Skip to main content

Hari Pertama Fira Tidak Menggunakan Diapers

Hallo selamat pagi, siang, sore dan malam untuk anak-anak ummi.
Apa kabar kalian, sayang? sudah mandi semua? pasti wangi-wangi ya, anak ummi.

Hari ini, adalah hari yang sudah ummi nantikan. Hari dimana ummi berani untuk melepas Fira tanpa diapers. Terlalu telat sich, Sangat telat, bahkan begitu malasnya ummi tidak mencoba untuk Fira, tanpa diapers.

Kakak Faiz, usia sebelum setahun. Sudah diajari toilet training dari pagi hingga malam hari. Sebabnya sudah jelas sekali sich. Ibu dan bapak muda yang pas pasan sekali dana untuk membeli diapers. Jangankan untuk membeli diapers, untuk makan juga kudu bener-bener diirits.



Entahlah, maafkan ummi yang malas ya, Fira. Ummi malas untuk menjagamu tanpa diapers. Bukan kenapa. Di rumah ada lebih dari satu kasur. Dua kamar, di ruang depan tempat Fira biasa main juga pakai kasur. Ummi malas untuk menjemur, kalau Fira pipis di kasur. Maafkan ya, Nak. Ummi mengakui kemalasan dan kesalahan ini.

Hari ini, ada nenek di rumah kita. Setelah Fira mandi pagi, ummi mencoba tidak mengenakan diapers untukmu. Nenek dan abi bertanya, kenapa kok tidak pake pampers (sebutan yang sudah lazim, meskipun yang sedang dipakai bukan merk pampers).

Ummi hanya berharap, segalanya berjalan lancar. Selalu ummi mengatakan, "Kalau pingin pipis, nih...nanti ke kamar mandi atau turun dari kasur ya..." tetep ya, ummi belum merelakan kasur dipipisi Fira, repot euy gotong-gotong kasur beratz. Maaf sekali lagi, ya, Nak.



Pee pertama : Fira berada di dalam kamar, menonton video dari YouTube. Ummi di ruang depan sedang menyetrika. terdengar rengekan dari Fira. Ummi diam sejenak, sudah biasa Fira merengek. Nanti juga ke ruang depan, menghampiri ummi. Karena tak kunjung keluar kamar, ummi menghampiri. Air menggenang di bawah Fira. tepat di bawah ranjang. Berhasil, tidak di aksur. Makasih anak cantik.

Pee kedua : Fira bermain di teras depan, Ummi masih menyetrika dengan nyaman. Fira bermain di dekat pagar. Tiba-tiba, Fira merengek kembali dan ummi melihat sandal yang dipakai Fira basah. Oke Fira, kamu pee di luar rumah kali ini. 

Pee ketiga : Menjelang sore, menjelang waktunya Fira mandi. Ummi sedang beres-beres rumah nich. Sementara Fira sedang berdiri di dekat galon air mineral. Fira berteriak memanggil ummi dengan nyaring. Ummi melihat air menggenang lagi. Oke Fira. Setelah itu mandi sore dan ummi pakaikan lagi diapers.

Kok dipakaikan diapers lagi? iya, kan sudah mandi. *pembaca geleng geleng gemes. Fira sudah mengantuk. Setelah mandi, biasanya langsung bobo. Apalagi ummi mau keluar rumah mencari lauk buat sore hari.

Observasi hari ini, hari pertama Fira tidak menggenakan diapers adalah.
  1. Fira pee tiga kali. Minum susunya memang tidak terlalu banyak. Air putih sedikit, susu hanya dua botol besar dan air teh sedikit.
  2.  Belum terlihat ekspresi sebelum Fira pee, karena ketika Fira pee, tidak di dekat ummi. 
  3. Fira terlihat takut setelah pee, atau air pee-nya menggenang di bawahnya. 
Itulah cerita hari pertama Fira tidak menggunakan diapers. Semoga besok lebih baik lagi dan ummi dapat memperhatikan ekspresi sebelum Fira pee maupun poop ya. Terima kasih banyak sudah bekerja sama dengan baik ya, sayang.

Comments

  1. Semoga akhirnya bisa pipis di kamar mandi ya Fira :)

    ReplyDelete
  2. Hihi sampai dibuat observasi gitu ya, lucu :D .
    Dek fira cepet gede ya, jgn ngompol, dan belajar pipis di kamar mandi. hehe :D

    ReplyDelete
  3. hmmmm ... Parenting memang harus dibekali dengan kesabaran
    Salam kenal
    PUBLIC SPEAKING SEMARANG

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…