Tuesday, 13 June 2017

Penyebab Anyang-Anyangan pada Anak-Anak

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira. Sehat semua ya, gimana puasa kalian? semangat terus yaaa dan tetap menjaga kesehatan. Jangan mentang-mentang puasa, apa saja bisa dimakan. Apa saja dibeli untuk makan berbuka puasa nanti. Mentang-mentang sudah puasa full, kemudian terus-terusan minum-minuman dingin dan ditambah dengan es batu. Ingat ya, setelah puasa Ramadan, akan banyak acara loh. Coba tanya sama orang tua kalian, mudik lebaran atau enggak? kalau mudik lebaran ke tempat yang jauh, sebaiknya kesehatan selalu dijaga ya.

Suatu hari, Faiz pernah menderita anyang-anyangan karena terlalu banyak minum minuman baik itu air putih maupun air kemasan. Duh, padahal ummi sudah wanti-wanti jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman berwarna. Lebih baik minum air putih ya. Teman-teman Faiz dan Fira juga kan? lebih banyak minum air putih.



Nah, karena terlalu banyak minum air putih, Faiz jadi sering merasa ingin buang air kecil. Tapi karena kalau di sekolah, Faiz paling malas pergi ke toilet sekolah. Faiz memilih untuk menahan buang air kecilnya daripada ke toilet sekolah. Alasannya karena Faiz tidak terbiasa pergi ke toilet umum.

Awal gejala Faiz menderita anyang-anyangan adalah saat ingin buang air kecil, tapi yang keluar hanya sedikit dan masih merasa ingin buang air kecil lagi. Faiz jadi bolak balik ke kamar mandi sembari meringis kesakitan. Duh, kasihan banget sewaktu melihat Faiz menderita anyang-anyangan.

Anyang-anyangan memang dapat diderita siapa saja. Mulai dari anak-anak, orang dewasa dan wanita hamil. Jadi, apa sebetulnya penyebab anyang-anyangan pada anak-anak? biasanya kan anyang-anyangan diderita oleh wanita hamil dan orang dewasa.


Penyebab anyang-anyangan pada anak-anak antara alain, di bawah ini ;
  1. Sering menahan buang air kecil terlalu sering dan terlalu lama
  2. Proses membilas yang tidak benar. Usahakan untuk membilas dari depan ke belakang setelah BAB.
  3. Air yang digunakan untuk membilas harus air bersih.
  4. Kondisi toilet yang kurang dijaga kebersihannya.
  5. terlalu banyak mengkonsumsi minuman berdiuretik, teh dan kopi.
Penyebab yang paling sering dialami oleh Faiz adalah sering menahan buang air kecil. Ummi sering banget bertanya kepada Faiz, bila melakukan perjalanan panjang. Adakah keinginan untuk buang air kecil? jangan ditahan, bahaya. Tapi sepertinya Faiz harus selalu diperhatikan soal buang air kecil ini. Susah banget meminta berhenti untuk mencari toilet untuk buang air kecil. Kalaupun menemukan toilet, Faiz masih bertanya-tanya, apakah toiletnya bersih? apakah toiletnya berbau wangi. Duh, gimana coba kalau hal ini sering terjadi?

Anyang-anyangan itu apabila dibiarkan dan sering terjadi, sangat berbahaya loh. Jadi, sebaiknya penyebab anyang-anyangan harus diperhatikan oleh para orang tua ya. Supaya anak-anak terhindar dari penyakit anyang-anyangan.

1 comment:

  1. Baru tau ternyata anak-anak bisa kena anyang-anyangan juga ya.. Waw..
    Nice post bunda.. :)

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...