Tuesday, 6 March 2018

Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good


[Menu Makanan Anak]


Hari ini apa kabar moms, anak-anak menghabiskan makanan yang sudah dimasak oleh moms, kan. Wah senangnya luar biasa ya, melihat anak-anak sukses menghabiskan makanan yang dibuat dengan penuh kasih dan sayang.

Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak


Anak bungsu saya, Fira, saat masuk ke dapur, selalu bertanya, "Masak apa hari ini, ummi?" Ya ampun, ditanya seperti itu saja, rasa bahagiaku mengalir kencang loh, moms. Kebahagian akan bertambah, saat makanan yang dihidangkan, disukai dan dihabiskan oleh anak-anak.

Ya, namanya anak-anak, wajar juga lah ya, pernah berada di fase yang kadang mau menghabiskan makanan, kadang malah membuat moms, bingung gak karuan. Padahal sudah diberi vitamin dan suplemen untuk menambah nafsu makan, kok masih saja menutup mulut saat diberi makanan yang sudah dimasak oleh moms. Saya sering moms, lama-lama saya harus menemukan, apa nich yang kurang, apa nich yang salah, apa nich yang anak-anak suka.


Mengapa Anak-Anak Sering Menolak Menghabiskan Makanan?


Setiap hari, saya selalu mencari tahu, apa yang menyebabkan anak menolak menghabiskan makanannya. Setiap hari juga, saya mencari tahu, apa sich yang membuat anak-anak lahap dan semangat menghabiskan makanannya. Ya, menurut saya, itu adalah tugas moms kan, untuk mengerti apa yang dibutuhkan oleh anak-anaknya.

Dalam pencarian tersebut, saya menemukan salah satu hal yang membuat anak-anak lahap menghabiskan makanannya. Anak-anak ternyata butuh lauk yang bervariasi, baik dari segi jenis lauknya, cara mengolahnya, tampilannya maupun rasanya. Lauk yang biasa saya berikan biasanya lauk dari protein hewani berupa daging ayam, ikan atau daging sapi. Daging-dagingan tersebut, biasa saya olah menjadi masakan yang sederhana saja, seperti ayam goreng, ikan goreng dengan bumbu simple saja

Anak-anak ternyata cepat sekali bosan, moms menyantap lauk yang begitu-begitu saja. Saya tidak ingin, hanya karena masalah lauk, anak-anak tidak mau menghabiskan makanannya. Beruntungnya, sekarang saya menemukan solusi protein hewani yang mudah didapatkan dan cara mengolahnya juga sangat praktis.

Protein Hewani dari Produk-Produk So Good


So Good memahami permasalahan ibu-ibu pada umumnya, seperti permasalahan saya nih, moms. So Good menghadirkan pilihan protein hewani yang diolah dengan bermacam-macam variasi dan rasa. Tujuannya, So Good ingin melihat keluarga Indonesia seperti kita, moms, dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak kita yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Produk So Good Kesukaan Anak-Anak



So Good sangat memperhatikan kebutuhan gizi seimbang dengan membagikan panduan piring gizi seimbang yang dishare di media sosialnya, loh, moms. Saya jadi belajar banyak dari media sosial yang dimiliki So Good. Saya jadi paham, bahwa untuk menyajikan makanan untuk keluarga, harus sesuai dengan panduan #piringgiziseimbang. 

Apakah Piring Gizi Seimbang itu?


Piring gizi seimbang adalah panduan pengganti 4 sehat 5 sempurna yang pada saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kemajuan jaman. Saat ini, dibutuhkan makanan yang mengandung gizi seimbang dan adanya aktifitas fisik yang mendukung.

Berikut ini merupakan gambar dari panduan piring gizi seimbang.



Dalam satu piring makanan, harus ada 35 % karbohidrat yang berupa makanan pokok. Ada 35 % sayuran yang bisa berupa sayuran yang disukai oleh anak-anak. Ada 15% protein yang solusinya bisa menggunakan produk dari So Good dan terakhir adalah 15% buah. Ada satu hal lagi yaitu air minum setelah selesai menghabiskan isi piring gizi seimbang.

Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good


Hari Minggu kemarin, saya mengajak anak-anak berkerasi di dapur untuk membuat menu piring gizi seimbang dalam piring makanannya. Saya meminta mereka membayangkan menu makanan apa yang diinginkan, selain makan nasi seperti biasanya. Saat saya sedang membuka-buka resep, anak pertama langsung menunjuk nasi bakar. Anak saya ini penasaran sekali, bagaimana caranya nasi bisa dibakar.

Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Nasi Bakar Chicken Stick So Good


Okay kalau begitu, nasi bakar isinya sayur yang biasa dikonsumsi dan ditambah irisan chicken stick #SolusiProteinSoGood yang sudah digoreng sebentar.

