Wednesday, 8 July 2015

Menggunting Kuku Bayi Baru Lahir, Susah-Susah Gampang

Memiliki seorang bayi yang masih merah dan mungil merupakan hal yang paling membahagiakan orangtua. Lalu, bagaimana merawatnya mulai dari memandikan hingga menggunting kuku bayi? Hayo...ngaku yang masih manja-manja menjadi seorang ibu dan bapak. Seperti mi contohnya, awalnya mi takut-takut begimana gitu.

Wajarlah, namanya baru memiliki bayi merah mungil dan belum kursus bagaimana memegang bayi hingga menggunting kuku bayi, jadi mi takut, kalian enggak ya?. Ternyata ada yang perhatian sekali melihat wajah kebingungan mi, yaitu akung, bapaknya mi. Beliau membelikan gunting kuku khusus untuk bayi.

Gunting kuku khusus untuk bayi yang dibelikan oleh akung berwarna biru dan putih serta bentuknya mungil sekali. Ujungnya tidak runcing alias tumpul serta ringan agar tidak melukai kulit bayi yang lembut sekali ketika proses menggunting kuku bayi. Melihat harganya, aduuuh lumayan mahal untuk ukuran tahun 2009, 17.500 K.

Awalnya, akung yang memberikan contoh menggunting kuku bayi Faiz. Jemari bayi diangkat dan digenggam tapi tidak kencang oleh tangan akung, baru setelah itu proses menggunting kuku bayi dilakukan. Kita tidak boleh tegang, karena jika kita yang tegang, bayi akan menjadi gusar dan jemarinya tidak mau dipegang.

Setelah melihat cara menggunting kuku bayi Faiz, lama-lama akhirnya mi sendiri yang melakukannya. Biasanya mi menggunting kuku bayi Faiz ketika sedang tidur siang, siang hari lebih terang dengan bantuan cahaya matahari. Jika dilakukan malam hari, kondisi mi telah mengantuk dan hanya dibantu dengan cahaya lampu.

Bagaimana untuk anak kedua mi, bayi Fira? menggunting kuku bayi Fira susah sekali, rasanya pingin nangis dan memanggil akung untuk datang ke Tangerang. Menggunting kuku bayi Fira mi lakukan ketika bayi Fira tidur siang, namun selalu saja bergerak. Mungkin bayi Fira tidurnya kurang nyenyak ya.

Sesaat sebelum menggunting kuku bayi Fira, panjang -panjang sekali y


Hal ini terus mi lakukan berulang-ulang untuk menggunting kuku bayi Fira. Dua jemari selesai berhenti lagi karena bayi Fira terbangun atau bergerak, setelah itu dilanjutkan lagi hingga selesai. Tantangan menggunting kuku bayi Fira sangat keren dech, lebih keren dari kakaknya yang lelaki. Hingga bayi Fira besar menggunting kukunya juga masih susah, besok lebaran mudik ke akung, bolehlah akung yang mengguntingnya ya, Nak.

Salam
As


7 comments:

  1. kuku dan jari fira lentik2 :)
    klo saya gunting kuku bayi pas anaknya lg tdr mlm mak :D

    ReplyDelete
  2. Aiihh kuku Fira sampe sepanjang itu? Kasian atuh klo ntar garuk2 kena wajahnya.
    Aku seneng banget loh setiap kali mau gunting2 kuku anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kui Mba, susah banget menggunting kuku Fira, gerak mulu padahal matanya merem

      Delete
  3. Pasti harus dilakukan dengan hati2 ya Jeng
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya de, apalagi anaknya suka sekali bergerak meskipun tidur.
      Matur nuwun de,

      Delete
  4. Thanks for a wonderful share

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...