Sunday, 24 May 2015

Cara Mengatasi Rasa Mual Pada Kehamilan

Rasanya hamil itu bagaimana sich? apakah hamil pasti ada mualnya? pasti ngidam dan apakah tiap kehamilan itu berbeda-beda? hamil itu makan untuk dua orang ya? enggak boleh ini dan enggak boleh itu? tidurnya nanti bagaimana kalau perutnya sudah besar? beratnya seperti apa sich menjalani masa-masa kehamilan itu?
Apa kabar kalian yang sedang menjalani masa-masa kehamilan? sehat-sehat selalu ya, sehat ibunya dan sehat dedek bayinya dan juga sehat untuk keluarga semua, yang sedang menantikan masa kehamilan, sabar ya..semua pasti ada waktunya.
Nah, pengantar di paragraph pertama tadi, merupakan sebagian dari banyak sekali masalah yang diutarakan oleh wanita yang belum pernah hamil, termasuk saya yang pada waktu itu sama sekali awam dan jarang sekali bertanya-tanya kepada wanita yang sedang hamil.  Pernah memiliki pengalaman bersama teman satu team, ya ampun terlihat berat sekali, beliau mengatasi rasa mualnya.
Jadi, di sini saya ingin menceritakan bagaimana mengatasi rasa mual di kedua kehamilanku. Memang tidak dapat dipungkiri, pada masa kehamilan rasa yang terberat dijalani adalah mual. Pada tiap orang tentu kadarnya berbeda-beda,pun pada bulan-bulan tertentu juga akan berbeda-beda juga pada satu orang.
Kehamilan Pertama, Hamil Kebo tapi Manja pada Bau Ikan
Masa kehamilan trimester pertama, atau bahkan pada bulan-bulan pertama,rasa mual memang dating pada pagi hari. Namun rasa mualnya tidak begitu kuat, malah akan hilang jika saya sedang memasak. Jadi,setiap pagi hari sebelum berangkat bekerja, saya memasak terlebih dahulu.
Aroma bawang merah dan bawang putih yang kata orang menjadi pencetus mual,malah menjadi rasa penyemangat bagi saya. Kebanyakan teman merasa heran dengan kehamilan saya yang dikata hamil kebo.
Iya, saya makan apa saja, terutama buah-buahan dan biscuit. Sayuran karena terbiasa masak sendiri, tidak ada yang dipantang. Namun untuk lauk, ada satu yang unik, saya suka ikan tapi tidak suka baunya,apalagi minyak bekas menggoreng ikan. Aduh, bakalan langsung kepingin menyantap buah satu supermarket.
Beneran tidak pernah merasakan mual? beneran tidak, kan saya sudah sampaikan rasa mual dihadapi oleh sebagian wanita hamil. Saya juga merasakan mual, tapi tidak begitu sampai harus ke kamar mandi dan muntah.
Ini cara saya mengatasi rasa mual di kehamilan pertamaku,
  1. Membuka mata pada pagi hari,diawali dengan memakan biscuit terlebih dahulu lalu minum air putih sekuatnya.
  2. Setelah bangun dan beraktivitas kecil,minum segelas susu, dulu saya suka minum susu coklat. Tidak dengan air panas, namun dengan air hangat.
  3. Makan dengan porsi kecil pada pagi hari dan makan biscuit sesampainya di kantor.
  4. Sering-sering makan buah diselingi makan biscuit sebelum makan siang.
  5. makan siang, diawali dengan minum jus buah
  6. Sore hari juga makan camilan yang disukai.
  7. Malam hari setelah makan malam,kira-kira akan berangkat tidur,minum susu dengan air dingin, uuugh rasanya segar sekali.
Kehamilan pertamaku,kecil ya..namun lahirnya debay 3,2 kg
Oiya, hal yang unik pada masa kehamilan pertama;
  1. Menggoreng pisang satu 'epek' untuk sendiri
  2. Makan mie rebus habis satu mangkok,padahal sebelum hamil,jarang suka makan mie, jika makanpun tidak habis satu mangkuk.
  3. Bau minyak bekas goreng ikan, langsung mual.
