Thursday, 16 November 2017

Pentingnya Vaksin Difteri Diberikan di Sekolah Faiz

[Kesehatan] Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira. Hari ini,Faiz mendapatkan vaksin Td di sekolahnya loh. Sehari sebelumnya, guru kelasnya sudah menginformasikan melalui WAG kelas, bahwa hari ini murid-murid akan mendapat vaksin Td. Jam mulai pemberian vaksin dan jam anak-anak boleh dijemput sudah diinformasikan.

Guru kelas juga mengharuskan anak-anak muridnya untuk sarapan terlebih dahulu. Ummi menyiapkan ayam goreng untuk sarapan Faiz hari ini, supaya perutnya kenyang maksimal. Eh, tadi sepulang dari sekolah, cerita dong, katanya sampai di kelas, memakan roti bekalnya kemarin yang tertinggal di laci meja. Duh, kakak Faiz lapar atau gugup menghadapi imunisasi ya.

Sebelumnya pihak sekolah kurang memberitahukan vaksin apa yang akan diberikan, bagaimana prosedur pemberian vaksinnya? apakah anak-anak diperiksa terlebih dahulu sebelum dienjus kemudian manfaat apa yang didapat dari vaksin Td tersebut. Jadi, ibu-ibu teman Faiz agak alayambuh tentang pemberitahuan vaksin yang disampaikan melaluai WAG.

Vaksin yang disuntikan tadi adalah vaksin Td. Vaksin Td (Tetanus difteri) adalah booster (ulangan) dari vaksin Dt yang pernah diberikan saat berusia dibawah 2 tahun. Vaksin Td diberikan kepada anak usia 7 tahun  ke atas atau anak usia kelas 1-3 sekolah dasar. Sejauh ini, tidak ada kontra yang terdengar akan adanya vaksin Td. Enggak seperti saat pemerintah memberikan vaksin rubella.

Mengapa kok diberikan imunisasi ulangan? Dsa Fira pernah memberikan penjelasan saat Fira mendapatkan vaksin rubella. Pengulangan tersebut diberikan dengan adanya hasil sebuah penelitian, ada penurunan kekebalan sesudah kurun waktu tertentu, sehingga perlu penguatan pada usia anak.

Pemberian vaksin Td ini diberikan kepada seluruh sekolah dasar, ini adalah program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Program imunisasi ini sudah 3 kali diikuti kakak Faiz selama bersekolah di MI ini, loh. Sekolah pernah mengundang perwakilan wali murid untuk datang menghadiri penyuluhan BIAS di tahun 2016. Kebetulan ummi datang dan mengetahui betapa pentingnya mengikuti imunisasi yang diberikan oleh program BIAS.



Mungkin ada banyak yang belum mengetahui manfaat diberikannya vaksin Td untuk anak-anak kelas 1-3 sekolah dasar ya. Ummi saja, hanya menarik kesimpulan secara kasar saja, oh Td berarti tetanus difteri, jadi anak diberikan kekebalan untuk menghadapi ke dua penyakit tersebut.

Penyakit difteri biasanya menyerang bagian atas mukosa saluran pernafasan dan kulit yang terluka. Gejala penyakit ini ditandai dengan sakit tekak dan demam secara tiba-tiba, ditandai tumbuhnya membran kelabu yang menutupi tonsil serta bagian saluran pernafasan. Sedangkan penyakit tetanus merupakan salah satu infeksi yang berbahaya karena mempengaruhi urat saraf dan otot.

Alhamdulillah Faiz sudah mendapatkan pencegahan untuk penyakit tetanus difteri dengan ikhtiar mengikuti program BIAS yaitu imunisasi. Terpenting adalah Faiz selalu menjaga kesehatan dan selalu mengutamakan hal-hal yang baik.  Salah satunya adalah makan makanan yang bergizi, apabila bermain di luar rumah, sebaiknya menggunakan alas kaki. 

Oiya, Faiz juga cerita nich bagaimana dokter menjelaskan apa manfaat diberikannya vaksin Td ini sebelum memberikan ke murid-murid, Alhamdulillah. Hal ini memberikan pengertian kepada Faiz dan teman-temannya tentang manfaat menyuntikan vaksin ke lengannya. Di kelas Faiz ada yang nangis loh sewaktu disuntik, anak laki-laki dan kata Faiz, anaknya memang takut disuntik. Tapi, akhirnya mau disuntik karena didampingi ibunya.


3 comments:

  1. Imunisasi emang penting. :D Anakku yang SD juga selesai diimunisasi

    ReplyDelete
  2. Aku jadi inget jaman kecil.. kalau anak-anak di sini vakainnya di dokter semua :)

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...