Skip to main content

Liburan di Rumah Bersama Anak-Anak Saat Musim Hujan

Hai hallo apa kabar semuanya? gimana kabarnya Hari Minggu kemarin? ada yang liburan di luar rumahkah? kehujanan, tidak? Di sini, hujan cukup deras loh, kemarin. Jadi, setelah belanja bulanan di TangCity, anak-anak setuju untuk langsung pulang ke rumah. Padahal anak-anak sudah ingin bermain di Kids City di daerah Cikokol karena mendapatkan voucher bermain  setelah belanja di Carrefour. Alhamduliah anak-anak nurut dan mau saja, rute selanjutnya adalah pulang ke rumah.

Sampai di rumah, hujan masih turun deras dan otomatis turun dari mobil tetap kehujanan. Eh, anak-anak ikutan turun dari mobil dan kehujanan dech. Tanggung kan, cuma kehujanan sebentar, jadi si kecil bolehkan hujan-hujanan di depan pintu gerbang. Tapi, dengan syarat, saat diminta selesai, nurut langsung masuk ke rumah, ganti baju dan mengeringkan rambut kemudian makan. Si kakak, tidak diperbolehkan main hujan-hujanan karena minggu depan sudah ujian semesteran. Si kaka lebih memilih mengelap mobil. Sewaktu ditanya, dapat upah berapa dari abi? enggak ada, kan ikhlas, jadi enggak dikasih apa-apa. Alhamdulillah, si kakak sudah mengerti makna ikhlas.

Kakak Adek, foto diambil beberapa tahun yang lalu


Nah, liburan di rumah bersama anak-anak saat musim hujan tetap asyik kan? anak-anak bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan saat bukan hari libur. Tentunya lebih menyenangkan apabila disediakan hal-hal berikut nich.

1| Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Hangat


Kebetulan di rumah tersedia Ramen Instant Rebus dan anak-anak sudah lama tidak makan mie. Anak-anak suka sekali Ramen Mikuya dari Nissin, rasanya segar banget dan cocok banget ya dinikmati selagi panas. 

Makanan hangat lainnya yang cocok dinikmati untuk liburan di rumah bersama anak-anak saat musim hujan adalah soto, sop ayam dan aneka gorengan buatan rumah sendiri. 

Minumannya tetap teh manis hangat untuk anak-anak yang baru main air. Kakak yang ngelap mobil dan si kecil yang main hujan-hujanan. Cocok sekali kan, teh manis hangat untuk menemani liburan di rumah bersama anak-anak.

2| Menonton Film Kartun


Anak-anak mempunyai kebiasaan menonton film kartun dari YouTube melalui televisi. Jadi, anak-anak bisa beristirahat sembari tiduran dan menonton film kartun kesukaan mereka. Beberapa film kartun yang biasa ditonton dua anak yang jarak usianya 5 tahun itu adalah; Doraemon, BoboiBoy, Oddbods, Thomas and Friends.

Jadi mereka bisa nonton berdua dan tidak saling berebut ingin menonton film kartun kesukaan mereka masng-masing. Pernah sich mereka berantem gara-gara ingin menonton film yang tidak dapat dinikmati bersama. Yah, namanya anak-anak, ada saja hal-hal yang membuat orang dewasa pasti geleng-geleng. Alhamdulillahnya, kemarin anak-anak baik-baik saja, malah si kecil sampai tidur nyenyak di tempat tidur.

3| Tidur Siang Bersama


Tidur bersama dapat menjadi aktifitas liburan di rumah bersama anak-anak. Apalagi untuk abinya nich yang bekerja dari senin sampai sabtu. Aktifitas tidur siang bersama selain dapat mengistirahatkan badan dan pikiran, juga dapat mendekatkan anggota keluarga. Rumah menjadi hangat dan anak-anak lebih kuat ikatan kasih sayangnya.

Oiya, tidur siang juga bisa dilakukan di tempat yang tidak biasa loh. Bisa dong, tidur di ruang keluarga yang bisa dihangatkan dengan menggelar karpet, melapisi dengan selimut tebal dan menutup jendela dan tirai supaya kesannya menjadi lebih hangat. Ach pas banget dong, tidur siang bersama bisa menjadi liburan di rumah bersama anak-anak menjadi lebih seru dan berkesan.

Setelah bangun tidur siang, baru dech anak-anak merasa lapar lagi perutnya. Kebetulan di rumah belum tersedia makann untuk sore. Camilan penyelamat untuk mengganjak perut adalah buah-buahan. Kebetulan di lemari es, selalu sedia buah-buahan. Anak-anak memiliki buah kesukaan masing-masing. Kakak suka mangga dan si kecil suka anggur dan jeruk. Buah adalah sumber serat yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Malam harinya menutup liburan di rumah bersama anak-anak, dengan acara makan bersama di luar rumah, Hehehee, malas masak, inginnya selalu berada di tengah-tengah anak-anak. Jadi, ya sesekali makan di luar boleh lah ya. Malam kemarin, menunya adalah makanan sea food jalanan di daerah Taman Royal. Kami sudah berlanggangan sejak lama dan berapa kali makan di sana. Warung tendanya cukup bersih, itu terlihat dari alas meja yang selalu bersih. Makanannya juga lengkap, bukan hanya sea food, rasanya enak dan harganya tidak begitu mahal.

Perut sudah kenyang, keperluan untuk esok hari sudah disipakan, jadwalnya untuk tidur malam dong. Alhamdulillah waktu sehari liburan di rumah bersama anak-anak terlewati dengan bahagia dan saling mengisi. Jadi tidak ada kesan hampa meskipun hanya liburan di rumah saja. Gimana liburan teman-teman kemarin?

Comments

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

Serunya Faiz Ngedate Bareng Legendaddy at Happy Beach

Happy Date with Legendaddy at Happy Beach, sebuah acara yang digelar oleh LACTOGEN 3 ActivGro dengan tema happy beach-taman bermain bertemakan pantai terluas di pusat perbelanjaan yang tercatat dalam Rekor MURI. Acara yang diselenggarakan di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat, pada tanggal 6-7 Juni 2015. Acara ini dimeriahkan dengan rangkaian aktivitas bermain dan belajar bagi pasangan ayah dan anak seperti happy sand, happy creation, happy stacking, happy zoo, happy story dan masih banyak lagi. Puncak acara berlangsung pada hari Minggu, 7 Juni 2015 dengan menghadirkan Rini Hildayani, M.Si dan Choky Sitohang sebagai pembicara dalam diskusi bertemakan "Peran Ayah dalam Mengotimalkan Keceriaan Anak"
Serunya Persiapan Sebelum Keberangkatan
Mi memilih hari Minggu, tanggal 7 Juni 2015 untuk hadir pada Happy Date with Legendaddy at Happy beach. Seru sekali persiapannya, karena mi harus menyiapkan baju untuk ganti untuk Faiz dan Abi, menyiapkan makanan untuk baby Fira. Mi tida…