Thursday 25 February 2016

Begini Cara Mengenakan Pakaian Kepada Si Balita yang Aktif

Hai, sudah mandi semuanya? pastinya ya, karena umi mencium aroma wangi segar pada badan kalian. Fresh dari pewangi pakaian yang digunakan umi. Pakaiannya juga sudah dipakaian dengan benar, meskipun butuh tenaga yang ekstra untuk mengenakan pada kalian.

Rata-rata memang anak di bawah usia dua tahun itu susah sekali ketika dikenakan pakaian. Ada saja polah dan tingkahnya. Ada yang mengajak kejar mengejar, ada yang sembunyi, ada yang naik ke atas kursi dan kemudian melompat membawa pakaian tersebut. Terakhir nich, ada yang mengambil pakaian kemudian membawanya lari dan guling-guling di kasur.





Terakhir itu adalah polahnya Fira, anak perempuan umi yang berusia di bawah dua tahun. Sewaktu Faiz berusia segitu, akung memberi tips kepada umi. Saat umi menerapkan tips tersebut kepada Fira, Masya Allah, gatol alias gagal total.

Abi dan nenek juga sudah paham benar, jika mengenakan pakaian kepada Fira itu susah. Masing-masing memiliki tips dan trik agar Fira mau dikenakan pakaiannya. berikut tipsnya.

Berdirikan di Atas Kursi


Dengan diberdirikan di atas kursi, diharapkan anak akan tenang berdiri sembari berpegangan pada punggung kursi. Tentunya ada yang harus diperhatikan. Siapkan terlebih dahulu pakaian dan peralatan setelah mandi. Usahakan kursinya dipegang atau berdiri dengan kokoh.

Tips ini dari akungnya Faiz dan Fira. Tips ini berhasil untuk Faiz pada saat usianya di bawah dua tahun. Pernah menggunakan tips ini kepada Fira, tapi jadi deg-degan. Firanya memegang lemari yang jaraknya lumayan jauh, kemudian kursinya miring. Beruntung umi masih ada didekat kursi tersebut. Berhasil menggunakan tips ini juga pernah, ya...harus ekstra perhatiannya dech.

Putar Musik atau Lagu Kesenangannya


Tips ini oke punya untuk Fira saat ini. Ada banyak lagu kesenangan Fira yang bisa berkali-kali diputar. Jika sudah mendengarkan lagu tersebut, apalagi ada visualisasinya, bakalan betah dan bisa diajak kerjasama dalam hal pemakaian pakaian. heheee.

Tips ini tentunya sangat mudah, tapi kadang ada tidak pasnya. Pas selesai mandi, televisi sedang ditonton kakaknya. Mau diminta pinjem untuk putar lagu kesenangan Fira, Faiz sudah terlanjur mager. Tapi hal itu malah membuat uminya kreatif dan produktif. Iyakah? iyup, menyanyi dari lagu kreasinya sendiri, ehheee.


Ajak Bercerita 


Mungkin karena baru memiliki satu anak, jadi sewaktu Faiz kecil, saya sering menggunakan tips ini. Mengajak Faiz bercerita, bertanya dan selalu mengarahkan Faiz untuk bertanya dan menjawab. Faiz senang sekali ketika diajak untuk bercerita, anaknya mau ngobrol waktu kecil hingga sekarang.

Beda dengan Fira yang dipegang susah sekali. Ditanya sesuatu, tangannya akan memegang kepala, rambut atau malah menutup mulut umi. Tapi tips ini harus selalu dicoba, bagaimanapun proses mengenakan pakaian pada Fira membutuhkan tenaga yang besar. *Hiperbola banget ya?



Ide cerita bisa darimana saja kan ya? bisa dari pakaian yang akan dikenakan, bsia dari apa yang baru saja dilakukan atau bisa dari kegiatan yang akan dilakukan. Tadi sore, saya mencoba tips ini pada Fira. Firanya sudah lari duluan dan naik ke atas kasur. Umi panggil Fira dengan mengatakan bahwa ada kiti di bajunya. Kiti adalah image yang disukai Fira, Hello Kitty. Tetep atuh diajeng Fira naik guling-guling di kasur sembari menyembunyikan mukanya. 

Ibu-ibu memang apa-apa dijadikan cerita ya? ya gitu dech, habis gemes sekali. Selalu kewalahan ketika mengenakan pakaian pada Fira. Moms punya cerita sendiri ketika mengenakan pakaian kepada anak-anak? cerita yuks. [2016:02]



5 comments:

  1. saya belum punya anak mba :D
    saya coba terapkan tipsnya untuk adik saya :)

    ReplyDelete
  2. aku malah merasa capek banget tiap malam harus ganti baju anakku. sampe kadang putus asa

    ReplyDelete
  3. jav jg aktif bgt klo abis mandi, dingin kali ya :D

    ReplyDelete
  4. Nah, Fahmi biasanya pake tips no tiga tuh Mbak...
    selain anaknya seneng cerita, akunya juga emang bawel ke anak
    hihi...

    Trims ya Mbak tips dan infonya :)

    ReplyDelete
  5. untung anak saya pas dipakaikan baju ... nggak lari sana lari sini

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^