Monday, 15 April 2019

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City



[Jalan-Jalan] : Memanah di Branchsto BSD City

Mengajak anak jalan-jalan adalah sesuatu yang paling menantang. Apalagi kalau rencana berubah baik di rumah maupun saat di dalam perjalanan. Anak-anak sudah tidak bisa lagi hanya dijanjikan. Rencana ke tempat A, tidak bisa tidak harus ke B. Perlahan saya mengajarkan untuk melatih Faiz memahami kondisi apapun.

Hari Minggu lalu, sejak siang sudah merencanakan untuk keluar rumah mengajak #jalanyuknak. Dikarenakan oleh sesuatu hal, persiapannya mundur teratur. Menjelang sholat Ashar, barulah kami keluar rumah untuk berangkat ke rencana awal. Di tengah perjalanan, saya kembali membuka informasi jam operasional tempat tersebut. Ternyata jam operasionalnya sebentar lagi tutup dan jaraknya lumayan jauh dari rumah kami.

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Anak-anak sudah tidak sabar masuk ke dalam Branchsto



Awalnya Faiz menolak tidak ingin mengubah rencana awal. Saya yang biasanya emosi menangani hal ini, berusaha untuk sooling down dulu. Menarik nafas dan mengatur penekanan suara. Saya tidak ingin terus berdebar dengan Faiz tentang perubahan rencana. Sejujurnya, Faiz itu mirip saya, yang tidak bisa mengubah rencana. Alhamdulillah, setelah diberikan pemahaman dan solusi yang lain, Faiznya malah senang sekali.

Wisata Keluarga Branchsto Equestrian Park


Branchsto Equestrian Park menjadi pilihan saya dalam perjalanan menuju BSD City. Branchsto Equestrian Park merupakan tempat wisata keluarga, dengan beberapa pilihan wahana. Salah satunya adalah Archery. Tempat ini sudah beberapa kali kami lewati, namun belum sekalipun mampir. Penasaran dengan tempat wisata keluarga ini, kamipun setuju menuju Branchsto. Alhamdulillah tidak perlu nega nego dengan Faiz dan Fira. Semuanya senang, saat diceritakan bakal naik kuda, memanah, melihat kuda pony dan lain sebagainya.

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Tempat parkir Branchsto


Tepat pukul 16.30 kendaraan kami masuk ke dalam area parkir yang lumayan luas. Hujan rintik menyambut kedatangan kami, anak-anak tidak sabar masuk dan bermain di wahana yang disediakan. Kesan pertama wooow, tempat wisata keluarga yang tidak ada tiket masuknya, cocok menjadi pilihan #jalanyuknak. Mengeluarkan uangnya saat anak-anak ingin mencoba wahana yang disukainya. Ada banyak wahana yang bisa teman Faiz dan Fira coba, diantaranya feeding, naik kuda, mini train, panahan, animal ride, ATV, naik andong, panahan dan masih ada lagi. 

Hujan di Branchsto Equestrian Park


Hujan semakin dekat, sebagian besar wahana berada di outdoor. Suami mengajak kamiuntuk berlari ke tempat penjualan tiket. Di sana ada petugas yang menyambut kami dan menjelaskan hanya wahana yang berada di indoor yang available. Anak-anak merasa kecewa karena mereka ingin mencoba semua wahana. Alhamdulillah mereka mengerti keadaannya, hujan turun semakin lebat. Saya dan suami sepakat membeli dua buah tiket archery yang satu-satunya wahana indoor

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City


Kembali berlari menuju wahana panahan yang terletak dekat dengan wahana naik kuda. Wahana panahan ini berada di dalam ruangan yang cukup luas. Ada dua petugas yang menyambut kami sewaktu pintu dibuka. Ruangan ber AC dan disediakan tempat duduk yang cukup. Area untuk memanah disekat menjadi dua bagian. Satu untuk anak berusia 10 tahun ke atas dan satunya lagi untuk anak-anak usia 10 tahun ke bawah.

