Wednesday, 4 October 2017

Mengatasi Lubang Tindik Telinga yang Tertutup

Hallo apa kabar teman Faiz dan Fira?

Alhamdulillah, siang ini, cuaca panas terik setelah mendung berganti panas berganti mendung dan berganti panas terik. Faiz makan siang dengan lahap menggunakan menu ayam bumbu panggang. Fira, masih flu jadi kurang nafsu makan. Ummi? dilanda flu juga.

Jadi begini, beberapa minggu yang lalu ada kejadian yang mengerikan terjadi. Waktu itu, malam hari saat sedang bertiga, ummi, Faiz dan Fira berada di tempat tidur. Biasalah ya, bercanda, bercerita dan saling mencium pipi, kening dan berpelukan.

Tiba-tiba ummi menjerit kesakitan, sempat berteriak dengan nada tinggi. Iya, sakit banget waktu itu, reflek langsung mendorong Fira yang menggigit telinga ummi. Bukan hanya menggigit, tapi giginya digunakan untuk menarik anting ummi.

"Fira mau itu, mau itu...."

Hiks, jemarinya menunjuk anting yang ummi kenakan.




Lubang Tindik Telingga Fira Tertutup


Lubang tindik telinga Fira sudah lama tertutup. Sudah beberapa kali juga, setiap melihat anak perempuan yang mengenakan anting, mata Fira melirik dan  tangannya ingin meraih anting tersebut. Huaaaa, ummi merasa bersalah kepadamu, Nak. Hampir 2 tahun, Fira tidak mengenakan anting, itulah sebabnya lubang tindik telingganya tertutup. 

Ceritanya begini, bayi Fira itu, tangannya suka usil digunakan untuk menarik-narik anting di telingganya. Antingnya jadi lepas, tersangkut baju atau lepas saat mandi. Padahal sudah dibelikan anting cincin yang simple untuk baby itu. Khawatir tersangkut dan membahayakan, anting tersebut ummi lepas keduanya.

Sewaktu usia Fira 1 tahun, ummi membelikan sebuah anting lagi. Anting yang ummi belikan anting yang sama dengan punya ummi. Jadi, misi sempurna yak, kembaran anting dengan anak perempuan. Ternyata euy ternyata, anting tersebut enggak bertahan lama. Belum lama mengenakan anting kembaran itu, 1 anting hilang, jadi bukan sepasang lagi.

Fira dan Anting bayinya


Anting yang tertinggal di telingga Fira, ummi lepas dan simpan. Anting yang dikenakan pada saat bayi, ummi jual. Jadi, Fira tidak punya anting lagi dan ummi tidak pernah mengusahakan untuk mengenakan Fira sepasang anting lagi. Sampai akhirnya, lubang tindik telinga menjadi tertutup.

Mencari Cara Mengatasi Lubang Tindik Telinga yang Tertutup


Sampai akhirnya, terjadilah peristiwa mengerikan tersebut. Ummi akhirnya mencari tahu, bagaimana mengatasi lubang tindik telinga yang tertutup. Mencari informasi di internet, bagaimana mengatasi lubang tindik telingga yang tertutup tidak kunjung menemukan solusi. Jarang banget yang men-share cara mudah atau cara alami. Teman-teman ummi rata-rata memberikan saran, tindik ulang.

Tindik ulang lubang tindik telinga yang tertutup bisa menjadi solusi. Ummi sudah mengantongi ijin dari abi. Kasihan juga, setiap kali melihat ada anak perempuan mengenakan anting, Fira selalu melirik dan matanya menginginkan anting. Tapi, jadwal berkunjung ke rumah sakit untuk tindik ulang lubang tindik telinga yang tertutup tidak pernah diusahakan.

Silahkan di baca : Pergi ke Dokter itu Menyenangkan

Menelepon Uti.

Ke mana tempat mencari tahu tentang apapun? Ibu. Yup, ummi menelepon Uti dan menceritakan cerita di atas. Ummi mengorek pengetahuan dan pengalaman Uti mengatasi lubang tindik telinga yang tertutup. Jawaban uti simpel dan sederhana sekali.

Baby Oil untuk  Mengatasi Lubang Tindik Telinga yang Tertutup


Cara mengatasi lubang tindik telinga yang tertutup hanya dengan rajin mengolesi baby oil di bagian lubang tindik telinga yang tertutup.

