Skip to main content

Anak Tidur Menungging, Berbahayakah?

Menjadi seorang ibu memang harus senantiasa belajar dan menambah ilmu dan pengetahuan. Bisa dari sharing yang diadakan oleh teman  yang sudah menajdi ibu, atau mengamati perkembangan dunia artikel online yang semakin marak belakangan ini.

Dulu, saya selalu bertanya kepada ibuku, bu kok Faiz tidurnya sebentar-sebentar ya? bu, kok Faiz tidurnya nungging ya? lama lagi nunggingnya. Kan khawatir nanti susah bernafas. Dan sekarang di era digital, semuanya serba online, di internet semuanya bisa didapat dan dipelajari. Tapi ingat, kudu dipilih-pilih ya bu.



Fira ternyata juga memiliki kecenderungan untuk tidur dengan posisi menungging. Haaah? menungging kek mana? ya posisinya itu telungkup, tapi pantatnya diangkat ke atas, posisi mukanya menyerong ke kanan atau kekiri. Jadi sebetulnya itu cukup aman untuk pernafasan Fira. Tapi tunggu dulu, abinya suka cerewet kalau menjumpai anaknya tertidur dalam posisi menungging seperti itu.

Ketika anak tidur dalam posisi menungging, sebaiknya langsung harus diperbaiki posisi tidurnya, kata beliau seperti itu. Dalam posisi menungging tersebut, selain hidung bisa terhalang untuk bernafas, jantung juga akan tertekan, karena posisinya dekat dengan alas tidurnya.


Kenyamanan Tidur Anak


Namun demikian, ternyata anak memiliki gaya tidur yang bermacam-macam. Jika usianya masih terlalu bayi (kurang dari satu bulan) mungkin posisi tidur telungkup/menungging ini sebaiknya langsung diperbaiki. Namun jika usianya sudah seperti Fira (1,5m) itulah gaya tidurnya, dan jika dia merasa tidak nyaman, pasti dia akan mengubah posisi tidur menunggingnya menjadi posisi terlentang atau miring.

Dari yang saya baca, ketika anak tidur menungging, ada beberapa hal yang sedang dirasa. Perutnya sedang tidak nyaman atau anak sedang gelisah sehingga posisi tidurnya berubah-ubah. Posisi terlentang, posisi miring dan berubah menjadi menungging.

Jika saya perhatikan, Fira memiliki gaya tidur yang aduhai banyak sekali. Kadang dia akan tidur dengan berbantal kaki kakaknya. Kadang dia akan memeluk bantal dan guling, kadang akan terlentang dan kadang menjadi bahan ketawa saya dan abinya, yaitu posisi tidur menunggung.

Berbahayakah Tidur Menungging


Resiko SIDS (sudden infant death syndrome)  yaitu suatu gejala kematian mendadak pada bayi. Saya pernah membaca pada sebuah buku merawat bayi baru lahir, hal tersebut sebaiknya diperhatikan. Apalagi jika posisi menunggingnya sangat berbahaya, misalnya hidungnya tertutup selimut atau alas tidurnya terlalu keras dan tidak ada rongga untuk bernafas.



Sebaiknya ketika menjumpai bayi yang tidur dalam posisi menungging, harus segera diubah pada posisi terlentang. Posisi menungging atau tummy sleep atau tengkurap harus dilakukan ketika bayi sedang terjaga. Tujuannya untuk menguatkan otot leher dan tangannya. Inilah tugas para orang tua dan pengasuh untuk mengawasi posisi tidur bayi, apakah terlentang atau menungging.


Saat ini kedua anak saya sudah besar dan mereka dapat memilih posisi tidur yang membuat mereka nyaman. Tapi abinya masih sering memperingatkan untuk memperhatikan gaya tidur anak-anak tersebut. Karena kualitas tidur merupakan hal yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh, otak dan mental mereka, setuju? [2016:02]


Comments

  1. Setuju banget. :) Untungnya anakku gak tidur nungging, tapi mlungker :D

    ReplyDelete
  2. sebenernya baru denger sindrom kayak gitu, tapi masuk akal sie bisa jadi tengkurep gitu bahaya juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…