Skip to main content

Fira Asyik Mewarnai Hewan Laut

Apa kabar teman-teman Faiz dan Fira? siapa yang mulai minggu depan menghadapi ujian tengah semester atau biasa disebut mid semester? 

Iyup, Faiz mulai Hari Senin besok menjalani ujian tengah semester. Semoga Faiz dapat mengerjakan dengan baik dan sehat selalu, aamiin.

Jadwal hari ini untuk main #30HariMain bersama Morinaga adalah Mewarnai mulai dari benda berukuran besar ke kecil. Kebetulan, ide bermain mencontohkan mewarnai hewan laut. Gambar mewarnai hewan laut dapat ummi cetak dari website Morinaga. Jadi, ummi hanya menyiapkan kertas A4, printer dan pensil warna saja.



Mewarnai untuk Balita


Mewarnai merupakan aktifitas yang melibatkan banyak indra dan mampu mengasah kecerdasan majemuk. Saat mewarnai, mata anak akan melihat beraneka warna pensil warna. Melihat gambar yang terbentuk dari tarikan-tarikan garis. Kemudian rasa penasaran anak-anak, akan mengambil pensil warna sesuai dengan kemampuan imaginasi mereka. Mencoret-coretnya ke kertas bergambar dan menemukan keasyikan tersendiri dalam mewarnai.

Kakak Faiz pernah mewarnai gunung dengan warna hitam. Langit dengan warna hijau dan perpaduan warna yang sangat kontras. Tapi itulah anak-anak, mereka akan mewarnai seperti apa yang mereka pikirkan. Sekarang, ketika kakak Faiz berusia 7 tahun dan sudah bersekolah di MI. Pemilihan warna untuk mewarnai sebuah gambar sudah berubah. Cara mewarnainya juga sudah mendekati bagus dan rapi.



Dulu, ummi sering sekali meminta kakak Faiz supaya mewarnai di dalam garis. Ummi gemes melihat kakak Faiz mewarnai sampai ke luar garis. Lain lagi dengan abi, beliau malah membiarkan loh Faiz mewarnai sampai ke luar garis.


Sekarang, Kakak Faiz sudah dapat mewarnai dengan rapi. Kakak Faiz lebih menyukai menggambar orang-orang minicraft, game kegemarannya. 

And now, how about Fira?

Mewarnai Hewan Laut


Area cetak yang terdapat di Morinaga Play Plan sangat memudahkan ummi untuk mengikuti program #30HariMain bersama Morinaga. Gambarnya juga bagus-bagus dan lucu-lucu. Mata anak-anak pasti akan senang melihatnya dan pesan yang ingin disampaikan oleh orang tua, sangat mudah untuk diterima si anak.


Dulu, sewaktu Fira diberi kertas bergambar, pensil warnanya bukan untuk mewarnai loh. Hayoo,,,ada yang tahu, pensil warnanya dipergunakan untuk apa? tik tok tik tok... untuk mainan, untuk disebar-sebar, untuk dimasuk keluarkan ke rautan pensil dan lain sebagainya.

Mungkin sewaktu ummi memberikan kertas bergambar tersebut, mood Fira sedang tidak ingin melihat kertas bergambar dan mewarnai.

Hari ini, ummi mengajak Fira mewarnai di meja belajar kakak Faiz. Fira langsung duduk loh, ummi melihat perubahan yang luar biasa. Meskipun nanti, sewaktu mewarnai akan berulah yang lain, ummi tidak akan memaksa.



Ummi memberikan pensil warna, kemudian kertas bergambar hewan laut dan buku-buku Morinaga tentang melatih kecerdasan. Warna-warnanya membantu Fira menyelesaikan kegiatan mewarnainya loh.

Cara memegang pensil Fira sudah oke. Pemilihan warnanya, warna soft, orange, yellow, pink dan blue. Jarang sekali memilih warna yang dark, seperti hitam, hijau tua atau ungu. Mungkin ini hanya sesaat ya.

Kertas bergambar tersebut berisikan gambar Ikan, gambar ikan gendut atau ikan balon, ada gambar gurita juga. Gambar ketiganya juga diurutkan mulai dari Besar, sedang dan kecil. Ummi membiarkan Fira mewarnai dari bagian manapun. Ummi deg-degan juga loh, takut Fira ngambek dan enggak mau mewarnai. 



Realitanya adalah : Fira mampu mewarnai ikan dengan penuh mengunakan pensil warna orange. Kemudian menyelesaikan kegiatan mewarnai gurita dengan warna kuning. Nah, di gambar gurita ini kan digambar secara detail, sampai bagian kaki. Ummi sangat gembira sekali loh, waktu melihat Fira menggerakkan pensil warna ke bagian kaki-kaki gurita. Iya, kakinya diwarnai, duuuuh, ummi senangnya bukan main.