Manfaat Memanah untuk Anak-Anak


Memanah masuk ke dalam cabang olah raga dan sebagai media untuk melatih anak-anak fokus. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat memanah bagi anak-anak di masa pertumbuhannya. Sebagai bagian dari olah raga, memanah melibatkan seluruh organ tubuh, badan pada posisi tegak, kaki pada posisi yang benar, tangan kanan dan kiri memiliki peran masing-masing. Pandangan juga harus ke depan mengarah ke area bidikan.

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Tangan kiri Faiz seharusnya lurus nih. PR sekali nich untuk meluruskannya
Menggerakan semua organ tubuh ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh anak-anak. Selain itu, memanah juga membutuhkan pikiran yang jernih dan tenang. Anak-anak diminta untuk tenang dengan menarik nafas panjang beberapa kali sebelum memanah. Pikiran yang jernih dan tenang dapat membuat mata dan otak fokus. Saat pikiran dan hati yang tenang berjalan, bidikan dapat mengenai sasaran memanah. 

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Posisi siap untuk melepaskan anak panah


Menurut yamg saya baca di media sosial Branchsto, memanah juga dapat mengendalikan emosi anak. Setelah pikiran dan hati tenang, anak akan mudah mengendalikan emosi. Anak-anak seumuran Faiz dan Fira tentunya sangat penting untuk melatih emosi nih. Memanah dapat menjadi pilihan sebagai sarana untuk melatihnya. 

Petugas Memberikan Arahan dan Penjelasan Bagaimana Cara Memanah


Faiz dan Fira berada di posisi masing-masing dan ditemani oleh satu petugas. Suami saya menemani Faiz sedangkan saya menemani Fira. Panjang lintasan panahannya juga berbeda. Jarak lintasan Faiz lebih panjang dan jauh daripada Fira. Ukuran panahnya juga berbeda, Faiz besar, Fira kecil. Ukuran anak panahnya juga berbeda dong.

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Posisi anak panah yang diletakan pada busur panah


Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Bidikan untuk anak usia 10 tahun ke atas


Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Memperhatikan Faiz Memanah. Ingat ya tangan kiri pada posisi lurus dan sesuaikan dengan bidang bidikan

Hal pertama yang dilakukan adalah mendengarkan arahan dari petugas. Petugas memastikan Faiz dan Fira berdiri pada tanda yang sudah ada. Tanda telapak kaki dengan posisi badan menghadap samping bidikan. Jadi, badan akan menyamping saat akan memanah, bukan menghadap depan. Petugas juga menjelaskan cara meletakan anak panah pada busurnya. Ada dua buah tanda berwarna hijau dan orange yang berada di anak panah. Posisikan tanda hijau di sebelah kanan dan letakkan anak panah di bagian kiri busur.

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
bidikan untuk anak usia 10 tahun ke bawah



Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Petugas mengajari sampai bisa


Faiz dan Fira juga diajarkan cara memegang busur yang benar. Tangan kanan untuk menarik tali busur dan tangan kiri menggenggam busur panahnya. Ini adalah kali pertama Faiz dan Fira memegang busur panah dan melepaskan anak panah. Faiz terlihat sangat senang dan bangga, akhirnya bisa belajar memanah. Fira awal anak panahnya melesat langsung kaget, lama-lama ketagihan juga tuh dia. 

Anak-Anak Explore Wahana Archery Branchsto


Membayar 25.000 untuk masing-masing anak, mendapatkan 10 kali memanah di Branchsto. Harga yang lumayan mahal sebetulnya, tapi menjadi pengalaman yang paling akan dikenang oleh anak-anak. Selesai menghabiskan anak panah, hujan masih deras di luar sana. Kamipun duduk-duduk di tempat duduk yang disediakan. Untungnya anak-anak tidak merengek dan meminta macam-macam, hanya satu , lapar. Sayangnya Branchsto Equestrian Park ini tidak didesign terhubung antar satu wahana ke wahana yang lainnya. 

Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Salah satu cara anak menjaga supaya tidak bete menunggu hujan berhenti


Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Entah mereka sedang apa


Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Kursi tunggu yang menunggu makanan datang tapi tidak ada


Anak-Anak Memanah di Branchsto Equestrian Park BSD City
Faiz dan Fira bergantian berfoto bersama orang tua


Hampir setengah jam kami menunggu hujan. Anak-anak sudah menghabiskan seluruh arena archery, mulai dari jongkok, berdiri satu kaki, melipir sampai hal-hal yang biasa anak-anak lakukan. Meskipun ruangannya nyaman, namanya anak-anak ya inginya bebas di luaran. Memang sangat pas memilih Branchsto sebagai wisata keluarga. Sayangnya, saat keluar hujan masih deras dan kami berlarian menuju Branchsto Cafe.

