Tuesday, 22 May 2018

Pemberian Stimulasi dan Nutrisi Otak dalam Masa Tumbuh Kembang Anak



[Parenting] :  Stimulasi dan Nutrisi Otak




Pertumbuhan anak itu dapat diukur dan menghasilkan sebuah angka. Angka-angka tersebut dapat dipacu dengan pemberian stimulasi dan nutrisi. Sama halnya dengan perkembangan anak menurut saya juga dapat dilihat kok, Moms. Saat ini saya sedang senang melihat perkembangan tanggap lengkap Zhafira yang semakin hari semakin menunjukan rasa peduli terhadap lingkungan dan sesamanya. Ada beberapa jenis kecerdasan anak, beberapa di antaranya adalah kecerdasan intelektual yang dapat diukur dengan nilai akademis, ada kecerdasan emosional, bagaimana anak dapat mengatur emosinya apabila menghadapai permasalahan dan terakhir adalah kecerdasan sosial. Kecerdasan sosial inilah yang berhubungan dengan tanggap lengkap.


Penting sekali anak memiliki kecerdasan sosial yang baik supaya dapat memiliki tanggap lengkap saat mereka berada di lingkungannya. Zhafira yang belum bersekolah, baru memiliki lingkungan sosial di rumah. Bermain bersama teman-teman sebaya bahkan bersama teman kakaknya. Zhafira saya lihat  telah mampu memiliki tanggap lengkap yang baik. Contohnya, dia tidak malu-malu untuk mendekati dan menyapa temannya terlebih dahulu. Dia juga berani bertanya saat temannya sedang menangis atau duduk diam. Dia juga tak segan memberikan makanan untuk temannya, saat sedang membawa makanan.

Otak anak-anak merekam apa yang dilihatnya dari lingkungan. Saya  percaya, anak dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang baik. Oleh karena itu, sebisa mungkin saya memberikan stimulasi perkembangan otak sebagai pendidikan karakter paling dasar dari dalam rumah. Contoh pemberian stimulasi otak yang paling mudah diberikan untuk anak seusia Zhafira adalah belajar membaca. Dengan belajar membaca, dia dapat mengetahui banyak hal yang dia ingin tahu. Contoh lainnya adalah, saya memperlihatkan kepadanya untuk merasa sayang dan peduli  dengan lingkungan sekitar. Lingkungan sekitar bisa berupa alam dan seluanya serta tetangga di dekitar rumah. Apabila melihat ada sampah berserakan, saya ajarkan Zhafira untuk memungutnya dan membuang ke tempat sampah. Apabila melihat ada tetangga yang kesulitan membawa barang-barang, sebisa mungkin dia dicontohkan untuk belajar menyapa dan kemudian menawarkan diri membantu membawa barang-barang tersebut.

Pemberian stimulasi kecerdasan anak berupa pendidikan karakter diberikan terus menerus dan berulang-ulang. Saya berharap Zhafira dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungan sekitarnya. Pemberian pendidikan karakter dan stimulasi kecerdasan sosial juga sangat diperlukan sebagai bekal bersekolahnya nanti. Tidak lupa, saya juga tetap memperhatikan asupan nutrisi untuk Zhafira. Nutrisi otak dan nutrisi badannya berupa makanan sehat yang bergizi seimbang.

Contoh nutrisi yang sehat dan bergizi seimbang adalah nasi putih, sayur bayam, lauk berupa telur puyuh dan tahu serta buah jeruk kesukaannya. Pemberian menu makanan juga dilengkapi dengan pemberian air putih dan segelas susu. Zhafira masih mengkonsumsi susu pertumbuhan yang masih diseduh di dalam gelas. Alhamdulillah dia sudah pintar sekali, lepas dari botol dan dotnya. Penuh tantangan memberikan training minum susu menggunakan gelas, tapi ternyata tidak sedrama dalam pikiran saya. Lagi-lagi saat anak sudah memiliki tanggap lengkap, hal-hal yang ada di lingkungannya akan dapat mudah diterima olehnya. 

Susu pertumbuhan nya saat ini adalah Bebelac. Bebelac  adalah salah satu susu yang menjadi pilihan saya saat ini. Bebelac membantu saya dalam hal asupan nutrisi untuk Zhafira. Kini hadir Bebelac baru yang disempurnakan yang mengandung Minyak ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan. Omega 3 & 6 penting bagi nutrisi otak anak. Bebelac baru juga mengandung FOS:GOS 1:9, 13 vitamin dan 9 mineral yang mendukung tanggap lengkap. Dia sangat suka rasa susu Bebelac yang dibilang manis untuk anak seusianya. Saya selalu menyiapkan sendiri segelas susu untuknya dan menemaninya saat sedang menghabiskan segelas susu tersebut. 

Perkembangan otak anak sangat penting sekali untuk diperhatikan dan diberikan stimulasi dan nutrisi loh, Moms. Meksipun Zhafira belum berada pada usia sekolah, namun dia sudah mampu memegang pensil dengan tepat. Dia juga hafal lirik-lirik lagu baik lagu Indonesia maupun yang dia lihat di video luar negeri. Saya memang membiarkannya menikmati lagu-lagu nursery rhymes yang banyak memberikan edukasi dan membantu perkembangan kognitif anak. Sampai suatu hari, saya ditanya oleh seorang ibu, apakah anak saya diberikan les Bahasa Inggris? Saya jawab tidak. Saya hanya memberikan media untuk Zhafira belajar, memberikan stimulasi supaya otaknya terus bekerja dan memberikan asupan nutrisi otak berupa makanan seimbang dan segelas susu Bebelac. 


6 comments:

  1. bebelac banyak ya kandungan gizinya untuk anak. anak saya jg minum Bebelac vanilla

    ReplyDelete
  2. Setuju banget.... Nutrisi buat otak dan nutrisi bagi tubuhnya itu penting banget dan harus diberikan secara seimbang

    ReplyDelete
  3. nutrisi dan stimulasi memang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak...

    ReplyDelete
  4. 3 poin penting ya mom, nutrisi + stimulasi dan lingkungan positif sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak, terima kasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  5. Omega 3 dan 6 memang penting untuk pertumbuhan otak anak.

    ReplyDelete
  6. Penting banget nih ortu tau, zat gizi apa aja yang diperlukan untuk tumbang dan nutrisi otak anak.

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...