Skip to main content

Mengisi Liburan dengan Merawat Tanaman Hias

Sebulan yang lalu, Faiz dan Fira berlibur di rumah uti dan akung di Cilacap. Di rumah uti dan akung, ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tumbuh dengan subur. Tanaman hias dan bunga-bunga tersebut dirawat dengan baik, sehingga dapat tumbuh dengan subur dan sedap dipandang mata.  

Uti dan akung, sama-sama menyukai tanaman. Suatu ketika, akung pernah "mendeder" bibit tanaman hias. Jumlahnya banyak sekali, sampai abi membawanya ke Tangerang. Uti bertugas untuk menempatkan pot-pot berisi tanaman hias tersebut di halaman rumah. Mereka berdua bergantian untuk menyiram tanaman hias tersebut.

Liburan kemarin, giliran Faiz dan Fira yang membantu uti untuk menyiram tanaman hias. Tanaman hias tersebut ada di halaman depan, ada di halaman belakang dan ada juga yang diletakkan di dalam rumah. Tentunya ketika akan menyiram, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Uti mengajari Faiz saat menyiram tanaman hias yang berdaun lebat dan cantik-cantik.


Tanaman HIas


Uti mempunyai dua alat penyiram tanaman hias. Satu yang besar dan satu yang kecil. Ketika akan menyiramkan air ke pot yang tumbuh tanaman hias, juga ada triknya, lho. Corong yang ada diujung, sebaiknya diputar ke atas, jadi ketika menyiramnya, akan lebih mudah. Faiz berkali-kali diajari, heheee...maklum selain menyiram tanaman hias uti, sekalian bermain air juga. Berikut beberapa gambar sebagian tanaman hias milik uti dan akung.

Tanaman hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias


Tanaman Hias

Bermain air bagi anak-anak memang menyenangkan ya, moms. Apalagi bermain airnya di rumah sendiri. Diijinkan oleh orang tua dan kegiatannya juga menyenangkan. Tentunya perlu berhati-hati juga, apalagi air yang tumpah di lantai yang bertekstur licin. Jadilah ummi mengambil alat pel. Supaya air tersebut tidak membahayakan anak-anak. 

Eh, ternyata Fira malah mengambil alih pekerjaan ummi. Fira enang sekali mendorong-dorong alat pel tersebut. Sebuah kegiatan baru untuk Fira. Ummi sibuk menagmbil gambar kalian dong...hehee. Berikut gambar-gambar Faiz dan Fira.

Mengisi LIburan






Mengisi liburan dengan merawat tanaman hias milik uti dan akung itu menyenangkan. Faiz jadi tahu, bagaimana cara memperlakukan tanaman hias. Di mana, tanaman hias tersebut adalah makhluk hidup. Ciptaan Tuhan yang harus diperlakukan dengan baik. Faiz juga harus belajar, bahwa tidak boleh membuang-buang air ketika sedang menyiram tanaman hias tersebut. 

Oleh karena itu, diperlukan alat penyiram khusus. Jadi penggunaan air tidak berlebihan. Sedangkan Fira? belajar mengkondisikan suatu tempat itu aman, tidak bahaya. Lantai yang dipel agar tidak tergenang air, salah satu upaya peduli lingkungan juga.

Waaah, liburan di Cilacap selalu menyenangkan. Ada banyak sekali pengalaman baru untuk Faiz dan Fira. Uti dan akung memang tepat merawat tanaman hias. Selain sebagai penghias rumah, juga sebagai aktifitas yang menyehatkan. Merawat tanaman hias, badan jadi bergerak. Ketika sedang istirahat setelah beraktifitas, dapat memandang tanaman hias yang canti-cantik, bukan?

Bagiamana dengan liburan teman-teman? tentu menyenangkan juga ya, meskipun hanya di dalam rumah nenek dan kakek atau di rumah sendiri. [2016:02]

Comments

  1. tanamannya bagus2..kalo tanaman saya di rumah tinggal 2 nih yg sebelumnya mati karena ga telaten dirawat

    ReplyDelete
  2. kalau saya gak telaten dengan tanaman hias. Semua tanaman di rumah, suami saya yang ngurusin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak, Ibu dan Bapakku rajin sekali

      Delete
  3. buhh liat tanamannya bkin seger itu ya mbak..hhhee

    ReplyDelete
  4. Rajin-rajin bangeeet sih Faiz et Gira 😘😘😘😘

    ReplyDelete
  5. Klao anak2ku berebun harus ke rumah yangkungnya dulu di Kudus. Disana banyak tanmean, di rumahku ngga ada >.<

    ReplyDelete
  6. Halamannya seger, asri beud Maakk

    ReplyDelete
  7. Waaah pinternya. Ini kakak2 tante suruh pada gak mau. Ckckckckk

    ReplyDelete
  8. Artikelnya bagus bangeeettt. Saya jadi tahu sedikit-sedikit soal parenting. Kebetulan lagi persiapan nih, jadi mulai cari-cari referensi dulu sebelum beneran punya buah hati :) Terimakasih untuk share-nya ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…