Skip to main content

Menu Pengganti Nasi untuk Balita Zhafira

Sudah berapa bulan jadwal makan Fira berantakan. Sarapan bisa pukul 9, makan siang pukul 3, makan malam pukul 6 sore. Menu makanannya pun terbilang asal Fira suka dan gaya menyantap makannya pun asal Fira senang juga.

Saya memang tidak menerapkan secara baku, ini loh cara makan kalian tuh begini, Nak. Meskipun saya berasal dari keluarga yang jadwal makan sudah diatur oleh ibu, makan juga menunggu Bapak. Apalagi setelah punya dua anak, wow jadwal makan dan menu makannya heboh sekali.

Jadi pagi ini, ketika nasi uduk kuning, menu favorite Faiz dan Fira kosong dan saya belum masak. Adalah mencoba membuka Apukat yang baru dibeli dan belum dieram. Alhamdulillah ada satu buah Alpukat yang sudah matang.




Saya kerok, dipindahkan ke dalam mangkuk dan saya beri sendok. Fira saya panggil dengan membawa gendongan, karena Fira masih belum bisa makan dengan duduk tenang. Ada juga makanan malah buat mainan, iya sich ada yang masuk ke mulutnya sedikir.

Fira malah menggerakkan jarinya dan bilang "No no no" dan minta "emek"-nya. Duh alamat gagal menyuapi menu sarapan untuk Fira. Kasihan, apalagi kondisi saya yang belum tidur. Pasrah, saya letakkan mangkuk yang berisi Alpukat.

Dari kursi di mana saya duduk, saya melihat Fira sedang asyik bersantai. Saya mendekatinya sembari membawa mangkuk tadi. Eh, Fira mengambil sendok dan menyendok Alpukatnya dan memasukan ke dalam mulutnya.



Ada empat suap besar, karena memang Fira mengambilnya asal saja. Bersyukur dech, Alpukatnya masuk ke dalam mulut Fira. Abinya juga bilang, tadi pagi sudah menghabiskan kue cokelat ada lima sampai enam suap. Lumayan lah ada karbohidrat, serat, mineral dan vitamin. Meskipun bukan menu makanan yang terbilang normal.

Pagi inipun, Fira lolos memegang dan memainkan kamera digital. Daripada tantrum, tapi memainkannya di kasur, jadi kalau jatuh kan gak nangis.

Comments

  1. wah, sama kayak Athifah kadang jadwal makannya gak teratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah harus pelan-pelan diterapkan agar teratur y

      Delete
  2. Mpasi itu ternyata cocok cocokan kah mb astin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kata yang pas adalah, sesuai kondisi si anak sendiri. Kadang dikasih alpukat mau, kadang enggak..hihii

      Delete
  3. Mpasi itu ternyata cocok cocokan kah mb astin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Hmm bisa di tiru nih resepnya mbak, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  5. fira cepet gede ya nak, maem yang banyak :)

    ReplyDelete
  6. Jadwal makan anakku juga kacau nih. Tiap aku makan, dia ikut. Ayahnya makan, dia makan lagi. Heuheu..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…