Monday 27 November 2017

Supaya Anak-Anak Betah di Rumah Saat Musim Hujan

Hai hallo apa kabar semuanya? gimana kabarnya Hari Minggu kemarin? ada yang liburan di luar rumahkah? kehujanan, tidak? Di sini, hujan cukup deras loh, kemarin. Jadi, setelah belanja bulanan di TangCity, anak-anak setuju untuk langsung pulang ke rumah. Padahal anak-anak sudah ingin bermain di Kids City di daerah Cikokol karena mendapatkan voucher bermain  setelah belanja di Carrefour. Alhamduliah anak-anak nurut dan mau saja, rute selanjutnya adalah pulang ke rumah.

Sampai di rumah, hujan masih turun deras dan otomatis turun dari mobil tetap kehujanan. Eh, anak-anak ikutan turun dari mobil dan kehujanan dech. Tanggung kan, cuma kehujanan sebentar, jadi si kecil bolehkan hujan-hujanan di depan pintu gerbang. Tapi, dengan syarat, saat diminta selesai, nurut langsung masuk ke rumah, ganti baju dan mengeringkan rambut kemudian makan. Si kakak, tidak diperbolehkan main hujan-hujanan karena minggu depan sudah ujian semesteran. Si kaka lebih memilih mengelap mobil. Sewaktu ditanya, dapat upah berapa dari abi? enggak ada, kan ikhlas, jadi enggak dikasih apa-apa. Alhamdulillah, si kakak sudah mengerti makna ikhlas.

Kakak Adek, foto diambil beberapa tahun yang lalu



Nah, liburan di rumah bersama anak-anak saat musim hujan tetap asyik kan? anak-anak bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan saat bukan hari libur. Tentunya lebih menyenangkan apabila disediakan hal-hal berikut nich.

1| Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Hangat


Kebetulan di rumah tersedia Ramen Instant Rebus dan anak-anak sudah lama tidak makan mie. Anak-anak suka sekali Ramen Mikuya dari Nissin, rasanya segar banget dan cocok banget ya dinikmati selagi panas. 

Makanan hangat lainnya yang cocok dinikmati untuk liburan di rumah bersama anak-anak saat musim hujan adalah soto, sop ayam dan aneka gorengan buatan rumah sendiri. 

Minumannya tetap teh manis hangat untuk anak-anak yang baru main air. Kakak yang ngelap mobil dan si kecil yang main hujan-hujanan. Cocok sekali kan, teh manis hangat untuk menemani liburan di rumah bersama anak-anak.

2| Menonton Film Kartun


Anak-anak mempunyai kebiasaan menonton film kartun dari YouTube melalui televisi. Jadi, anak-anak bisa beristirahat sembari tiduran dan menonton film kartun kesukaan mereka. Beberapa film kartun yang biasa ditonton dua anak yang jarak usianya 5 tahun itu adalah; Doraemon, BoboiBoy, Oddbods, Thomas and Friends.

Jadi mereka bisa nonton berdua dan tidak saling berebut ingin menonton film kartun kesukaan mereka masng-masing. Pernah sich mereka berantem gara-gara ingin menonton film yang tidak dapat dinikmati bersama. Yah, namanya anak-anak, ada saja hal-hal yang membuat orang dewasa pasti geleng-geleng. Alhamdulillahnya, kemarin anak-anak baik-baik saja, malah si kecil sampai tidur nyenyak di tempat tidur.

3| Tidur Siang Bersama


Tidur bersama dapat menjadi aktifitas liburan di rumah bersama anak-anak. Apalagi untuk abinya nich yang bekerja dari senin sampai sabtu. Aktifitas tidur siang bersama selain dapat mengistirahatkan badan dan pikiran, juga dapat mendekatkan anggota keluarga. Rumah menjadi hangat dan anak-anak lebih kuat ikatan kasih sayangnya.

Oiya, tidur siang juga bisa dilakukan di tempat yang tidak biasa loh. Bisa dong, tidur di ruang keluarga yang bisa dihangatkan dengan menggelar karpet, melapisi dengan selimut tebal dan menutup jendela dan tirai supaya kesannya menjadi lebih hangat. Ach pas banget dong, tidur siang bersama bisa menjadi liburan di rumah bersama anak-anak menjadi lebih seru dan berkesan.

Setelah bangun tidur siang, baru dech anak-anak merasa lapar lagi perutnya. Kebetulan di rumah belum tersedia makann untuk sore. Camilan penyelamat untuk mengganjak perut adalah buah-buahan. Kebetulan di lemari es, selalu sedia buah-buahan. Anak-anak memiliki buah kesukaan masing-masing. Kakak suka mangga dan si kecil suka anggur dan jeruk. Buah adalah sumber serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Malam harinya menutup liburan di rumah bersama anak-anak, dengan acara makan bersama di luar rumah, Hehehee, malas masak, inginnya selalu berada di tengah-tengah anak-anak. Jadi, ya sesekali makan di luar boleh lah ya. Malam kemarin, menunya adalah makanan sea food jalanan di daerah Taman Royal. Kami sudah berlanggangan sejak lama dan berapa kali makan di sana. Warung tendanya cukup bersih, itu terlihat dari alas meja yang selalu bersih. Makanannya juga lengkap, bukan hanya sea food, rasanya enak dan harganya tidak begitu mahal.

Perut sudah kenyang, keperluan untuk esok hari sudah disipakan, jadwalnya untuk tidur malam dong. Alhamdulillah waktu sehari liburan di rumah bersama anak-anak terlewati dengan bahagia dan saling mengisi. Jadi tidak ada kesan hampa meskipun hanya liburan di rumah saja. Gimana liburan teman-teman kemarin?

No comments:

Post a Comment

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^