech mengambil selimut. 

Nah, jadi panjang sekali late post cerita mengajak anak-anak menonton film Bumble Bee di XXI The Breeze BSD City. Soal tempat, tempatnya sangat nyaman sekali. Ada banyak toilet, mushola juga ada beberapa dan yang penting perut tidak bakan kosong, karena The Brezee Mall ini banyak banget pilihan makanannya. 

Mengajak Anak-Anak Menonton Film di XXI The Breeze Mall BSD
Istirahat setelah menonton film di Jco


Gimana? apakah sekarang anak-anak akan diajak menonton film lagi di bioskop? saya belum kepikiran, soalnya suami sedang ngebut mengerjakan proyek menjelang lebaran tiba. Semoga saat kami bisa jalanyuknak bersama lagi, akan ada film yang oke untuk ditonton kami berempat.

28 comments:

  1. Wah seru banget tuh nonton film Bumble Bee di biskop dengan keluarga. Untung ya Mbak anaknya nggak nangis

    ReplyDelete
  2. Kalau dulu pernah mengajak di kecil, iya gitu dia mau nangis. Akhirnya keluar dulu baru masuk lagi :D

    ReplyDelete
  3. Wah bener banget nih Bun tipsnya. Bisa dicoba nih kalau mau membawa anak kecil saat mau nonton bioskop

    ReplyDelete
  4. Membelikan anak cemilan ini memang sangat penting Mbak, karena terkadang anak kecil itu kalau di kasih makanan bisa diam

    ReplyDelete
  5. Kalau saya sendiri sih mending tidak mengajak anak kecil nonton kali yah hehe. Nonton di rumah aja dulu :D

    ReplyDelete
  6. Duh nggak ingat kapan pertama ngajak anak nonton bioskop. Yang jelas film anak2lah jadinya yg banyak yg berisik sesama anak2, nggak apa2 malah seru. Anakku sebenarnya anteng semua & mudah diatur. Tapi udah komitmen hiburan apapun, termasuk bioskop, harus sesuai usia.

    ReplyDelete
  7. Memang harus ekstra persiapan ya ngajak anak ke bioskop. Harus disounding dari jauh hari harus gini harus gitu... Kalau yang pertama terlewati dengan baik, selanjutnya akan lebih mudah yaa...tfs...

    ReplyDelete
  8. Aku pernah nonton di XXI THE BREZEE ini deket banget dari rumah mom

    ReplyDelete
  9. wah asik bangettt. saya biasanya suami dan anak-anak aja ke bioskopnya karena say gabisa nonton ada baby, itu pun akhir2 ini aja. biasanya ga pernah, nonton di rumah aja

    ReplyDelete
  10. Wajib banget bawa anak ke bioskop dengan beliin popcorn atau makanan dan minumann biar dia happy mba :)

    ReplyDelete
  11. Wah seru yaaa, saya belim berani nih mbak, saking aktifnya anak masih takut dia nggak bisa tenang didalam bioskop ��

    ReplyDelete
  12. Nggak hanya anak-anak sih, sebelum nonton film di bioskop itu wajib isi perut dulu. Pernah gak sempet makan, selama di dalam studio aku kedinginan dan nahan lapar, hahahaa

    ReplyDelete
  13. Aku blm pernah mb ajak anak2 ke bioskop..masih banyak ketakutan2, takut mereka nggak berani masuk karena gelap, takut mereka rewel, dsb...

    Makasih tipsnya. Ini yang kecil kmrn ngajak nonton upin ipin the movie

    ReplyDelete
  14. Aq mau nambahin tips ntn bioskop kalau ngajak balita yg blom lancar baca, mending ajakin ntn film berbahasa indonesia aja. Hehehe.Pengalaman ngajak anakku yg blom lancar baca ntn film berbahasa inggris, ternyata sepanjang film aku harus nerangin satu2 ttg filmnya. Karena subtitlenya kan cepet dan dia masih mengeja. Kesian jd bingung dia ngikutin jalan ceritanya.

    ReplyDelete
  15. Anak-anakku juga sering diajak nonton bioskop dan selalu excited dengan film pilihan mereka, mamak ni yang harus mengalah ngga bisa nonton film incarannya hihi

    ReplyDelete
  16. Membawa ke toilet dulu itu penting bgt ya daripada acara nonton jadi kepotong.

