Wednesday, 30 May 2018

Mengajak Anak Aktif Menyiapkan Menu Buka Puasa Ramadan



[Makanan Anak] : Menyiapkan Menu Buka Puasa


Hai apa kabar moms, apa kabar puasa anak-anak hari ini? Alhamdulillah ya, terharunya kita saat melihat anak-anak sudah memahami perintah Allah. 



Bulan ramadan tahun ini, Faiz sudah belajar makna dan arti puasa wajib di bulan Ramadan. Jadi, Faiz sudah paham, tahu dan mengerti serta mengamalkan apa yang sudah dia tahu. 

Hari pertama puasa, Faiz masih agak merengek di pagi hari. Apalagi hari pertama puasa adalah hari pertamanya mengerjakan Ujian Kenaikan Kelas. Duh, perjuangan sekali, memberikan semnagat untuk Faiz.


Moms, sebagai orang tua inilah tugas untuk memberikan contoh dan mendampingi anak-anak yang sedang belajar berpuasa penuh, ya. Orang tua, khususnya moms, harus memahami dan mengetahui, apa yang mampu mengembalikan semangat si anak.

Melibatkan anak-anak dalam kegiatan menyiapkan menu buka puasa, dapat menjadi penyemangat untuk tetap berpuasa penuh juga loh, moms. Seperti Faiz, yang saya ajak duduk berdua dan merencanakan menu buka puasa untuk sore nanti.

Saya menanyakan apa yang ingin dimakan untuk berbuka puasa? lauknya apa? mau dibuat apa? sayurnya apa? lalu saya minta Faiz untuk menemani ke dapur untuk melihat apa yang akan dieksekusi sebagai sajian menu buka puasa.


Saat menyiapkan menu buka puasa, terkadang, Faiz juga suka membantu saya di dapur. Contohnya saat saya menyiapkan lauk cumi segar, Faiz meminta cuminya dibuat cumi goreng tepung, supaya buka puasanya ada yang gurih-gurihnya.

Dengan membantu dan menemani saya di dapur, untuk menyiapakan menu buka puasa, Faiz dapat belajar banyak hal. 
  1. Belajar menahan godaan lapar dan dahaga serta lemas
  2. Memahami pekerjaan saya yang menyiapkan sajian makanan untuk berbuka meskipun sedang berpuasa
  3. Belajar nama-nama bahan makanan, mulai dari protein, vitamin, mineral dan lemak
  4. Secara tidak langsung belajar apa saja bagian-bagian yang ada di cumi-cumi misalnya.
Nah, gimana moms, apakah anak-anak antusias saat diajak menyiapkan menu buka puasa untuk keluarga dan dirinya sendiri? selamat menunggu waktu berbuka puasa bersama anak-anak ya, moms.

Menu buka puasa pertama Faiz di ramadan tahun ini adalah cumi kecap dan tumis kangkung. Cuminya diganti menjadi cumi kecap dengan persetujuan Faiz, karena ummi kehabisan tepung goreng. Alasan lainnya, Faiz butuh asupan yang berkuah juga, kalau goreng-gorengan kan sudah ada di makanan pembatal puasa/ takjil. 

Saya juga punya tips nich, moms supaya anak bersemangat menjalani puasa penuh di bulan Ramadan. Biarkan anak-anak merencanakan menu buka puasa sendiri, yang tidak dimasak dari dapur. Tentunya, moms mengajukan berbagai persyaratan, karena membeli  takjil di luar rumah juga harus benar-benar diperhatikan ya.

Buka puasa hari ke-dua, alergi Faiz kambuh. Faiz membeli sendiri takjil berupa takayoki yang salah satu bahannya adalah daging kepiting. Nah, mungkin daya tahan Faiz sedang rendah atau memang daging kepitingnya ndak fresh. Jadi dech, alerginya kambuh parah sekali. Hampir 2 hari bentol bentolnya masih ada dan harus mengkonsumsi obat alergi dan gatal-gatal.

No comments:

Post a Comment

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...