Iya, Uti. Tapi lubang tindik telinga Fira benar-benar tertutup, sudah halus, sudah tidak ada lubangnya lagi, sudah.... (😥)

Uti memotong berbagai sangkalan Ummi dengan kata : Dicoba saja! Logikanya, apabila lubang tindik telinga pernah tersentuh emas, tidak mungkin akan tertutup. Coba ditelatenin setiap hari menggunakan baby oil untuk mengatasi lubang tindik telinga yang tertutup. Sabar dan rajin, ya, Mbak. Begitu saran dari Uti.

And then, ummi berdoa semoga saran untuk mengatasi lubang tindik telinga yang tertutup dari uti berhasil. Meski di dalam hati, ada kesangsian, lubang tindik telingga di Fira tuh, sudah halus banget. Bayangkan saya, kan sudah 2 tahun , trus anak kecil bertumbuh dan ber...

Cara menggunakan baby oil untuk mengatasi lubang tindik telinga yang tertutup adalah setelah mandi pagi dan sore. Sayangnya, ummi kurang rutin untuk melakukannya. Saat memberikan baby oil pada lubang tindik telinga yang tertutup adalah dengan memberi baby oil di lubang tindik, kemudian dipijit-pijit sembari berdoa dan berharap kepada Allah. Pijit dari bagian depan, kemudian bagian belakang. Ummi juga menekankan pijatan pada bagian lubang tindik telinga yang tertutup.

Cara tersebut kurang lebih ummi lakukan tidak sampai 5 kali. Sampai suatu malam, ummi sengaja mengeluarkan anting Fira yang tinggal 1 tersebut untuk menusuk-nusuk tempat lubang tindik telinga Fira yang tertutup. Pada lubang tindik bagian depan, ummi tusuk menggunakan anting, kemudian pindah ke lubang bagian belakang. Berganti lagi ke lubang tindik telinga bagian depan dan sleeeb, haaaah? apa ini? antingnya menembus sampai ke bagian belakang telinga Fira.

Berhubung antingnya hanya 1, ummi lepas lagi dan ummi tusuk lubang tindik telinga yang sebelah. Alhamdulillah sukses. Ya Allah, ummi senang sekali, apalagi Fira, berkali-kali berada di depan cermin untuk melihat telinganya sudah terpasang anting, meski cuma 1. Terima kasih banyak Uti, akhirnya ummi bisa mengatasi lubang tindik telinga yang tertutup.

#ODOPOKT3

"Tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia"

11 comments:

  1. Hore akhirnya Fira pakai anting lagi nanti....Alhamdulillah :D

    ReplyDelete
  2. Kalo sy coba bs ga ya? :D sejak usia 8 tahun sampe skrg 27 tahun ga pake anting. ��

    ReplyDelete
  3. Senangnyaaa, jadi nggak usah tindik ulang ya. Asyik! Fira bisa pakai anting sekarang.

    ReplyDelete
  4. Lubang anting telingaku yang sebelah kiri juga udah ketutup tapi bedanya ini ketutup tahi lalat yang tumbuh gede di dekatnya, huhuhu.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah. Aku blm nyoba lagi nih mba.. asyik Fira dapet anting baru dari utiiiii. Itu cuma 5x ya mbaaa... Mdh2an Ashika bisaa jg. Makasih mba Astiiin

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat, dua anakku perempuan sudah berapa tahun ya lepas anting.

    ReplyDelete
  7. walah aku baru tahu nih, pdhl aku sdh dari kuliah gak pakai anting krn ketutup , bisa dicoba bt anakku perempuan juga ketutup , krn dia sering hilang satu antingnya sampai SMA akhirnya gak pernah pakai anting lagi sampai sekarang

    ReplyDelete
  8. Iya karena anting sering hilang sebelah akhirnya malas deh pake anting. Bukan hanya anak2 sih. Tapi orang dewasanya juga. Kalau orang dewasa mungkin ga ketutup ya lubangnya. Anak2 krn masih pertumbuhan jadi mungkin agak ketutup, kata orang sunda mah pongpet .. Ternyata solusinya pake baby oil...

    ReplyDelete
  9. Anakku sementara nggak kupakaikan anting. Habis ketusuk terus sampai bengkak. :'D Tapi ya nggak pengen buntet.

    ReplyDelete
  10. Untuk telinga yang pernah ditindik dan minimal pernah dipakein anting 3 bulanan pasti masih bisa tembus. Caranya daun telinganya di cuci dgn sabun, setelah itu rendam dgn air hangat selama 7 menitan. Abis itu coba masukan anting yg tusukannya kecil, ditekan dikit sambil diputar2. Biasanya tembus kq kadang ada suara dikit waktu nembus kulit yg tertutup tapi ngga sakit kq. Abis itu biasanya tembus. Biar gampang, antingnya dikasih baby oil, kalo mau lebih bagus kasih salep gentamicin di antingnya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...