Friday, 5 April 2019

Mudik Menggunakan Kereta Api Tetap Nyaman dan Bahagia Bersama Anak-Anak



[Jalan-Jalan] : Mudik Menggunakan Kereta Api Bersama Anak-Anak

Hai hallo, apa kabar teman-teman Faiz dan Fira. Apa kabar juga moms, ibu-ibu dan bunda-bunda semua?. Semoga semuanya sehat-sehat senantiasa ya.

Sudah hampir satu minggu memasuki bulan April. Itu artinya satu bulan lagi, umat muslim di seluruh dunia, akan bertemu bulan Ramadan, Insya Allah. 

Bagaimana nich moms persiapannya menyambut bulan suci Ramadan? Persiapannya sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu ya, moms. Teman saya juga sudah menyimpan tiket kereta api lebaran 2019 untuk satu keluarga. Saya tahu benar bagaimana perjuangannya mendapatkan tiket kereta tersebut.

Mudik Menggunakan Kereta Api Tetap Nyaman dan Bahagia Bersama Anak-Anak



Teman saya mengatakan alasannya memilih mudik menggunakan kereta api, karena anak-anak masih kecil. Tahun lalu, sudah mencoba mudik menggunakan kendaraan pribadi. Namun karena anak-anaknya masih kecil dan hanya berjarak 1 tahun, ada saja drama yang terjadi.


Saya rasa pilihan mudik menggunakan kereta api adalah pilihan yang tepat karena usia anak pertamanya saja baru delapan tahun dan ada tiga adiknya yang masih bayi dan balita. Mudik menggunakan kereta api harus tetap nyaman dan bahagia meskipun membawa anak-anak loh moms.

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah merasakan nikmatnya mudik menggunakan kereta api. Persiapannya tentu lebih lama dan harus lebih diperhatikan dibandingkan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Ada anak-anak yang dibawa mudik menggunakan kereta api. Saya sebagai orang tua harus memastikan keadaan anak-anak harus nyaman dan bahagia. Tentunya berbagai persiapan sebelum berangkat harus dipersiapkan matang-matang. 

Pasti rempong dan ada banyak yang harus dicatat saat mempersiapkan keperluannya ya moms. Tapi demi mudik nyaman dan bahagia, saya melakukan hal tersebut. Di sini, saya akan membagikan pengalaman saya saat mudik menggunakan kereta api bersama anak-anak.

1. Mengenalkan Kereta Api kepada Anak-Anak


Moms, saya pernah memiliki pengalaman yang sangat dramatis. Saat itu baru punya anak sulung, yang berusia 2 tahun. Keluarga saya harus pindah dari Semarang ke Tangerang. Saat itu pilihan alat transportasi yang digunakan adalah kereta api bisnis. 

Satu kalipun saya tidak pernah mengajak anak sulung saya naik kereta api. Pertama kali naik, anak sulung saya masih enjoy dan senang berada di kereta api. Gambar kereta api sering dong dia lihat di rumah.

Tiba-tiba anak sulung saya menangis tidak pernah berhenti sewaktu kereta api berjalan. Para penumpang lain melihat ke arah saya yang menggendong si sulung. Ada yang bertanya, ada yang cuek dan ada juga yang menyarankan supaya terus digendong dan disusui.

Mudik Menggunakan Kereta Api Tetap Nyaman dan Bahagia Bersama Anak-Anak


Jadilah dari Semarang ke Jakarta, saya menggendong si sulung. Menangis tiada henti dan meminta turun dari kereta api. Saya terus berdoa dan si sulung diam tidak menangis hanya saat tertidur. Masya Allah, pengalaman yang sampai sekarang terus saya ingat.

Jadi, moms, kenalkan terlebih dulu kereta api kepada anak-anak. Paling tidak, apabila moms berada di Ibukota dan kota di pinggir Jakarta. Ada banyak pilihan transportasi yang berbasis kereta. Commuter Line, Kereta Bandara dan MRT.

2. Menjaga Kesehatan Anak-Anak


Satu minggu sebelum keberangkatan, awasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh anak-anak. Berikan waktu istirahat yang cukup supaya daya tahan tubuhnya tetap fit dan tidak mudah lelah. Sampai sekarang, saya selalu cerewet kepada anak-anak apabila hendak melakukan perjalanan mudik. 

Menjaga kesehatan tubuh anak-anak adalah hal yang sangat penting sebelum melakukan perjalanan mudik. Saat anak-anak berada dalam kondisi tubuh yang fit, perjalanan mudik menggunakan kereta api pasti nyaman dan bahagia. 

