Skip to main content

Hal Berikut Akan Membuat Balita Sulit Tidur

Hallo apa kabar anak-anak ummi? gimana kabarnya nich? tadi pagi Alhamdulillah Faiz dan Fira bangun pagi. Untuk membangunkan Faiz dan Fira memang tidak begitu sulit. Faiz diiming-imingi makan sereal kesukaannya, langsung bangun. Fira dikasih sebotol susu, juga bangun.

Tapi nich, yang membuat ummi kesel dan gemes adalah kalian itu, jam biologis untuk tidur, sangat malam. Bahkah sangat larut, kalau ummi enggak ngomel ngonel duluan. Ngomel yaa? yaaa, baisalah ya, ibu-ibu. "Hayo Faiz Fira, bobo. Udah malam, kamu mau bangun jam berapa? kasihan kan matanya, sudah merah" Itu sajah. Paling ekstrim adalah menyita gadget dan mematikan televisi.

Faiz sudah berusia 7 tahun sekarang. Fira? amsih balita tapi jam biologis untuk tidurnya tidak teratur. Angkat tangan dech ummi. Kadang, ummi dan abi duluan yang tertidur, baru terbangun saat suara televisi terdengar begitu keras, itu artinya malam sudah bergulir mendatangkan dini hari.



Memiliki balita seusia Fira memang penuh dinamika. Apalagi masalah tidurnya. Padahal permasalahan tidur tadi ternyata berkaitan serius dengan tumbuh kembangnya. Pada saat tidur balita akan mengalami proses tumbuh kembang secara maksimal. Hal yang membuat Fira kadang tergangu, salah satunya adalah gigitan nyamuk dan akrobat dari kakaknya, Faiz.


Diharapkan memang, tidurnya Fira ini, jangan sampai terganggu. Sedikit saja terganggu, bangun dengan derai air mata dan suara tangis yang melengking. Duh, kalau sudah begini, mata lima watt berubah menjadi 20 watt.

Selain kedua hal yang ummi ceritakan di atas, ada beberapa penyebab Fira mengalami susah tidur atau tidurnya terganggu. Coba simak bareng-bareng nich, mungkin ada salah satunya, yang membuat Fira jadi susah tidur.

Kondisi Tempat Tidur yang Tidak Nyaman


Kondisi tempat tidur memang sangat menentukan nyaman atau tidaknya si balita tidur. Jangankan balita, sebagai orang dewasa, ummi kadang sering susah tidur, kalau tempat tidurnya kurang nyaman. Jika memang tempat tidur yang membuat tidur si balita kurang nyaman. Segera ganti dan belilah perlengkapan tidur balita di MatahariMall. Toko online besutan Lippo Group yang satu ini jual perlengkapan bayi berkualitas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan si kecil. Kualiatas produknya yang istimewa dibanderol dengan harga yang terjangkau. Yaaah, bisa menghematlah pengeluaran.

Balita Merasa Lapar


Teman-teman Faiz dan Fira, kalau makan malam jam berapa sih? untuk anak-anak ummi yang sering tertidur malam, kadang mereka juga suka minta makan lagi, lapar katanya. Faktanya memang rasa lapar membuat balita menjadi sulit untuk tidur nyenyak. Kalau hal ini terjadi, ya harus segera merubah jadwal makan anak. menjelang tidur, usahakan untuk menyiapkan susu atau buah-buahan agar balita merasa lebih kenyang. Jadi, setelah kenyang, maka rasa kantuk pun lebih mudah datang.

Sudah Tidur Siang dalam Waktu Lama


Berapa jam sich teman-teman Faiz dan Fira tidur siang? Kebetulan Faiz dan Fira nich jarang tidur siang. Paling tidur sore, heheee. Sebaiknya balita tidur siang jangan terlalu lama ya. Cukup 2 hingga 3 jam setiap hari. Tidur siang terlalu lama akan membuat balita sulit mengantuk di malam hari. Kalau sudah begini, balita pasti akan rewel dan ritme tidurnya juga semakin tidak teratur. 

Trus gimana dong, kalau sudah begini? Sebaiknya disiasati nich, caranya ajak balita lebih aktif berkegiatan di siang hari atau sore hari. Menjelang malam hari, balita akan lebih lelah dan mudah tertidur.

Melihat Anggota Keluarga yang belum Tidur


Nah ini nich biasanya yang membuat balita belum mau tertidur. Ada salah satu anggota keluarga yang belum tidur di malam hari. Ini triknya nich, coba berbaring dan tiduran di dekatnya. Lama-lama balita akan mengikuti untuk mulai tertidur. Cara ini cukup ampuh untuk membuat balita leih mudah tertidur di malam hari. 

perlengkapan tidur balita di MatahariMall. Karena toko online besutan Lippo Group yang satu ini jual perlengkapan bayi berkualitas yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan si kecil. Kualitas produknya yang istimewa dibanderol

Comments

  1. atau banyak nyamuk ya mba, biasanya itu jg jadi pengaruh anak2 susah tidur dan malah garuk2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, mbak. Nyamuk juga suka jadi alasan apalagi kayak di sini banyak kebon he he

      Delete
  2. biasanya kalau anak-anak saya tidur siang, malamnya jadi susah tidur

    ReplyDelete
  3. Keponakanku biasanya kalo kepanasan jadi pada susah tidur tuh.

    ReplyDelete
  4. Anaka saya juga kadang susah tidur malam, mungkin karena hal-hal ini ya,,,

    ReplyDelete
  5. Kalo ponakanku susah tidur karena yang lain belom pada tidur, masih mau main katanya, huhuhu

    Salam,
    Aci

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…