Saturday, 9 February 2019

Buku Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta



[Buku Anak] : Dongeng Anak Muslim

Hallo moms, tahukan bahwa mendongeng merupakan aktifitas yang sangat penting. Aktifitas ini  sebaiknya dilakukan oleh ibu/ orang tua kepada anak-anaknya. Meski saya tidak begitu rajin mendongeng untuk kedua buah hatiku, bukan berarti aktifitas sebelum tidur, tidak berkualitas. Aktifitasya diganti dengan sesi anak yang berbagi cerita.



Mendongeng sebelum tidur, membuat ikatan antara ibu/ orang tua menjadi lebih dekat. Anak-anak nyaman ada ibu di dekatnya sebelum tidur. Membawakan dongeng yang menceritakan hal-hal baik. Disampaikan dengan mimik dan intonasi yang sesuai dengan cerita, sehingga anak-anak semakin tertarik.

Sering Kehabisan Ide Mendongeng


Terkadang saya kehabisan ide untuk mendongeng, bahkan pernah loh ceritanya diulang-ulang atau digantikan tokohnya. Contohnya kancil yang cerdik, diganti dengan hewan yang ingin dikenal oleh anak dan kebetulan hewan tersebut memiliki kelebihan yang harus diketahui oleh anak-anak.

Menjadi ibu memang harus selalu up grade pengetahuan dan wawasan membaca ya, untuk mengantisipasi kehabisan ide mendongeng. Nah, beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan sebuah buku karya Fita Chakra berjudul Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta.

Saat pertama kali menerima buku ini, saya yakin anak-anak pasti menyukainya. Tema Alam Semesta adalah tema yang sedang disukai  oleh Faiz, kelas 3 MI. Faiz sudah mulai bertanya dan mencari informasi tentang alam semesta yang ingin diketahui.

Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta


Cover buku Dongeng Anak Muslim yang diterbitkan oleh QIBLA berwarna dasar menyerupai gambar bumi dan langit. Ilustrasi dihadirkan dengan menggambarkan apa yang ada di alam semesta. Bukunya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Saya pikir, anak-anak seusia Faiz, mampu membaca buku ini sampai habis, hanya dalam waktu satu kali baca.

Saat membaca judul buku ini, saya menebak bahwa buku ini bakalan berseri. Dongeng anak muslim itu kan luas sekali ya. Apalagi, penulisan judulnya ada kata penghubung "tentang". Saya berharap Mbak Fita, akan menulis Dongeng Anak Muslim dengan seri yang lain. Sewaktu saya bertanya kepada Mbak Fita melalui pesan pribadi, sepertinya akan ada adik dari seri Alam Semesta. Saya doakan ya Mbak, supaya Dongeng Anak Muslim dapat berseri-seri.



Saat membuka halaman demi halaman, buku Dongeng Anak Muslim menyuguhkan gambar-gambar yang sangat menarik dan menjadi pelengkap dongeng. Gambar tersebut digambar oleh ilustrator Fransisca Ayu, Hilman Lanting Studio dan Maureen Monitan. Gambar-gambarnya juga memberikan edukasi untuk anak muslim, yaitu puteri yang menggunakan hijab/ kerudung.

Cerita yang ditulis oleh Mbak Fita, mengalir seru dan mudah dipahami oleh anak-anak. Sayapun yang mendongengkan kembali untuk anak-anak dimudahkan dengan kata-kata dan kalimat yang sederhana. Faiz menyampaikan hal tersebut, saat sedang membaca sendiri. Mengasyikan dan tidak terasa sudah hampir habis satu halaman.

Dongeng yang ditulis Mbak Fita mulai dari hewan yang menghasilkan madu, hujan, siang dan malam,semut, laut, sampai seorang puteri harus menghargai waktu. Cocok sekali nich dongengnya, untuk anak-anak yang harus belajar menghargai waktu.

Tahukan Kamu di Dongeng Anak Muslim Ada Banyak Ilmu


Pada setiap bagian akhir cerita, Mbak Fita menyisipkan potongan sebuah ayat dari Surat di dalam Al-Qur'an. Hal ini secara tidak langsung, mengingatkan para pembaca/ ibu/ orang tua dan anak-anak untuk membaca satu ayat setiap hari. Bukan hanya itu saja, setiap bagian akhir cerita, ada juga bagian Tahukah kamu.



Pada halaman 68, Setelah menceritakan pesawat prince Ramazan, Mbak Fita menyisipkan Surat Ar-Rahman [55]  ayat ke 33, "Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah)."

Matahari dan bulan muncul pada saatnya. Para ilmuwan menemukan bahwa perputaran bumi (rotasi) menyebabkan matahari seolah muncul bergantian dengan bulan. Bulanpun beredar dengan garis edarnya. Tahukan kamu tersebut di bagi pada halaman 90, setelah menceritakan Princess Kayla Belajar Menghargai Waktu.

Ada Banyak Manfaat Setelah Membaca Buku Dongeng Anak Muslim


Bagi saya pribadi, dengan adanya buku ini, merasa terbantu sekali. Mbak Fita menyuguhkan cerita tentang alam semesta secara sederhana namun banyak sekali manfaatnya untuk anak-anak. Ternyata bagian mendongeng itu tidak susah loh. Ada banyak hal yang dapat dibawakan saat mendongeng untuk anak-anak.

Faiz, 9 tahun yang minat bacanya kurang begitu tinggi. Sangat mengasyikan membaca buku Dongeng Anak Muslim. Tidak terasa, tahu-tahu sudah hampir habis satu buku. Gambar-gambar yang ada membuat imajinasi lebih hadir dan merasa naik pesawatnya pangerang Ramzan.

Fira, 4 tahun, membawa buku Dongeng Anak Muslim kepada saya, dan meminta untuk dibacakan sebelum tidur. Alhamdulillah, gambar-gambar di buku ini, membantu mengedukasi Fira, bahwa puteri itu sebaiknya berkerudung, apalagi Fira kan anak muslim.

Siang tadi, Sabtu, 8 Februari 2019 WIB di Gramedia Depok, Lt 2 berlangsung peluncuran buku "Dongeng Anak Muslim tentang Alam Semesta". Jadi buat moms yang ingin memberikan kado untuk anak-anak, bisa mendapatkan di toko buku Gramedia ya.

Dongeng Buku Anak Muslim tentang Alam Semesta
Penulis : Fita Chakra
100 halaman
Penerbit QIBLA
Harga 75.000

3 comments:

  1. Wow, cocok buat anak ane. Makasih artikelnya mantap

    NGEBLOG YUK!

    ReplyDelete
  2. Hai Kakak.
    Terima kasih ya rekomendasinya, kebetulan saya punya perpustakaan kecil di rumah dan ramai sama anak-anak juga kalau setelah mengaji, mereka mampir untuk belajar, bermain, dan baca buku.

    Ini buku yang biasanya di cari anak-anak yang ke rumah>

    Terima kasih informasinya.
    Salam kenal Kak.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Astin, Fira dan Faiz sudah membaca bukuku. Salam sayang. :) Mudah-mudahan bisa membantu menjelaskan pertanyaan tentang alam.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...