Alhamdulillah bayi laki-laki lahir melalui tindakan operasi, menambah kebahagiaan kami dan diberi nama Faiz Ghaisan Muttaqi, yang berarti anak laki-laki tampan sebagai pemenang dan bertaqwa kepada Allah, aamiin.
Mual Parah tapi Tidak Muntah di Kehamilan kedua
Berhasil dengan KB kalender dan memutuskan untuk hamil lagi setelah Faiz berusia lima tahun. Rasanya dari segi apapun,inilah kehamilan yang paling bisa dibilang siap. Namun lagi-lagi, semuanya memang berbeda...karena masing-masing wanita hamil memiliki masa kehamilan yang berbeda.
Mual hingga Pusing tidak begitu sering terasa,namun ada beberapa kali dalam seminggu, heheee. Hal-hal yang di atas sudah saya lakukan, membawa biscuit ke kamar dan menyiapkan air putih di samping tempat tidur serta tidak langsung melakukan aktivitas,sudah terlaksana.
Memasak pun, rasanya membuatku semakin hendak pingsan...panas dan lemas sehingga rasa mual kerap muncul. jika sudah muncul rasa mual, yang bisa kulakukan hanya berbaring dan berharap lekas pulih,karena saya tidak boleh tidak masuk ke kantor.
Inikah penyebab rasa mual muncul pada kehamilan ke dua saya? rasanya mungkin iya. Secara fisik, saya kuat, namun ternyata secara psikologi saya kalah, saya didikte untuk jangan tidak masuk ke kantor, jika itu tidak terlalu parah.
Lalu, bagaimana cara saya melawan hal tersebut?
  1. Menanamkan dalan pikiran saya, bahwa saya sehat,saya tidak mual dan saya pasti datang ke kantor.
  2. Membawa bekal segambreng terus kulakukan.
  3. Merilekskan diri terlebih dahulu sebelum berangkat ke kantor.
  4. Bersantai menghadapi hal-hal yang mudah merusak mood
Alhamdulillah, saya bersama teman-teman maya yang sungguh luar biasa memberikan semangat kepada ibu hamil ini. Mereka terus memberikan support dan nasehat serta kata-kata yang menyejukkan sehingga saya cukup terhibur di kala pekerjaan dan masalah di kantor merusak mood saya.
Kehamilan keduaku, Alhamdulillah sering jalan-jalan,ini ke Google Indoensia
Wanita hamil itu harus bahagia, harus senantiasa tersenyum dan mendapatkan hal-hal terbaik diantara yang baik. Kadang memang ada banyak hal yang merusak pikiran wanita hamil, sebaiknya memang jauhi sumber-sumber tersebut agar tidak menambah pikiran wanita hamil menjadi terkontaminasi hal-hal tersebut.
Bayi perempuan lahir dari rahimku, menambah kebahagiaan kami dari Allah yang menghadirkan putera dan puteri dalam kehidupan ini. Alhamdulillah bayi tersebut cantik dan kami beri nama Azalia Asty Zhafira dengan arti kurang lebih, anak perempuan cantik seperti bunga Azalia yang sabar. Sedangkan Asty merupakan gabungan dua nama saya dan suami.
Bagi kalian yang sedang menjalani masa kehamilan atau akan hamil, sedikit kata dari saya;
  1. Jika Allah memberi kesempatan pasti ada kemudahan mengiringi.
  2. Selalu tanamkan kebahagiaan dalam diri dan pikiran serta jauhi hal-hal atau sumber yang mendatangkan pikiran buruk
  3. Lebih baik konsultasikan kepada tim medis untukhal-hal yang berhubungan dengan kehamilan
  4. masa kehamilan memang berat,jalani dengan ikhlas karena ada banyak wanita yang menginginkan menjalani masa kehamilan

@astinas

2 comments:

  1. Bersantai pada hal yg mudah merusak mood, terus terang belum berhasil kulakukan nih, Mak. Hiks hiks. Gimana ya caranya supaya gak over-thinking sama hal-hal kayak gitu? Makasih tips and info nya ya Mak :*

    ReplyDelete
  2. makasih mak sharingnyaa *catet*
    ak ngalamin ga suka bau masakan.. tp ga parah si..

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...