Letak Branchsto Cafe di bagian belakang sendiri. Dalam keadaan terguyur hujan, saya mengajak Fira berlari. Faiz dan berlari terlebih dulu bersama abinya. Saat sedang berlari, saya masih dapat melihat pemandangan sekitar. Ada area pacu kuda di tengah park. Ada kandang kuda pony dan kudanya masih ada, Ya Allah baru kali ini melihat kuda kecil-kecil tapi gemuk, Fira senang sekali. Tapi ternyata tidak ada penahan air hujan, jadi kami berlari lagi menuju tempat tujuan. 

Lumayan membakar kalori berlarian dari wahana panahan menuju cafe. Masuk ke dalam cafe, suasananya begitu hangat dan nyaman. Di dekat pintu ada wastafel dan ada pilihan tempat duduk. Play ground kecil juga ada di sudut ruangan. Makanannya enak-enak loh. Saya akan menulis di postingan selanjutnya atau di blog saya yang lain untuk makanannya. 

Alhamdulillah akhirnya tidak penasaran lagi dong dengan Branchsto Equstrian Park yang terletak di BSD City. Dari arah Qbig hanya sekitar 5-10 menit, karena jalanan masih sepi sekali. Anak-anak pulang dengan pengalaman yang berkesan dan menjadi pengalaman pertama memanah. Kami memutuskan untuk menjadwalkan kembali main panahan di Branchsto ini. Alasannya karena di Branchsto ada wahana memanah dan berkuda. Dua dari olah raga favorit yang dilakukan Rasululloh. Teman-teman ada yang mau ikutan? yuk yuk pergi bareng-bareng Faiz dan Fira.

Branchsto Equestrian Park BSD City

BSD City, Jalan BSD Raya Barat, Pagendangan
Serpong, Tangerang, Banten

Buka Setiap Hari dari pukul 08.00-17.30


58 comments:

  1. Baru tau nih ada Branchsto yg ada tempat panahan anak sekaligus wahana berkuda. Pingin ajak anak ke sini deh klo dah gedean. Ada ketentuan minimal umur nggak Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada mbak, rata-rata membawa balita balita mereka

      Delete
  2. nggak pakai tiket masuk? Jadi kalau cuma mau lihat-lihat gratis ya mbak, kalau mau coba wahana baru bayar. Enak deh kalau semua tempat wisata menerapkan kayak gini.

    Sebaiknya kalau ke sana dari pagi ya mbak, apalagi kalau sedang musim hijan kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau dari pagi enak. Tapi sore enak juga sih, adem. Tapi ya pas hujan saja ya, jadi ngirit. Eh.

      Delete
  3. Udah lama baca ttg si branchsto ini, pengen kesana tapi karena jauh di BSD blm sempat2 terus :D
    Di komplek aku ada les memanah, tapi Raya belum bisa karena masih kecil.. ternyata memanah itu ngga semudah keliatannya ya hahahhaha dan bagus banget buat melatih fokus anak (maupun mamaknya :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayanlah, anak-anak jd kenal memanah. betul fokus anak dan mamak penting y, ;)

      Delete
  4. Duuuhh sayangnya yaaa.. hanya bisa nyobain panahan aja. Semoga lain waktu pas ke sana enggak hujan ya Faiz dan Fira, biar bisa puas mainnya. Menunggang kuda juga tentunya asyik tuh. Anak2 biasanya suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, mba
      Emak-emak kayak aku juga suka menunggang kuda.
      Aku pernah juga menunggang kuda waktu di Gundaling Sumatera Utara.
      Seru banget, berasa kayak di film koboi gitu, meski masih didampingi sama petugasnya
      Lumayanlah kira-kira 20 menit di atas kuda, muahahaha

      Delete
    2. Iya mbak, semoga bisa datang lagi dengan cuaca yagn mendukung. Suka banget naik kuda tuh dua anakku.Bener mbak na, serasa di film koboy

      Delete
  5. Wahana memanah dan berkuda mulsi banyak ya sekarang..di jogja juga ada..tapi belum tahu konsepnya sama tidak dengan branchsto yang membayar kalau mencoba wahananya saja. Kalau bisa, lumayan bisa lihat2 dulu...tfs mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, lengkap ya kalau memanah pasti ada kudanya

      Delete
  6. Aku juga pingin bisa memanah dan berkuda.
    Harusnya renang dulu yaa..