    ReplyDelete
  17. Setuju tipsnya...dan tambah satu periksa ratingnya
    Kalau SU Semua Umur/General atau PG Parental Guidances bolehlah diajak. Tapi kalau PG-13 lebih baik pertimbangkan kalau anak masih kecil
    Kayak aku, anak yang gede 14 tahun adiknya 10 tahun, jadi kadang si kakak nonton sama Bapaknya saja..kalau filmnya belum sesuai rating usianya:)
    Kecuali aman untuk semua usia baru nonton sekeluarga

    ReplyDelete
  18. Mupeng deh mb.. Aku sejak nikah gak pernah main kebioskop lg. Haha. Dulu alasannya krn anak masih kecil susah. Eh, pas anak udah gede ada2 aja alasan suami. Pas udah lahir anak kedua semakin mustahil kayaknya ngajak anak kebioskop. Hihi.. *jadi curcol

    ReplyDelete
  19. Aku pernah bawa anakku masih balita ke bioskop yang anak kedua nyenyak bobok nya �� tapi kalau anak ketiga gak berani deh soalnya sangat aktif. Baru nonton dia tertarik dengan lampu saat lampu padam

    ReplyDelete
  20. Aku cuma pernah sekali bawa anak2 ke bioskop, waktu itu nonton film anak2, daaaann anak2ku pd bobo masa hahaha :D
    Jd numpang bobo doank,semenjak itu blm pernah ajak mereka ke bioskop lagi wkwkk
    Eh kalau bole nambahin sebaiknya nontonnya jangan siang, tapi sore atau malam abis magrib yg bukan waktu jam bobo haha

    ReplyDelete
  21. Tipsnya aku catet ah, soalnya pulang kampung besok mau ngajakin anak nonton juga.

    ReplyDelete
  22. Aku jaraaang banget ngajak anak nonton bioskop. Lha akunya sendiri hampir ga pernah nonton bioskop :)) Sekalinya nonton diajak suami, liatnya Bohemian Rhapsody. Ya ga mungkin bawa anak :))

    Dulu pernah ajak si sulung nonton bioskop pas film yg princess2 gitu. Trus bawa si adek nonton The Cars. Memang harus diajak nonton yang dia suka biar enggak bosan. Apalagi kalau masih kecil banget ya, mendingan jangan diajak ke bioskop dulu. Kesian juga kena efek sound yang menggelegar.

    ReplyDelete
  23. Pertamakali ngajak Miqdad nonton ke bioskop waktu film Dinosaurus.setiap Tyrex nya bersuara Miqdad juga niruin. Duuuh

    ReplyDelete
  24. Aku sekeluarga termasuk yang tidak terlalu sering ke bioskop bawa anak, rasanya anakku baru 2x nonton itupun Bumblebee dan Incredibles. Nah sepengalamanku nonton tanpa bawa anakku dan lihat beberapa pengunjung bawa anak kadang kasihan. Kasihan adalah anaknya bukan nonton film untuk usia mereka, lalu suka ada yang nangis tapi ibunya nampak cuek saja dan biasanya ini penonton sampai mengeluarkan kata "Sssssstttttttttt...."

    ReplyDelete
  25. Jadi inget pertama kali ajakin anakku nonton di bioskop pas dia usia 2,5 tahun. Itu nonton ironman apa ya hahahaa di tengah film minta pulang. Abis itu kutunggu sampai usianya bener-bener siap. Sekitar usia hampir 6 tahun baru deh ajakin lagi nonton bioskop

    ReplyDelete
  26. Aku belum pernah nonton bioskop lagi ini huhuhuh entah kapan

    2F pasti senangggg yaaa

    ReplyDelete
  27. Memang sebaiknya kalau ngajak anak-anak nonton, biarkan mereka yang memilih filmnya. Kalau filmnya menurut mereka gak menarik, takutnya anak-anak malah rewel ya..

    ReplyDelete
  28. Anak-anakku udah bisa nontin di bioskop bertiga. Jadi emak bapaknya malah yang nunggu di luar bioskop wakakak. Demi menghemat pengeluaran, apalagi filmnya kan film kartun.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...