Mudik Menggunakan Kereta Api Tetap Nyaman dan Bahagia Bersama Anak-Anak


Cara untuk menjaga tubuh anak tetap sehat sebelum melakukan perjalanan  mudik, tentu tiap moms mempunyai caranya dong. Saya punya cara dengan memberikan batasan waktu bermain di luar rumah untuk anak-anak. 

3. Membuat Check List Barang Bawaan Wajib


Saya selalu membuat list barang-barang yang harus dibawa. Pertama-tama saya akan tulis barang yang harus dibawa, kemudian pilihlah mana yang wajib sekali dan tidak dapat ditinggal sama sekali. Contohnya, tiket kereta api, pakaian tentu wajib, makanan, mainan dan barang keperluan lainnya.

Menggunakan check list barang bawaan tentunya akan menghemat tenaga moms dan tentunya tidak ada barang yang tertinggal. Barang yang wajib dibawa saat mudik menggunakan kereta api bersama anak-anak, contohnya ; makanan dan minuman kesukaan, baju ganti yang bisa langsung diambil, mainan sederhana, obat-obatan, jaket dan selimut tipis untuk anak-anak.

Sampai sekarang, saya selalu membawa selimut tipis untuk anak-anak meskipun mereka sudah besar. Selimut tipis ini banyak sekali fungsinya loh moms. 

4. Menciptakan Good Mood


Moms, tentunya saat mudik menggunakan kereta api bukan hanya anak-anak saja dong yang harus nyaman dan bahagia. Orang tua juga sebaiknya mempunyai mood yang baik dan senantiasa menularkan hal-hal positif untuk anak-anaknya.

Usahakan untuk selalu menciptakan good mood dari rumah, selama perjalanan menuju stasiun, di perjalanan maupun setelah turun dari staisun. Sampai hari ini, saya terus berusaha belajar menciptakan good mood saat di rumah dan saat dalam perjalanan ke manapun.

Apalagi mudik menggunakan kereta api. Tidak ada toleransi menunggu calon penumpang yang telat. Jadi moms, sebelum berangkat ke stasiun cek terlebih dahulu jadwal kereta api-nya. Jangan sampai berangkatnya terburu-buru ya, moms. Datang ke stasiun tepat waktu menjadi salah satu terciptanya good mood

5. Mengutamakan Perhatian kepada Anak-Anak


Moms, saat berada di manapun, usahakan selalu perhatian utama kepada anak-anak ya. Sebagai orang tua milineal kadang saya juga ingin mengabadikan hal-hal yang menarik di perjalanan. Tapi kadang, ada anak-anak yang kemudian merengek meminta perhatian. 

Saya memilki pengalaman dengan anak bungsu saya. Saat itu sedang menunggu kedatangan kereta. Ada ayah dan kakaknya yang sedang bermain bersama dia. Jadi, saya memiliki kesempatan untuk mendokumentasikan beberapa sudut yang menarik bagi saya. Ternyata moms, anak bungsu saya ini malah merajuk dan meminta saya stop memotret. Ya sudahlah. 

Mudik Menggunakan Kereta Api Tetap Nyaman dan Bahagia Bersama Anak-Anak
Lebih baik menungu daripada terlambat datang mengejar kereta api


Di perjalanan menggunakan kereta apipun saya lebih aktif menceritakan apa yang dilihat. Misalnya pemadangan yang dapat di lihat dari jendela, saat berhenti di sebuah stasiun bahkan saat anak-anak melihat ada penumpang yang membeli makanan di kereta. Meski sudah membawa bekal, kadang saya mengijinkan anak-anak untuk mencicipi makanan di kereta api. Yah, biar mereka tidak pensaran.

Mudik menggunakan kereta api tetap nyaman dan bahagia bersama anak-anak tentu mudah sekali dong direalisasikan. Yah, kalaupun ada drama, semoga dramanya kecil-kecil saja ya moms. Moms juga bisa membagi peran dengan pasangan loh, saat mempersiapkan mudik menggunakan kereta api.

Membagi Tugas Mencari Tiket Kereta Api


Pembagiaannya bisa seperti pengalaman saya moms. Saya mempersiapkan barang-barang yang wajib di bawa. Suami saya mendapatkan tugas untuk mencari tiket kereta api. Boleh dibandingkan moms, tugas siapa yang paling membutuhkan usaha maksimal. Tentunya semua akan menjawab tugas mempersiapkan barang-barang yang wajib dibawa adalah hal yang paling menantang.