    Nah kaan..
    Saking banyaknya yang belum dikuasai, jadi menggalau sendiri.
    Heehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaahh klo tante yang satu ini kebanyakan ngedrakor soalnya hehehee.. Ayo tante, mari kita memanah, berkuda dan berenang bersama. Biar badan sehat dan kuat.

      Delete
  7. Seumur umur belum pernah nyoba main panah panahan. Kalau lihat, manfaat memanah memang bagus ya mbk. Apalagi untuk anak anak, bisa melatih Koordinasi mata dan tangan, konsentrasi, dll. Seru bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. seumur umur aku juga baru melihat anak-anak memanah, akupun belum pernah, makanya akupun senang, hehehe. Yuk main sini

      Delete
  8. Dulu Keke pernah ikutan ekskul memanah di sekolahnya. Sayangnya sekarang gak lanjut karena udah lulus. Dan gak tau di sini kursus memanah ada di mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah asyik ada eskul memanah, di sini malah ndak ada.

      Delete
  9. Senang banget ya bisa memanah.
    Di sekolah anak saya juga ada kegiatan ekstra memanah, tapi hanya diperuntukan buat murid kelas 4 SD.
    Dan anak saya gak sabar mau kelas 4 biar bisa memanah katanya hehehe.

    Zaman sekarang, memanah mulai dilirik orang, saya kadang lihat ada kursus memanah gitu di mol-mol :D

    ReplyDelete
  10. Iya yah memanah gak boleh grusa grusuk. Kudu tenang dan konsentrasi. Kedua hal ini bagus kalau dilatih pada anak lewat jalan yg menyenangkan: memanah. Di Sidoarjo ada gak yaa area latihan panahan? Cari info dulu ah
    .Salam manis, artha.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah nih aku jugs ajarin anak2 memanah,, setelh abinya kursus selama 1 bulan lsg beli alat2nya ajarin anak2 dirumah,, bner bnyk bngt manfaatnya

    ReplyDelete
  12. Pernahnya beli mainan panah untuk Palung, dia senang sekali tetapi langsung bosan, dan anak panahnya pada hilang da terbuat dari plastik. Kesal juga, sih.
    Pengen juga ajak Palung ke wahana kayak gitu. Duh, andai Branchsto dekat, hi hi. Palung pasti senang banget jika ke sana, bisa lihat kuda poni yang unik. Soalnya di Balubur Limbangan cuma ada kuda biasa pengangkut sado.
    kala kecil saya juga pengen belajar memanah, terpengaruh film, sih. Anak kampung sini juga kadang main papanahan secara sederhana, cuma sebagai selingan tetapi jelas tak paham praktiknya gimana, asal tarik dan lesatkan saja. Sayang bapaknya Palung tak bisa bikin.

    ReplyDelete
  13. Wah asyik ya adik juga mau memanah. biasanya anak-anak susah diajak merubah rencana awal. ini siabang pinter ya mau nego akhirnya

    ReplyDelete
  14. Wah Faiz sama banget nih dengan Ysmin, putriku
    Kalau sudah janji kudu ditepati, kalau tidak bakalan lipat 32 deh tuh wajah, muhahaha

    Bisa membayangkan perasaan anak-anak saat tahu ada mainan panahan ya. So pasti excited banget!
    Lha aku yang baca saja ikutan kepo, nih

    ReplyDelete
  15. Kok kayaknya seru gitu ya mbak main panahan hehe.Jadi pengen nyoba loh hhaaahaa
    Tempatnya bener2 bikin nyaman buat Kak Faiz dan Adek Fira happy main panahan mbak, apalgi liat sumringahnya Adek Fira pas abis main panahan hehee
    Makasih untuk berbagi artikelnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  16. Wah baru tahu kalau di BSD ada tempat memanah. Lumayan nih bisa ajak para krucil belajar memanah ke BSD.

