Skip to main content

Saatnya Mendapatkan Vaksin Tetanus Difteri di Sekolah

Hallo apa kabar teman-teman Faiz dan Fira. Hari ini,Faiz mendapatkan vaksin Td di sekolahnya loh. Sehari sebelumnya, guru kelasnya sudah menginformasikan melalui WAG kelas, bahwa hari ini murid-murid akan mendapat vaksin Td. Jam mulai pemberian vaksin dan jam anak-anak boleh dijemput sudah diinformasikan.

Guru kelas juga mengharuskan anak-anak muridnya untuk sarapan terlebih dahulu. Ummi menyiapkan ayam goreng untuk sarapan Faiz hari ini, supaya perutnya kenyang maksimal. Eh, tadi sepulang dari sekolah, cerita dong, katanya sampai di kelas, memakan roti bekalnya kemarin yang tertinggal di laci meja. Duh, kakak Faiz lapar atau gugup menghadapi imunisasi ya.

Sebelumnya pihak sekolah kurang memberitahukan vaksin apa yang akan diberikan, bagaimana prosedur pemberian vaksinnya? apakah anak-anak diperiksa terlebih dahulu sebelum dienjus kemudian manfaat apa yang didapat dari vaksin Td tersebut. Jadi, ibu-ibu teman Faiz agak alayambuh tentang pemberitahuan vaksin yang disampaikan melaluai WAG.

Vaksin yang disuntikan tadi adalah vaksin Td. Vaksin Td (Tetanus difteri) adalah booster (ulangan) dari vaksin Dt yang pernah diberikan saat berusia dibawah 2 tahun. Vaksin Td diberikan kepada anak usia 7 tahun  ke atas atau anak usia kelas 1-3 sekolah dasar. Sejauh ini, tidak ada kontra yang terdengar akan adanya vaksin Td. Enggak seperti saat pemerintah memberikan vaksin rubella.

Mengapa kok diberikan imunisasi ulangan? Dsa Fira pernah memberikan penjelasan saat Fira mendapatkan vaksin rubella. Pengulangan tersebut diberikan dengan adanya hasil sebuah penelitian, ada penurunan kekebalan sesudah kurun waktu tertentu, sehingga perlu penguatan pada usia anak.

Pemberian vaksin Td ini diberikan kepada seluruh sekolah dasar, ini adalah program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah). Program imunisasi ini sudah 3 kali diikuti kakak Faiz selama bersekolah di MI ini, loh. Sekolah pernah mengundang perwakilan wali murid untuk datang menghadiri penyuluhan BIAS di tahun 2016. Kebetulan ummi datang dan mengetahui betapa pentingnya mengikuti imunisasi yang diberikan oleh program BIAS.



Mungkin ada banyak yang belum mengetahui manfaat diberikannya vaksin Td untuk anak-anak kelas 1-3 sekolah dasar ya. Ummi saja, hanya menarik kesimpulan secara kasar saja, oh Td berarti tetanus difteri, jadi anak diberikan kekebalan untuk menghadapi ke dua penyakit tersebut.

Penyakit difteri biasanya menyerang bagian atas mukosa saluran pernafasan dan kulit yang terluka. Gejala penyakit ini ditandai dengan sakit tekak dan demam secara tiba-tiba, ditandai tumbuhnya membran kelabu yang menutupi tonsil serta bagian saluran pernafasan. Sedangkan penyakit tetanus merupakan salah satu infeksi yang berbahaya karena mempengaruhi urat saraf dan otot.

Alhamdulillah Faiz sudah mendapatkan pencegahan untuk penyakit tetanus difteri dengan ikhtiar mengikuti program BIAS yaitu imunisasi. Terpenting adalah Faiz selalu menjaga kesehatan dan selalu mengutamakan hal-hal yang baik.  Salah satunya adalah makan makanan yang bergizi, apabila bermain di luar rumah, sebaiknya menggunakan alas kaki. 

Oiya, Faiz juga cerita nich bagaimana dokter menjelaskan apa manfaat diberikannya vaksin Td ini sebelum memberikan ke murid-murid, Alhamdulillah. Hal ini memberikan pengertian kepada Faiz dan teman-temannya tentang manfaat menyuntikan vaksin ke lengannya. Di kelas Faiz ada yang nangis loh sewaktu disuntik, anak laki-laki dan kata Faiz, anaknya memang takut disuntik. Tapi, akhirnya mau disuntik karena didampingi ibunya.


Comments

  1. Imunisasi emang penting. :D Anakku yang SD juga selesai diimunisasi

    ReplyDelete
  2. Aku jadi inget jaman kecil.. kalau anak-anak di sini vakainnya di dokter semua :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

Serunya Faiz Ngedate Bareng Legendaddy at Happy Beach

Happy Date with Legendaddy at Happy Beach, sebuah acara yang digelar oleh LACTOGEN 3 ActivGro dengan tema happy beach-taman bermain bertemakan pantai terluas di pusat perbelanjaan yang tercatat dalam Rekor MURI. Acara yang diselenggarakan di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat, pada tanggal 6-7 Juni 2015. Acara ini dimeriahkan dengan rangkaian aktivitas bermain dan belajar bagi pasangan ayah dan anak seperti happy sand, happy creation, happy stacking, happy zoo, happy story dan masih banyak lagi. Puncak acara berlangsung pada hari Minggu, 7 Juni 2015 dengan menghadirkan Rini Hildayani, M.Si dan Choky Sitohang sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan "Peran Ayah dalam Mengotimalkan Keceriaan Anak"
Serunya Persiapan Sebelum Keberangkatan
Mi memilih hari Minggu, tanggal 7 Juni 2015 untuk hadir pada Happy Date with Legendaddy at Happy beach. Seru sekali persiapannya, karena mi harus menyiapkan baju untuk ganti untuk Faiz dan Abi, menyiapkan makanan untuk baby Fira. Mi tida…