Soalnya nich moms, memesan tiket kereta api sekarang ini sudah semudah membalikkan telapak tangan. Ah masa sich, benaran dech, saya melihat suami saya pesan tiket kereta api sambil tiduran di sofa loh. Bagaimana caranya saat saya harus menyiapkan baju-baju yang diambil dari lemari pakaian, tidak mungkin sembari tiduran kan, moms.

Suami saya hanya memegang ponsel dan bertanya beberapa pertanyaan  yang berhubungan dengan waktu mudik saja. Sayapun penasaran dan langsung ikut duduk di sofa, mendekati suami yang asyik memegang ponsel.

Membeli Tiket Kereta Api di Aplikasi PegiPegi


Ternyata suami saya memesan tiket kereta api secara online menggunakan aplikasi pegi pegi. Loh, bukan lagi menggunakan browser dari laptop atau pc gitu?. Beberapa tahun lalu, saya masih memesan tiket mudik lebaran menggunakan komputer kantor loh. 


Ternyata memang semudah membalikan telapak tangan ya. Aplikasi pegi pegi ini dapat diinstall semua orang yang tentunya memiliki smartphone. Sayapun menemani suami yang sedang mencari jadwal keberangkatan mudik menggunakan kereta api.

Pada halaman utama pegi pegi ada pilihan pesanan, salah satunya adalah kereta api. Suami saya memulai diskusi akan mudik berapa hari. Hal ini penting karena, suami saya akan membeli tiket pulang pergi, supaya lebih praktis dan tidak harus mencari tiket pulang lagi. 

Pegi pegi menampilkan pilihan kereta api yang ada dengan memberikan informasi waktu tempuh perjalanan. Setelah memilih nama kereta api yang akan digunakan, barulah mengisi data pemesan. Tenang ya moms, pegi pegi akan menjamin keamanan seluruh informasi pribadi yang digunakan untuk booking



Pantes saja ya moms, suami saya langsung beli tiket kereta api pada menit itu juga. Tidak perlu pergi ke mana-mana, voucher tiket kereta api sudah bisa diprint. Baru dech, mencetak tiket kereta apinya bisa langsung sebelum jam keberangkatannya. Jadi, tidak perlu bolak balik dong membeli tiket ke stasiun kemudian pulang lagi kan. 

Sayapun segera install aplikasi pegi pegi. Eh namanya juga ibu-ibu ya, tahu-tahu kok sudah ada di fitur promo pegi pegi. Coba dech dilihat moms, ada promo apakah di sana. Moms, ternyata promo pegi pegi ada diskon untuk pembelian tiket kereta api yang berlaku sampai tanggal 5 April 2019 loh moms. Mudah-mudahan saja diperpanjang ya. 



Mudik memang menjadi pengalaman yang paling menyenangkan untuk anak-anak. Jadi, sebaiknya berikan hal anak untuk tetap nyaman dan bahagia saat mudik menggunakan kereta api. Pengalaman anak yang mengesankan pasti akan terbawa sampai si anak sudah dewasa kelak. Eits jangan lupa juga, ambil dokumentasi saat dalam perjalanan menggunakan kereta api ya, moms.

49 comments:

  1. anakku yg pertama sih udh pernah naik kereta api ke solo, tp wkt itu sama papinya doang. aku ga ikutan. tp yg kedua ini agak mudah mabok darat mba. makanya aku msh belum siap utk ajak mudik naik KA. lbh milih pesawat ato mobil pribadi. setidaknya kalo mobil sendiri, dia mau muntah, ga ush ga enakan ama penumpang lain. makanya thn ini aku mudik ke solo naik mobil juga :D.

    ReplyDelete
  2. Nah, kalau KA nih transportasi pilihanku kalau ke luar kota dan memungkinkan jadwalnya. Oya pernah di KA ada anak yg nangis tantrum sepanjang jalan dan salut dengan kedua ortu nya yang tenang menghadapi tanpa terlihat emosi kepada anak..bergantian menggendong dan menenangkan anak..

    ReplyDelete
  3. Satu hal yang belum keturutan nih sejak punya anak, ngajak Aqla mudik ke Jawa naik kereta hahaha. Belum keturutan eh udah dipindah ke Jawa, huhuhu.

    Pegipegi ini komplit ya..

    ReplyDelete
  4. Anak kedua saya kayaknya nih kudu diperkenalkan dengan kereta api, yang pertama juga jarang sih, tapi dia udah pernah.

