Skip to main content

Tips Mengenakan Pakaian pada Anak Aktif

Hai, sudah mandi semuanya? pastinya ya, karena umi mencium aroma wangi segar pada badan kalian. Fresh dari pewangi pakaian yang digunakan umi. Pakaiannya juga sudah dipakaian dengan benar, meskipun butuh tenaga yang ekstra untuk mengenakan pada kalian.

Rata-rata memang anak di bawah usia dua tahun itu susah sekali ketika dikenakan pakaian. Ada saja polah dan tingkahnya. Ada yang mengajak kejar mengejar, ada yang sembunyi, ada yang naik ke atas kursi dan kemudian melompat membawa pakaian tersebut. Terakhir nich, ada yang mengambil pakaian kemudian membawanya lari dan guling-guling di kasur.





Terakhir itu adalah polahnya Fira, anak perempuan umi yang berusia di bawah dua tahun. Sewaktu Faiz berusia segitu, akung memberi tips kepada umi. Saat umi menerapkan tips tersebut kepada Fira, Masya Allah, gatol alias gagal total.

Abi dan nenek juga sudah paham benar, jika mengenakan pakaian kepada Fira itu susah. Masing-masing memiliki tips dan trik agar Fira mau dikenakan pakaiannya. berikut tipsnya.

Berdirikan di Atas Kursi


Dengan diberdirikan di atas kursi, diharapkan anak akan tenang berdiri sembari berpegangan pada punggung kursi. Tentunya ada yang harus diperhatikan. Siapkan terlebih dahulu pakaian dan peralatan setelah mandi. Usahakan kursinya dipegang atau berdiri dengan kokoh.

Tips ini dari akungnya Faiz dan Fira. Tips ini berhasil untuk Faiz pada saat usianya di bawah dua tahun. Pernah menggunakan tips ini kepada Fira, tapi jadi deg-degan. Firanya memegang lemari yang jaraknya lumayan jauh, kemudian kursinya miring. Beruntung umi masih ada didekat kursi tersebut. Berhasil menggunakan tips ini juga pernah, ya...harus ekstra perhatiannya dech.

Putar Musik atau Lagu Kesenangannya


Tips ini oke punya untuk Fira saat ini. Ada banyak lagu kesenangan Fira yang bisa berkali-kali diputar. Jika sudah mendengarkan lagu tersebut, apalagi ada visualisasinya, bakalan betah dan bisa diajak kerjasama dalam hal pemakaian pakaian. heheee.

Tips ini tentunya sangat mudah, tapi kadang ada tidak pasnya. Pas selesai mandi, televisi sedang ditonton kakaknya. Mau diminta pinjem untuk putar lagu kesenangan Fira, Faiz sudah terlanjur mager. Tapi hal itu malah membuat uminya kreatif dan produktif. Iyakah? iyup, menyanyi dari lagu kreasinya sendiri, ehheee.


Ajak Bercerita 


Mungkin karena baru memiliki satu anak, jadi sewaktu Faiz kecil, saya sering menggunakan tips ini. Mengajak Faiz bercerita, bertanya dan selalu mengarahkan Faiz untuk bertanya dan menjawab. Faiz senang sekali ketika diajak untuk bercerita, anaknya mau ngobrol waktu kecil hingga sekarang.

Beda dengan Fira yang dipegang susah sekali. Ditanya sesuatu, tangannya akan memegang kepala, rambut atau malah menutup mulut umi. Tapi tips ini harus selalu dicoba, bagaimanapun proses mengenakan pakaian pada Fira membutuhkan tenaga yang besar. *Hiperbola banget ya?



Ide cerita bisa darimana saja kan ya? bisa dari pakaian yang akan dikenakan, bsia dari apa yang baru saja dilakukan atau bisa dari kegiatan yang akan dilakukan. Tadi sore, saya mencoba tips ini pada Fira. Firanya sudah lari duluan dan naik ke atas kasur. Umi panggil Fira dengan mengatakan bahwa ada kiti di bajunya. Kiti adalah image yang disukai Fira, Hello Kitty. Tetep atuh diajeng Fira naik guling-guling di kasur sembari menyembunyikan mukanya. 

Ibu-ibu memang apa-apa dijadikan cerita ya? ya gitu dech, habis gemes sekali. Selalu kewalahan ketika mengenakan pakaian pada Fira. Moms punya cerita sendiri ketika mengenakan pakaian kepada anak-anak? cerita yuks. [2016:02]



Comments

  1. saya belum punya anak mba :D
    saya coba terapkan tipsnya untuk adik saya :)

    ReplyDelete
  2. aku malah merasa capek banget tiap malam harus ganti baju anakku. sampe kadang putus asa

    ReplyDelete
  3. jav jg aktif bgt klo abis mandi, dingin kali ya :D

    ReplyDelete
  4. Nah, Fahmi biasanya pake tips no tiga tuh Mbak...
    selain anaknya seneng cerita, akunya juga emang bawel ke anak
    hihi...

    Trims ya Mbak tips dan infonya :)

    ReplyDelete
  5. untung anak saya pas dipakaikan baju ... nggak lari sana lari sini

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…