Skip to main content

Penyebab Anyang-Anyangan pada Anak-Anak

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira. Sehat semua ya, gimana puasa kalian? semangat terus yaaa dan tetap menjaga kesehatan. Jangan mentang-mentang puasa, apa saja bisa dimakan. Apa saja dibeli untuk makan berbuka puasa nanti. Mentang-mentang sudah puasa full, kemudian terus-terusan minum-minuman dingin dan ditambah dengan es batu. Ingat ya, setelah puasa Ramadan, akan banyak acara loh. Coba tanya sama orang tua kalian, mudik lebaran atau enggak? kalau mudik lebaran ke tempat yang jauh, sebaiknya kesehatan selalu dijaga ya.

Suatu hari, Faiz pernah menderita anyang-anyangan karena terlalu banyak minum minuman baik itu air putih maupun air kemasan. Duh, padahal ummi sudah wanti-wanti jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman berwarna. Lebih baik minum air putih ya. Teman-teman Faiz dan Fira juga kan? lebih banyak minum air putih.



Nah, karena terlalu banyak minum air putih, Faiz jadi sering merasa ingin buang air kecil. Tapi karena kalau di sekolah, Faiz paling malas pergi ke toilet sekolah. Faiz memilih untuk menahan buang air kecilnya daripada ke toilet sekolah. Alasannya karena Faiz tidak terbiasa pergi ke toilet umum.

Awal gejala Faiz menderita anyang-anyangan adalah saat ingin buang air kecil, tapi yang keluar hanya sedikit dan masih merasa ingin buang air kecil lagi. Faiz jadi bolak balik ke kamar mandi sembari meringis kesakitan. Duh, kasihan banget sewaktu melihat Faiz menderita anyang-anyangan.

Anyang-anyangan memang dapat diderita siapa saja. Mulai dari anak-anak, orang dewasa dan wanita hamil. Jadi, apa sebetulnya penyebab anyang-anyangan pada anak-anak? biasanya kan anyang-anyangan diderita oleh wanita hamil dan orang dewasa.


Penyebab anyang-anyangan pada anak-anak antara alain, di bawah ini ;
  1. Sering menahan buang air kecil terlalu sering dan terlalu lama
  2. Proses membilas yang tidak benar. Usahakan untuk membilas dari depan ke belakang setelah BAB.
  3. Air yang digunakan untuk membilas harus air bersih.
  4. Kondisi toilet yang kurang dijaga kebersihannya.
  5. terlalu banyak mengkonsumsi minuman berdiuretik, teh dan kopi.
Penyebab yang paling sering dialami oleh Faiz adalah sering menahan buang air kecil. Ummi sering banget bertanya kepada Faiz, bila melakukan perjalanan panjang. Adakah keinginan untuk buang air kecil? jangan ditahan, bahaya. Tapi sepertinya Faiz harus selalu diperhatikan soal buang air kecil ini. Susah banget meminta berhenti untuk mencari toilet untuk buang air kecil. Kalaupun menemukan toilet, Faiz masih bertanya-tanya, apakah toiletnya bersih? apakah toiletnya berbau wangi. Duh, gimana coba kalau hal ini sering terjadi?

Anyang-anyangan itu apabila dibiarkan dan sering terjadi, sangat berbahaya loh. Jadi, sebaiknya penyebab anyang-anyangan harus diperhatikan oleh para orang tua ya. Supaya anak-anak terhindar dari penyakit anyang-anyangan.

Comments

  1. Baru tau ternyata anak-anak bisa kena anyang-anyangan juga ya.. Waw..
    Nice post bunda.. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…