Saya membutuhkan daun pisang yang dibeli di pasar. Nasi putih yang biasa dikonsumsi. Tumis sayur buncis dan wortel dengan bumbu bawang putih geprek, bawang merah iris dan sedikit garam. Saya juga membutuhkan 5 buah chicken stick nugget ayam original dari So Good. Terakhir ada buah jeruk dan segelas air minum sebagai pelengkap. 

Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Bahan yang diperlukan


Cara membuatnya pun sangat mudah. Nasi putih diletakkan dan diratakan di atas daun pisang. Kemudian tambahkan tumis buncis dan wortel, baru kemudian Chicken Stick #LebihBaikSoSoGood di atas sayuran. Terakhir tutup lagi dengan nasi dan bungkus dengan daun pisang, seperti saat membuat lontong.

Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Gunakan api kecil saat menggoreng  Chicken Stick So Good



Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Nasi, Sayur buncis dan wortel dan irisan Chicken Stick So Good


Langkah selanjutnya, siapkan wajan teflon untuk membakar nasi yang sudah dibungkus daun pisang. Jadi bukan dibakar ya, tapi dipanggang hehhee. Saat aroma daun pisang sudah keluar dan daun pisang berwarna kecoklatan, segera dibalik dan panggang pada sisi yang belum berwarna kecoklatan.


Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Bakar / panggang? 


Hm, bisa dibayangkan kan, moms bagiamana aroma daun pisang, nasi, sayur buncis dan wortel serta irisan chicken stick So Good-nya? uh lalaaaa. Anak-anak langsung gak sabar untuk menyantapnya.

Mengajak Anak-Anak Memahami Menu Gizi Seimbang


Setelah nasi bakar dibakar dengan sempurna. Saya pindahkan ke dalam piring cantik dari So Good. Saya buka daun pisang tersebut dan woooow, isiannya luar biasa beraroma wangi yang sangat menarik nafsu makan anak-anak, loh, moms.

Di dalam piring yang sudah ada karbohidrat berupa nasi, sayur buncis dan wortel, lauk protein hewani, saya tambahkan buah jeruk yang warnanya kuning dan di luar piring saya tambahkan segelas air minum.

Menu Gizi Seimbang untuk Anak-Anak : Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good
Aroma sedap keluar saat daun pisang dibuka


Anak-anak lahap sekali menyantap nasi bakar yang super sedap itu. Setelah makan, saya menjelaskan bahwa di dalam piring yang sudah habis itu, awalnya berisi makanan gizi seimbang. Artinya, pada piring makanan yang akan disantap, harus ada ke-tiga kandungan Karbo, Sayuran, lauk dan buah. Tidak boleh hanya ada lauknya saja, atau sayurannya saja atau malah hanya buah saja.

Sayapun bertanya kepada anak-anak, apa nama menu makanan yang sudah dihabiskan tadi. Anak pertama saya menjawab, Nasi Bakar Spesial Chicken Stick So Good. So Good itu produknya enak-enak dan jadi makin lahap makannya, itu adalah testimoni dari anak-anak saya.

Jadi moms, So Good sudah memberikan solusi protein yang bisa dipilih dalam varian produk So Good. Moms, tinggal memvariasikan dengan makanan yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak di rumah. Tujuannya supaya kebutuhan nutrisi dan gizi anak terpenuhi dalam piring gizi seimbang.

16 comments:

  1. sepertinya mudah membuatnya, mau aku cobain. sepakat banget sama so good, kudu seimbang gizinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah Mbak bikinnya, asal ada nasi, sayuran dan tentunya SO Good

      Delete
  2. aku tadi mikir, waduh nasi panggang, gak punya panggangan nih di rumah. eh... gak taunya pake teflon bisa ya... hehehe

    ReplyDelete
  3. Kreatif nih panggang roti pakai teflon hehe. Anakku juga suka banget makan so good.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, anak anak suka banget sama SO Good

      Delete
  4. Duh, pas banget kemaren pengen makan nasi bakar. Eh, bisa bikin juga pake teflon ternyata. Asyik! Resepnya praktis mak. Simpen dulu nih!^^

    ReplyDelete
  5. Wah sedapnya nasi bakarnya. Aku juga suka beli chicken stick nugget -nya So Good, praktis buat sarapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak So Good ada untuk membantu keriweuhan ibu di pagi hari,

      Delete
  6. Wah kreatif sekali ya Bundanya. Anak-anaknya beruntung sekali punya Bunda yang mau masak dan bergizi lagi ☺️

    ReplyDelete
  7. Enaaak banget astin! Nasi bakar plus nugget kesayangan anak-anaaak

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...