    ReplyDelete
  17. Senang bangeet ya mbak ada tempat bermain anak-anak gini. KEmarin anakku juga coba main panahan di salah satu tempat wisata, ternyata susyaaah ya memanah huhuhu.
    Tfs mbak, jadi tau dah ada tempat bermain asyik di area BSD

    ReplyDelete
  18. Faiz kalau ke Branchsto lagi ajakin Alvin ya, mau juga dong belajar memanah kaya Faiz & Fira. Aku pernah tuh nyobain panahan Astin tapi gak berhasil kena sasaran di tengah , ternyata agak susah ya butuh kesabaran dan latihan.

    ReplyDelete
  19. Wow wow wow... Branchsto keren banget. Gratis tiket masuk. Jadi bisa ngajak keluarga besar yang cuma pengen lihat-lihat.
    Dan dan dan yang lebih keren lagi, ada wahana memanah. Dilihat dari foto-fotonya juga keren. Bersih dan bersih. Jadi, kalau pengen nyoba memanah untuk sekedar iseng cocok juga. Baru kalau tertarik bisa les memanah. Eh, tapi di situ di mana ya bisa les memanah untuk anak-anak?

    ReplyDelete
  20. Aku dong sering ke aeon mall tapi baru tau branchsto equestrian park bsd city ini, duh kemana saja diriku
    Keren ini, anak-anak paling suka waktu dulu pernah memanah, pengin ngajakin ke sini dah jadinya :)
    Makasih infonya mbak Astin

    ReplyDelete
  21. Itu berat nariknya Mak, kuat itu anak wedok? Hebat euy. Saya aja mengerahkan banyak tenaga untuk menarik anak panah.

    ReplyDelete
  22. Wah ini melatih kecerdasan anak ya mbak. Dan permainan nya saya rasa cukup murah dengan Rp25.000 udah bisa main menyenangkan dengan memanah. Melatih konsentrasi, ketepatan dan fokus. Sayangnya di kota saya belum ada mbak.

    ReplyDelete
  23. Kalau liat manfaatnya sih, biaya segitu termasuk murah buat berlatih memanah. Berikutnya belajar naik kuda ya..

    ReplyDelete
  24. Mbak... ke sana lagi dong biar ada cerita yang tentang kuda. Anakku itu cewek dan hobi banget sama kuda dari bayi! Mentang-mentang shionya kuda kali ya. Hehehe... Aku tuh dari awal baca tulisan ini malah ketawa pas baca caption fotonya: Anak-anak sudah tidak sabar masuk ke dalam Branchsto. Lha si Fira noleh ke belakang coba pas di foto itu. Hahaha...

    ReplyDelete
  25. Keren banget belajar memanah!
    waktu itu kid2 pernah pengen coba tapi aku tuh nggak yakin itu aman atau nggak. Takutnya nanti kalau panah nya kelepas ke belakang bahaya juga kan. Tapi kayaknya kalau pas aku lihat di foto Ini aman ya mbak?

    Biayanya terjangkau ya mbak, jadi semangat bayarnya ��

    ReplyDelete
  26. Eh ada juga ya?. Ku semenjk branchsto pindah bsd g pernah ke sana😩 pengen ke sana cuma gak jadi-jadi 😂

    ReplyDelete
  27. senangnya diajak pergi memanah ya dek. semoga jadi rutin memanah spt yg dianjurkan rasul ya :)

    ReplyDelete
  28. Memanah memang asik. Seru, anak-anak pasti suka. Salah satu olahraga yang dianjurkan Rasululullah juga ya, selain berenang dan berkuda.

    ReplyDelete
  29. Seru! Ngajak anak-anak belajar memanah ya Mba
    aku pernah belajar tapi nggak bisa wakakak pegel dan tarikannya kurang kenceng
    emang dasar nggak bakat. Tapi aku punya temen yang jadi coach memanah. Kapan-kapan belajar lagi ah

    ReplyDelete
  30. Wah anakku juga pada suka memanah dan naik kuda. Jadi kalo diajak ke sini susah diajak pulang nih mb Astin

    ReplyDelete
  31. Anak-anakku juga senang memanah mba. mereka suka bikin panah-panahan gitu lah. Tapi belum pernah beneran pakai panah asli kaya gini. sesekali kayanya kudu nyoba ya, biar ngerti dan siapa tau bisa dijadikan aktivitas rutin kalau mereka suka.