Mewarnai Hewan Laut Mengasah Kecerdasan Majemuk

Mewarnai hewan laut dengan konsep Besar ke Kecil dapat mengasah kecerdasan majemuk Fira. Seperti ditulis di atas, dengan mewarnai ada banyak indra di dalam tubuh Fira bekerja. Oleh karena itu, ada beberapa kecerdasan yang terasah dengan kegiatan mewarnai hewan laut tersebut.

  1. Kecerdasan Visual Spasial. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar. Memahami bentuk, pola, posisi dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif. Jadi, mengajak anak mewarnai dan menggambar adalah salah satu cara menstimulasi kecerdasan visual spasial. Contoh sederhana adalah menerangkan kepada anak tentang apa yang dilihatnya. Misalnya ketika anak sedang memegang buku, tanya si anak, apa bentuk buku tersebut? dan lain sebagainya. 
  2. Kecerdasan Logika Matematik. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan untuk memahami kondisi atau situasi dengan menggunakan perhitungan matematis, serta melalui penalaran analisa-sintesa. Contoh sederhananya adalah mengajak anak untuk melihat Kakaknya yang tinggi dan adik yang masih belum tinggi atau pendek. Dengan mewarnai bentuk besar ke kecil, Fira menjadi tahu konsep besar dan kecil.
  3. Kecerdasan Kinestetik. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri. Dengan kegiatan mewarnai tangan anak akan menemukan hal-hal yang sangat menyenangkan untuk dirinya. Mengambil pensil warna dengan warna yang disuka dan menggerakkan di kertas bergambar.
  4. Kecerdasan Naturalis. Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar yang berkaitan dengan pemahaman terhadap lingkungan sekitar seperti tanaman, binatang, atau benda mati seperti air, batuan atau gelaja alam seperti hujan atau panas. Ajak anak terus mewarnai hal-hal yang berbentuk natural, untuk mengenalkan anak akan alam. 
Dari kegiatan mewarnai ini, pikiran ummi menjadi terbuka. Ada kalanya ketika anak tidak ingin mengerjakan apa yang ummi minta, bukan karena dia tidak suka atau tidak mau. Memang ada kalanya, ada saat anak memang belum ingin. Buktinya Fira dapat menyelesaikan kertas bergambar hewan laut dengan konsep besar ke kecil dengan baik.

Bagaimana? apakah teman-teman juga ingin melakukan kegiatan mewarnai? minta kepada bunda, ibu, ayah, bapak untuk memberikan kertas bergambar dan pensil warna ya. Warnailah apa yang teman-teman Faiz dan Fira suka, minta kepada orang tua dengan baik ya.

Salam
Astin

Comments

  1. Liat anak kecil mewarnai entah kenapa gemes deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa aku juga suka banget melihat anak anak mewarnai

      Delete
  2. Firanya gak keliatan mba? Namanya sama dengan ponaan aku. Siapa tau orangnya juga sama. Soalnya kegiatannya juga sama.

    ReplyDelete
  3. Wah Fira tambah pinter ya sekarang

    ReplyDelete
  4. anakku juga suka bgt mewarnai, jadi lbh konsentrasi dan gak jumpalitan trs haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satunya itu, gak gampang jumpalitan lagi...eh kalau Fira jadi enggak berantakin isi lemari makan

      Delete
  5. Firaaa, jadi bisa tau nama-nama hewan laut yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, hewan laut yang Fira tahu kan, seringnya ikan sama udang aja

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

Serunya Faiz Ngedate Bareng Legendaddy at Happy Beach

Happy Date with Legendaddy at Happy Beach, sebuah acara yang digelar oleh LACTOGEN 3 ActivGro dengan tema happy beach-taman bermain bertemakan pantai terluas di pusat perbelanjaan yang tercatat dalam Rekor MURI. Acara yang diselenggarakan di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat, pada tanggal 6-7 Juni 2015. Acara ini dimeriahkan dengan rangkaian aktivitas bermain dan belajar bagi pasangan ayah dan anak seperti happy sand, happy creation, happy stacking, happy zoo, happy story dan masih banyak lagi. Puncak acara berlangsung pada hari Minggu, 7 Juni 2015 dengan menghadirkan Rini Hildayani, M.Si dan Choky Sitohang sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan "Peran Ayah dalam Mengotimalkan Keceriaan Anak"
Serunya Persiapan Sebelum Keberangkatan
Mi memilih hari Minggu, tanggal 7 Juni 2015 untuk hadir pada Happy Date with Legendaddy at Happy beach. Seru sekali persiapannya, karena mi harus menyiapkan baju untuk ganti untuk Faiz dan Abi, menyiapkan makanan untuk baby Fira. Mi tida…