Skip to main content

Membuat Camilan Bola-Bola Cokelat Bersama Anak-Anak

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira?

Hari ini adalah hari pertama Faiz mengikuti UAS di sekolah. Alhamdulillah tadi malam bisa belajar dengan digangguin adek Fira. Besok pelajarannya Bahasa Arab dan IMLA, agak nyante lah, karena dua mata pelajaran tersebut selalu dipelajari setiap hari di sekolah.

Jadi, ada waktu untuk membuat camilan bola-bola cokelat nich untuk besok. Rencananya, teman-teman Faiz akan ngumpul di rumah setelah pulang sekolah. Camilan bola-bola cokelat ini, sekiranya cocok menemani mereka ngobrol. Bahan dan cara membuatnya juga tidak ribet, hanya rasanya saja yang manisnya enggak ketulungan.



Tadi pagi, ummi sudah membeli bahan-bahan yang digunakan. Sebagian sudah ada di rumah, tinggal membeli yang belum ada saja. Ummi juga tertarik untuk membeli cup untuk meletakan camilan bola-bola cokelat supaya lebih lucu. Rencananya, ummi ingin membuat yang agak besaran, karena waktu pertama membuat camilan bola-bola cokelat, agak kekecilan. Sebetulnya pas langsung masuk mulut dan pas untuk takaran orang tua yang sudah menghindari camilan manis-manis.

Berikut bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat camilan bola-bola cokelat. Anak-anak biarkan saja loh, ikut membantu menyiapkan, pasti mereka senang loh. Faiz dan Fira juga ikut bertanya-tanya, ini semuanya cokelat? heheheee. Iya, setengah bahan adalah cokelat semua.


  1. Biskuit Marrie, 2 bungkus dan dihancurkan sampai halus. Pertama membuat ummi menggunakan Marrie Regal. Nah, karena mau membuat yang agak banyakan, ummi membeli biskuit Marrie Kong Ghuan. Harganya hampir mendekati si Regal, qiqiqiqii. 
  2. Margarine secukupnya. Ummi menyiapkan Blue Band 1 sachet, tidak perlu diencerkan.
  3. Cokelat Cair yang berasal dari cokelat blok. Kebetulan ummi masih memiliki setengah cokelat blok, tadi belanja 2 blok cokelat. Nah, mencairkan cokelatnya dengan cara tim.
  4. Susu Kental Manis Cokelat, sebetulnya bisa putih , tapi biar lebih terasa cokelatnya, ummi pakai rasa cokelat. SKM yang ummi pilih SKM dari Frisian Flag.
  5. Gula halus 1/2 bungkus. 
  6. Meses warna-warni. Pertama membuat pakainya meses cokelat, biar ada warnanya, kali ini pakai yang warna warni. Ummi masih pakai meses dari Ceres. 
Setelah bahan-bahannya disiapkan, sekarang giliran untuk membuat camilan bola-bola cokelat bersama anak-anak. Pertama-tama, pastikan anak-anak sudah mencuci tangannya yak.


  1. Biskuit Marrie yang sudah dihancurkan, ditambahkan mentega, susu cokelat, cokelat cair. Campur menjadi satu adonan yang dapat dibentuk. Tidak terlalu berminyak dari margarine dan tidak terlalu keras.
  2. Buat adonan bulat-bulat menyerupai bola, ukurannya terserah nich, mau sekecil kelereng juga boleh. Hehehe. Anak-anak pasti senang nich diijinkan membuat camilan bola-bola cokelat.
  3. Setelah adonan habis dan menjadi bola-bola semua, kemudian masukkan ke dalam meses, kemudian gulung-gulung sampai semua permukaan terisi meses.
  4. Masukkan ke dalam frezzer kurang lebih 15-20 menit supaya mengeras dan enak untuk dinikmati.
  5. Keluarkan dari frezzer, taburi gula halus atau boleh langsung disajikan tanpa gula halus. Semua itu pilihan, kan. Anak-anak lebih suka tanpa taburan gula halus.
Membuat camilan bola-bola cokelat bersama anak-anak bisa banget loh, menjadi pilihan untuk menemani weekend besok. Bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga sangat mudah.  

#ODOPOKT5

"Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia"

Comments

  1. Wah, kelihatannya enak dan membuatnya juga gampang ^^

    ReplyDelete
  2. Wah, kelihatannya enak dan membuatnya juga gampang ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

Serunya Faiz Ngedate Bareng Legendaddy at Happy Beach

Happy Date with Legendaddy at Happy Beach, sebuah acara yang digelar oleh LACTOGEN 3 ActivGro dengan tema happy beach-taman bermain bertemakan pantai terluas di pusat perbelanjaan yang tercatat dalam Rekor MURI. Acara yang diselenggarakan di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat, pada tanggal 6-7 Juni 2015. Acara ini dimeriahkan dengan rangkaian aktivitas bermain dan belajar bagi pasangan ayah dan anak seperti happy sand, happy creation, happy stacking, happy zoo, happy story dan masih banyak lagi. Puncak acara berlangsung pada hari Minggu, 7 Juni 2015 dengan menghadirkan Rini Hildayani, M.Si dan Choky Sitohang sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan "Peran Ayah dalam Mengotimalkan Keceriaan Anak"
Serunya Persiapan Sebelum Keberangkatan
Mi memilih hari Minggu, tanggal 7 Juni 2015 untuk hadir pada Happy Date with Legendaddy at Happy beach. Seru sekali persiapannya, karena mi harus menyiapkan baju untuk ganti untuk Faiz dan Abi, menyiapkan makanan untuk baby Fira. Mi tida…