Friday, 1 June 2018

Berkuah dan Hangat untuk Menu Sahur Anak-Anak



[Makanan Anak-Anak] : Menu Sahur


Hallo moms, apa kabar puasanya anak-anak. Alhamdulillah bulan Ramadan tahun ini, Faiz sudah mulai memahami bagaimana itu puasa, mengerti makna puasa dan mampu memberikan pemahaman kepada adiknya, yang masih kecil, bahwa puasa itu adalah tidak makan dan tidak minum serta berusaha untuk menahan amarah.

Sayur Pokcoy bakso cocok untuk menu sahur anak-anak ncih



Beberapa hari berpuasa, Faiz sudah tidak mengeluarkan rengekan meminta untuk berbuka di tengah hari. Saya tidak memberikan iming-iming hadiah/ uang apabila Faiz berpuasa penuh seharian. Awalnya memang ada wacana seperti itu, tapi akhirnya semua mengalir begitu saja.


Melihat semangat Faiz yang luar biasa untuk berpuasa penuh, saya harus memberikan reward yang sederhana. Saya ingin menyajikan menu sahur yang membuat Faiz kenyang dan semangat bangun dan menikmati makan sahurnya.

Tentu moms juga melakukan hal yang sama, kan. Sahur bersama anak-anak, saya selalu mendahulukan keinginan menu sahur yang cocok untuk anak-anak. Alhamdulillah sampai hari ini, saya belum pernah menyajikan mie rebus/ goreng instant untuk menu sahur. Ada sich saya sengaja membeli untuk persediaan dan saya simpan di tempat yang tidak diketahui anak-anak.


So, moms, tugas saya adalah menyiapkan dan menyajikan menu sahur yang cocok dan enak dinikmati oleh anak-anak pada dini hari. 

Berkuah dan Hangat untuk Menu Sahur Anak-Anak


Apabila saya diberikan pertanyaan, menu sahur apa yang membuat saya semangat untuk bangun dan makan sahur? jawaban saya adalah makanan yang segar. Makanan yang segar yang seperti apa yang dapat disajikan pada dini hari? tentu bukan rujak, asinan, buah potong yang dingin atau juice karena kadang persediaan buah-buahan menipis. Pun, keluarga saya belum terbiasa sahur dengan buah potong dan juice.

Jadi, dalam bayangan saya, makanan yang segar adalah makanan berkuah dan hangat untuk menu sahur. Makanan berkuah yang biasa saya dan keluarga makan, dan disukai oleh anak-anak adalah sop dan sayur berkuah bening.

Hangat? hangat dalam bayangan saya adalah makanan yang baru saja dimasak, fresh from the kitchen. Jadi, saya harus mau dan mampu menyiapkan makanan berkuah dan hangat untuk menu sahur anak-anak.

Sop Bakso dan Sayuran untuk Menu Sahur Anak-Anak


Sebelum tidur, saya menyetel alarm pukul 2 dan 3 pagi. Jadi, saat alarm jam 2 tidak bangun, masih ada alarm jam 3 pagi. Jam 3 pagi, saya masih bisa memasak sop bakso. Sebelum puasa, saya sudah menyiapkan bakso kemasan sebanyak 2 buah yang berisi 50 per kemasan.

Saya juga memastikan untuk #foodpreparation sayuran. Ada 3 jenis sayuran yang harus tersedia di lemari es, yaitu wortel, buncis dan kembang kol. Ketiga jenis sayuran tersebut, bisa dijadikan bahan untuk membuat sop.


Waktu untuk membuat sop dari dapur saya kurang lebih 30 menit. jadi, jam 4 dini hari, makanan berkuah dan hangat dapat dinikmati sebagai menu sahur.

Faiz yang kadang bangun masih merem, mau juga menghabiskan nasi dan sop bakso dan sayuran yang saya buat.

Tumis Sayuran Campur Bakso untuk Menu Sahur Anak-Anak


Supaya tidak bosan dengan sop bakso dan sayuran, saya membuat menu yang simple tapi tetap berkuah dan hangat. Tumis sayuran campur bakso.

Selain bakso kemasan dan sayuran yang menjadi persediaan, saya juga menyediakan bihun jagung. Tumis sayuran campur bakso ini sangat mudah loh cara membuatnya. Saya hanya menggunakan bawang putih, garam dan sedikit saori untuk membumbuinya. Sayuran diiris tipis, bakso dan bihun sebagai tambahan.

Jadi, misalnya ingin tumis buncis dan bakso, saya mencampurkan bihun diakhir proses memasak. Tampilannya jadi semakin menarik, apalagi ditaburi bawang goreng.

Proses memasaknya juga tidak lama, tidak sampai 30 menit untuk menyajikan makanan berkuah dan hangat sebagai menu sahur.

Terkadang, sebagai ibu, saya juga ada masanya agak malas menyiapkan masakan. Jadi, saya harus mengerti selera suami dan anak-anak khususnya di bulan Ramadan ini. 


2 comments:

  1. Boleh dicontoh nih Mbak, hehe. Biasanya aku beli makanan untuk sahur, karena gak sempat masak.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya enak ya buat menu sahur, apalagi pas masih hangat gitu makannya.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...