    Saya juga pecinta aplikasi PegiPegi mba, lumayan banget ya promonya kalau pesan tiket kereta di Pegipegi :)

    ReplyDelete
  5. Akutu pengen banget loh ngenalin kereta ke anak2ku tapi di kalimantan belum ada kereta. Pengen deh kalo pas ada kesempatan ke jawa, ngajakin anak2 naik kereta juga. Apalagi bs booking mudah di pegipegi

    ReplyDelete
  6. Kami belum pernah mudik pakai kereta api (karena jarang mudik juga). Tapi kalau mudik, saya setuju kereta api jadi pilihan yang tepat karena ga terkena kemacetan. Saya baru tahu setelah baca artikel ini kalau tiket kereta api bisa dibeli di Pegi-Pegi. Mana tau suatu hari nanti bisa juga icip-icip naik kereta apai sekeluarga :)

    ReplyDelete
  7. Saya pengguna jasa kai juga kalau kemana-mana, merasa paling aman dan nyaman aja dengan kereta. Untuk anak juga kayaknya mereka sangat menikmati perjalanan kalau pakai kereta. Jujur belum pernah sih pakai aplikasi buat cari tiket, tapi next kalau mau jalan bisa juga nyoba cari pesan via pegipegi

    ReplyDelete
  8. Aku juga lebih suka jalan-jalan pake kereta. Estimasi waktunya terukur, cuma yang ga suka itu waktu-waktu berangkatnya yang nanggung. Kalau harus nunggu, lama banget. Eh ada yang cepet pegi beneran bikin kita harus buru-buru pergi. Ya iyalah, namanya juga kereta, bukan angkot yang setiap saat ada, ya hehehe

    ReplyDelete
  9. Mudik pakai kereta api bersama anak- anak memang termasuk nyaman. Apalagi sekarang kereta udah gak kayak zaman dulu. Pesan tiket ekonomi pun udah pasti dapat tempat duduk. Kalau dulu kan bisa desak-desakan di dalam kereta

    ReplyDelete
  10. Naik kereta api kalo rame1 seruu, tapi aku mudiknya deket aja sih. Ngga nyampe 2 jam, ga ada kereta juga yg ke Kudus.

    ReplyDelete
  11. Kalau bawa anak-anak mudik naik kereta api palingnyaman memang, bisa jalan-jalan juga di dalam gerbong dibandingkan naik mobil atau bisa yang cuma bisa duduk aja :) Wah gak berasa ya Astin bentar lagi mau mudik

    ReplyDelete
  12. Cuma pernah bawa anak sekali naik kereta api, itu pun kereta api bandara hehehe. Next time kalau bisa ke Jawa lagi mudah2an bisa bawa anak jalan, tinggal pesen tiket di pegipegi :)

    ReplyDelete
  13. Pegi-pegi ini andalanku banget utk pesen tiket KA.
    Kalo di OTA lain, ngga ada KA ekonomi.
    Di Pegi-pegi ada doooong. I looove Pegipegi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  14. Seneng yah mudik naik kereta api , anakku belum pernah naik kereta api jarak jauh gini heheh, next time ingin ke Yogya naik kereta ah

    ReplyDelete
  15. Udah lama aku nggak travelling pakai kereta api. Kayak yaau nyobain deh traveling lagi dan pesan tiket online aja :)

    ReplyDelete
  16. Betul bgt. Pesan tiket saat lebaran harus jauh2 hari. Alhamdulillah suami udah beli tiket buat lebaran tahun ini 😄

    ReplyDelete
  17. Haduh, aku udah lama nih gak naik kereta api. Dulu sering banget. Sekarang lebih ke pesawat dengan alasan biar lebih cepet. Padahal suka kangen naik kereta, lain sensasinya, Mba :)

    ReplyDelete
  18. Iya mba, anak2 ku Juga klo pulang Ke Cirebon lbih nyaman Naik kereta API,, lbih leluasa katanya ktimbang Naik bus..udah mulai dibiasakn bwa tas pakaian sendiri2 juga

    ReplyDelete
  19. Aku pengen deh ngerasain mudik pake kereta api, cuman ga pernah kesampean. Giliran ada kereta api jurusa Garut malah belum coba sampe sekarang hehe.
    Aku sering pake Pegi-pegi, banyak promo ya.

    ReplyDelete
  20. Sejauh ini kereta api tetap merupakan moda transportasi yang nyaman untuk anak dan ekonomis ya mak..terutama kalau di Jawa sih. Hihi..ga bikin mabuk dan bisa istirahat dengan nyaman...