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah ya sekarang banyak tempat latihan memanah, waktu jaman aku kecil sulit banget carinya.. di sekolah anakku ada eskul memanah juga, jadi latihan memanahnya bisa disekolah.. thanks for sharing mbak, jadi ada referensi tempat latihan memanah baru

    ReplyDelete
  33. Kayaknya tempat wisatnya enak ya buat keluarga anak-anak sama ortu juga happy terus ada memanah pula lagi jadi anak2 bisa olehraga juga.

    ReplyDelete
  34. Seneng banget ngetrip sambil olahraga sunnah ya. Dan alhamdulillah anak2 bs kompromi sama perubahan rencana, hihi

    ReplyDelete
  35. Aku belum kesampaian ngajak anak2 belajar berkuda dan memanah. Alhamdulillah di Semarang sudah ada, hanya belum ada waktu aja ngajakin anak2 kesana. Emang harus bener-bener meluangkan waktu ya, biar anak2 bisa terampil

    ReplyDelete
  36. Lho, nggak ada untuk dewasa? Penonton kecewa :))) Aku pengen belajar memanah ala Katniss Everdeen gitu lho. Kalau di sini adanya ya di lapangan panahan buat atlet. Serem dong panahnya besar2

    ReplyDelete
  37. Wah, seru! Anak-anakku yang nomor 3 dan 4, kayaknya kepengen diajak ke sini deh kalo deket. Di rumah aja, punya mainan panahan plastik sampe gak bosen2. Etapi, emaknya juga kepengen banget deh bisa manah. Bia kayak Srinkandi. Sayang banget ya di sana gak ada buat dewasa. :)

    ReplyDelete
  38. Cukup ramah kantong ya aktivitas memanahnya, cuma 25 rb bisa 10x memanah. Pengen jg nih mbak bawa anak2 ke sana, eh aku pun ibunya jg pengen sih nyoba memanah hehe. Makasih infonya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru kalau buka tiap hari gtu, apalagi pagi. Btw kebetulan saya pengguna KRL kalau ke BSD, dari stasiun Rawabuntu lokasinya masih jauh atau udah deket mbak?

      Delete
  39. Bagus yaa tempatnya. Aku belum pernah ajak anakku memanah, pingin nyoba juga tapi masih cari tempat yg enak :)

    ReplyDelete
  40. Anakku belum pernah memanah. Pernah sekali ikut nyoba pas aku sama ayahnya memanah. Katanya buerat, masih belum minat. Sementara ini naik kuda dulu. Kalau itu hobi mereka.

    ReplyDelete
  41. Aku dari kapan tau pengen banget ngajak anakku ke Branchsto ini tapi belum sempat-sempat. Banyak juga ya aktivitas yang bisa dilakukan disana bersama keluarga.

    ReplyDelete
  42. Iyaa sih, Archery ini mampu membantu anak-anak memosisikan postur tubur yang benar. Anak-anak juga diajari berlatih kesabaran ya saat membidik anak panah. Faiz senang dong jadinya bisa tetap bermain meski tidak sesuai rencana semula

    ReplyDelete
  43. Memanah kegiatan yg mengasyikan sebenarnya, dulu sempat bersemangat ikutan belajar..si bungsu jg sempat ikut2an...tp.skrg sdh lama ga panahan lagi..

    ReplyDelete
  44. Gak perlu pakai tiket masuk ya? tapi bayar per wahana kalau mau main ya, menyenangkan kalau tempat wisata sistemnya begini budgetnya gak dobel-dobel. saya jadi pengen ngajak anak-anak belajar panahan

    ReplyDelete
  45. Olahraga pana memang seharusnya yang wajib kita berikan ke anak2 yah mba, selain olahraga sunnah, olah raga ini banyak manfaatnya untuk melatih fokus anak2.. alhamdulillah sekarang udah banyak ditemui tempat seperti ini yah mba...

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...