Friday, 6 October 2017

Cara Membuat Camilan Bola-Bola Cokelat untuk Anak-Anak

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira?

Hari ini adalah hari pertama Faiz mengikuti UAS di sekolah. Alhamdulillah tadi malam bisa belajar dengan digangguin adek Fira. Besok pelajarannya Bahasa Arab dan IMLA, agak nyante lah, karena dua mata pelajaran tersebut selalu dipelajari setiap hari di sekolah.

Jadi, ada waktu untuk membuat camilan bola-bola cokelat nich untuk besok. Rencananya, teman-teman Faiz akan ngumpul di rumah setelah pulang sekolah. Camilan bola-bola cokelat ini, sekiranya cocok menemani mereka ngobrol. Bahan dan cara membuatnya juga tidak ribet, hanya rasanya saja yang manisnya enggak ketulungan.



Tadi pagi, ummi sudah membeli bahan-bahan yang digunakan. Sebagian sudah ada di rumah, tinggal membeli yang belum ada saja. Ummi juga tertarik untuk membeli cup untuk meletakan camilan bola-bola cokelat supaya lebih lucu. Rencananya, ummi ingin membuat yang agak besaran, karena waktu pertama membuat camilan bola-bola cokelat, agak kekecilan. Sebetulnya pas langsung masuk mulut dan pas untuk takaran orang tua yang sudah menghindari camilan manis-manis.

Berikut bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat camilan bola-bola cokelat. Anak-anak biarkan saja loh, ikut membantu menyiapkan, pasti mereka senang loh. Faiz dan Fira juga ikut bertanya-tanya, ini semuanya cokelat? heheheee. Iya, setengah bahan adalah cokelat semua.


  1. Biskuit Marrie, 2 bungkus dan dihancurkan sampai halus. Pertama membuat ummi menggunakan Marrie Regal. Nah, karena mau membuat yang agak banyakan, ummi membeli biskuit Marrie Kong Ghuan. Harganya hampir mendekati si Regal, qiqiqiqii. 
  2. Margarine secukupnya. Ummi menyiapkan Blue Band 1 sachet, tidak perlu diencerkan.
  3. Cokelat Cair yang berasal dari cokelat blok. Kebetulan ummi masih memiliki setengah cokelat blok, tadi belanja 2 blok cokelat. Nah, mencairkan cokelatnya dengan cara tim.
  4. Susu Kental Manis Cokelat, sebetulnya bisa putih , tapi biar lebih terasa cokelatnya, ummi pakai rasa cokelat. SKM yang ummi pilih SKM dari Frisian Flag.
  5. Gula halus 1/2 bungkus. 
  6. Meses warna-warni. Pertama membuat pakainya meses cokelat, biar ada warnanya, kali ini pakai yang warna warni. Ummi masih pakai meses dari Ceres. 
Setelah bahan-bahannya disiapkan, sekarang giliran untuk membuat camilan bola-bola cokelat bersama anak-anak. Pertama-tama, pastikan anak-anak sudah mencuci tangannya yak.


  1. Biskuit Marrie yang sudah dihancurkan, ditambahkan mentega, susu cokelat, cokelat cair. Campur menjadi satu adonan yang dapat dibentuk. Tidak terlalu berminyak dari margarine dan tidak terlalu keras.
  2. Buat adonan bulat-bulat menyerupai bola, ukurannya terserah nich, mau sekecil kelereng juga boleh. Hehehe. Anak-anak pasti senang nich diijinkan membuat camilan bola-bola cokelat.
  3. Setelah adonan habis dan menjadi bola-bola semua, kemudian masukkan ke dalam meses, kemudian gulung-gulung sampai semua permukaan terisi meses.
  4. Masukkan ke dalam frezzer kurang lebih 15-20 menit supaya mengeras dan enak untuk dinikmati.
  5. Keluarkan dari frezzer, taburi gula halus atau boleh langsung disajikan tanpa gula halus. Semua itu pilihan, kan. Anak-anak lebih suka tanpa taburan gula halus.
Membuat camilan bola-bola cokelat bersama anak-anak bisa banget loh, menjadi pilihan untuk menemani weekend besok. Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga sangat mudah.  

#ODOPOKT5

"Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia"

2 comments:

  1. Wah, kelihatannya enak dan membuatnya juga gampang ^^

    ReplyDelete
  2. Wah, kelihatannya enak dan membuatnya juga gampang ^^

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...