Saturday, 27 May 2017

Yuk Menghafal Nama Nabi/ Rasul

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira.

Bagaimana sahurnya hari ini? Alhamdulillah Faiz bangun sahur. Fira nih, yang belum bangun. Semoga ibadah puasa dan ibadan lainnya dimudahkan dan dilancarkan ya, Nak. 

#Ramadanday1

Setelah sahur, Faiz enggak bobo lagi. Anaknya sich lagi asyik main tablet-nya. Huhuu, ummi enggak bisa nyimpen tabletnya.  Gak apa-apalah, yang penting anaknya anteng di rumah. Trus ummi deketin dech. Ummi ngetes, seberapa banyak hafalan nama nabi atau rasul yang Faiz ketahui.

Yuk teman-teman Faiz ikutan menghafal nama nabi atau rasul yang wajib diketahui. Ada 25 nama nabi atau rasul yang wajib diketahui. Apakah teman-teman Faiz dan Fira sudah diajarkan di sekolah? atau menghafal bareng ayah-bunda, abi-ummi, bapak-ibu di rumah?. Waaah Alhamdulillah, seneng banget ya.

 

Pengertian Nabi dan Rasul


Pertama-tama, yuk mengetahui arti nabi dan rasul terlebih dulu. Nabi adalah seseorang yang berjenis kelamin laki-laki. Mendapatkan wahyu dari Allah SWT, namun tidak wajib untuk menyebarluaskan kepada orang lain.

Sedangkan rasul adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWY dan wajib untuk menyebarluaskan wahyu tersebut kepada umatnya. 

Perbedaan seorang nabi dan seorang rasul adalah, setiap rasul adalah seorang nabi. Seorang nabi, belum tentu seorang rasul. Jadi, jumlah nabi itu sangat banyak. Namun yang wajib diketahui cukup 25 orang nabi atau rasul saja. 

Gimana Cara Menghafalkannya?


Cara menghafal itu banyak sekali caranya. Setiap orang, memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghafalkan sesuatu. Dulu, sewaktu ummi masih sekolah, ummi mempunya cara menghafal yang berbeda dengan teman-teman ummi.

Ummi mempergunakan cara menghafal dengan memberikan singkatan. Contohnya seperti ketika menghafal warna-warna pelangi. Mejikuhibiniu untuk merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. 

Nah ini dia, ummi buatkan Faiz dan Fira cara menghafal yang paling mudah. Insya Allah, ummi akan print dan berikan satu per satu kotak yang berisi nama-nama Nabi/ Rasul. Apabila sudah hafal 1 kotak, ummi akan ganti dengan kotak yang lainnya.

Yuk Mulai Nama Nabi/ Rasul


Kotak pertama untuk nama Nabi/ Rasul



Kotak ke-dua nama nabi/ rosul



Kotak ke-tiga nama nabi/ rasul



Kotak ke-empat nama nabi/ rosul



Kotak terakhir untuk nama nabi/ rasul



Gimana? dengan membagi ke-25 nama nabi/rasul dalam 5 kotak, lebih mudahkan untuk menghafalkannya? Nanti, ummi akan berikan kepada Faiz dan Fira supaya mereka menghafal satu per satu kotak tersebut. Ummi juga ikut menghafal lagi, sama-sama menghafal dan belajar lagi. Kan seru kalau belajar dan menghafal bersama. Apalagi menghafalnya dengan cara dinyanyikan, duh bakalan keinget terus dech.

Yuk menghafal nama nabi/ rasul. Insya Allah satu hari bisa dihafalkan loh. Mumpung dalam bulan suci Ramadan. Pikiran yang tenang dan hati yang bersih, Insya Allah diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menghafalkannya ya.

Faiz dan Fira mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

3 comments:

  1. Iya bener banget puasa harus diisi dengan hal positif ya, good job Uminya 2F. Kalau anak-anakku hafalin nama nabi sama lagu mbak hehe karena ga punya juga kartunya begitu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bikin sendiri Mbak, sekalian untuk hafalan buat aku juga

      Delete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...