    ReplyDelete
  21. kereta juga jadi pilihan the best saya dan keluarga karena nyaman, nggak ada macet-macet, pemandangannya bagus, bisa jalan-jalan sepanjang koridor kalau bosen haha, lebih tenang nggak berisik. Cuma, kadang juga saya milih bis atas alasan nyampe langsung depan gang rumah haha. Yaa ada plus minusnya lah ya.

    ReplyDelete
  22. Dulu kami sekeluarga kalau mau mengunjungi nenek, seringkali menggunakan kendaraan sendiri.
    Tapi nanti kalau punya rencana untuk ke kampung halaman orang tua, kayaknya pengen naik kereta api. Fasilitas yang disediakan oleh PT. KAI memang bikin penumpangnya merasa nyaman.

    ReplyDelete
  23. Aku akhir-akhir ini pengguna KAI juga, dan suka cari tiket via pegi-pegi karena sering ada diskon

    ReplyDelete
  24. Aku baru baik Commuter Line dan MRT aja nih bareng anak-anak.. belum pernah ngerasain mudik naik kereta api bareng anak.. karena memang kampung halaman kami di Jakarta hehe.. Tapi ada niat untuk ke Cirebon kami naik kereta.. jadi sudah lebih siap deh setelah baca tulisan ini

    ReplyDelete
  25. Uda berapa lama aku gak perjalanan mudik naik kereta api yaa...
    Hiiks~
    Yai itu kendalanya susah pesan.

    Harusnya aku kenalan sama pegipegi yaa...
    Agar dapat tiket yang diinginkan.

    ReplyDelete
  26. Aku tim Kereta Api. Tahun ini alhamdulillah dapat tiket meskipun harus transit Bandung dl. 2 tahun sebelumnya berturut-turut harus bawa kendaraan. Tahun ini anakku gak mau lagi karena katanya capek. Jadi ya,transit dl gpp deh, demi berkereta

    ReplyDelete
  27. Wah mudik menggunakan kereta api ini paling utama mbak. Klo gak naik kereta, gak mudik deh kecuali kondisi tertentu harus naik mobil. Yang jelas paling nyaman klo bawa anak-anak naik kerera. Mereka pun senang banget bisa leluasa bergerak di kereta. Bisa lihat pemandangan juga, apalagi kalau masuk terowongan, ah seru banget

    ReplyDelete
  28. Anak-anakku suka banget naik kereta api. Biasanya kami naik kereta di sekitaran Jateng. Harganya terjangkau. Rute favoritku sih kalo naik kereta eksekutif ke Bandung

    ReplyDelete
  29. Untuk orang dewasa pun sepertinya lebih enak naek kereta ya mbak. Jadi gak capek nyetir di jalan, bisa istirahat dan bisa liat pemandangan indah sepanjang perjalanan...

    ReplyDelete
  30. Sejak pindah ke Kaltim, praktis kami jarang banget pakai layanan KA ini
    Jadi, kalau pas travelling ke Jawa, naik KA pasti aku usahakan masuk di jadwal, ingin mengulang sensasi naik KA saat masa kecil dahulu di Sumut

    Sekarang memang serba simpel dan praktis, cuma perlu gawai dan pulsa, bisa melakukan apa saja termasuk pesan tiket kereta api

    ReplyDelete
  31. Naik kereta api so far lebih nyaman dan tepat waktu ya soale kalau naik mobil atau bus kadang ga di duga2 sampainya dan sering kejebak macet.

    ReplyDelete
  32. Memang bepergian keluar kota tuh lebih nyaman menggunakan kereta api yah mbak, gak kena macet dan tepat waktu. Dan anak2ku gak pada mabuk mbak. Kalo naik mobil bawaannya suka mabok terus nih hahaha.

    Apalagi sekarang pesen tiket kereta praktis banget yah kalo via pegipegi cuma tinggal klik-klik, doang beres deh :))

    ReplyDelete
  33. Anak aku suka banget naik kereta api. Hehe

    Yang mau mudik harus dipersiapkan dari sekarang ya. Katanya untuk tiket kereta api udah banyak yang booking.

    Cek ah lewat pegipegi. Hehehe

    ReplyDelete
  34. Berkereta adalah salah satu materi travelschooling keluarga kami mbak. Anak2 diperkenalkan dengan beberapa moda transportasi, dari yang nyaman sampai yg kurang nyaman biar mereka paham dan merasakan kondisinya langsung. Tapinya kereta api skrg semuanya terbilang nyaman ya, bersih dan berAC. Mereka pernah saya ajak naik bus tanpa AC yg isinya ada penumpang merokok. Wiii seru, tapi kasihan jadinya kalo lama-lama, sesak.

    ReplyDelete
  35. idola banget ya Mba naik kereta api.
    aku juga demikian, soalnya enak cepet dan nyaman
    bisa liat pemandangan, pesennya dipegipegi mah asikk

    ReplyDelete
  36. Semenjak tiket pesawat mahal aku mudiknya pakai kereta api terus sama anak2 haha. Alhamdulilah anak2 enjoy aja mbak krn kereta api kan skrng nyaman ta, tapi ya kudu disounding sih kalau mau melakukan perjalanan lama.

    ReplyDelete
  37. ini aplikasi yang enak banget memang mba dan aku suka karena user friendly bangeeet plus banyak diskonnya ya Mba. Dan kereta api tuh seruuuu..anak-anak pasti suka!

    ReplyDelete
  38. wah, banyak diskonan ya. lumayan nih buat jalan2. aku sering naik kereta kalau ke SBY, semarang,Jogya dan Solo. hahaha... 4 rute itu yg sering aku kunjungi. segera cek tiket keretanya ah...

    ReplyDelete
  39. Aku singgung tentang pengalaman mudik saat anak nggak fit ya, Mbak. Rasanya utu ya Allah, nano-nano banget. Pokoknya nggak mau-mau lagi deh. Sudah nggak fit eh di jalan macet pula. Kemudian stok makanan juga nggak ada di mobil. Ngeri-ngeri sedap pokoknya.

    Itu pas si sulung nangis terus di kereta, kubayangkan wajah Mbak Astin pasti pucat pasi. Anakku ini suka sekali lihat kereta, Mbak, tai belum pernah sekalipun naik kereta. Ide yang bagus agar kami mencoba naik kereta juga. Yaaahh, nggak usah yang jaih-jauh dulu lah ya. Aku jadi penasaran.

    ReplyDelete
  40. Tahun ini aku nda mudik pas lebaran, tahun lalu aku ngerasain tuh mudik naik kereta api bawa-bawa NUrani yang masih bayi so far so good sih ya, ku kira anak bakal keberisikan tapi ternyata engga, kereta sekarang sudah nyaman malah anaknya senang soalnya kan goyang2 jalannya.

    ReplyDelete
  41. Belum pernah pergi bareng anak-anak naik kereta. Kuatirnya si anak malah berjalan keliling gerbong dari ujung ke ujung. Adanya si Mak yang gempor haha. Makasih infonya ya mbak. Lebih gampang pesan tiket kereta api dari pegipegi ternyata.

    ReplyDelete
  42. Pengen banget jalan2 naik kereta selain krl..yg jauh gitu kayak k jawa krn katanya naik kreta makin nyaman

    ReplyDelete
  43. Biasanya anak-anak suka dengan kereta api. Tapi kalau mudik ber-jam-jam ya jadi PR juga nih mengingat anak-anak mudah bosan. Tipsnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  44. Aku selalu mudik dengan kereta api Mak, lebih murah dan nyaman, jangan lupa bawa mainan, buku dan camilan ya buat perjalanan..

    ReplyDelete
  45. Beberapa bulan ini kalau ke luar kota selalu mengandalkan kereta api buat urusan kerjaan, sampai aku seneng banget diem lama-lama di restorasinya makan bakso popso hahaha

    ReplyDelete
  46. Kereta api moda transportasi favorit keluargaku sedari dulu. Apalagi sekarang pelayanannya makin bagus dan fasilitas juga nyaman. Mudik makin seruuu ketika bisa menang rebutan beli tiket online hehe

    ReplyDelete
  47. Belum lama aku habis dari Solo menggunakan kereta api, pesannya juga via Pegipegi. Enak pula tinggal cek semua via apps aja.

    ReplyDelete
  48. Naaaah menciptakan good mood pada anak2 tu penting mbal. Kalau aku selalu sounding jauh2 hari sblm melakukan perjalanan, jd aku bilang jalannya kauh dan lama terus berulang2 gtu, jd anak pas hari H akan "maklum" dan gak terlalu rewel :D

    ReplyDelete
  49. Yah jadi ingat udah lama nggak naik kereta api bareng anak-anak. Terakhir sih jarak deket ke Purwokerto dan anak anak ya nyaman :)

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...