Wednesday, 18 October 2017

Persiapan Liburan Menuju Dataran Tinggi Dieng

Akhir tahun sudah semakin dekat, kalimat itu beberapa kali ummi dengar di televisi dan akhirnya si presenter membagikan beberapa video destinasi wisata. Akhir tahun identik dengan liburan, liburan identik dengan destinasi yang ingin dikunjungi, baik liburan di tempat wisata dalam negeri maupun di luar negeri.

Banyak orang menyibukan diri untuk berdiskusi rencana liburan akhir tahun. Sepertinya ummi dan abi juga telah melakukannya, meskipun dalam pembicaraan yang santai dan banyak angan-angannya. Merencanakan liburan itu ada banyak hal yang harus dipikirkan, loh. Bukan sekedar, memiliki uang, memiliki waktu luang kemudian pergi berlibur ke daerah wisata yang dituju. Gak segampang itu kan?.

Saat memutuskan satu tujuan wisata untuk liburan akhir tahun, ada saja hal-hal yang membuat ini kan sudah pernah, tapi enggak tuntas mengelilingi tempat wisata. Daerah ini kan belum dan sepertinya asyik loh, tapi jauh dari mana-mana, inginnya liburan sekalian mampir rumah Uti dan Akung. Dan banyak lagi drama-drama yang mewarnai diskusi keluarga untuk merencanakan liburan akhir tahun esok, Insya Allah.

Berikut ini adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan saat memutuskan untuk liburan akhir tahun.

1| Tetapkan Daerah Tujuan Wisata


Setelah mengingat, menimbang dan akhirnya diputuskan Dieng sebagai destinasi wisata liburan akhir tahun. Why Dieng?

Dieng merupakan dataran tinggi yang pasti sangat sejuk sekali. Berbeda sekali dengan tempat tinggal saat ini, Tangerang yang panasnya ampun. Dieng terletak di daerah Jawa Tengah yang tidak hanya sejuk namun menyuguhkan pesona keindahan alam yang begitu memesona.

Dieng memiliki banyak suguhan pemandangan alam yang sangat menarik. Selain bentangan pegunungan yang memesona, Dieng juga menawarkan wisata candi yang telah berusia ratusan tahun, ada juga telaga yang cantik, dan kawah yang memiliki kepulan asap yang menakjubkan.

Saat kakak Faiz berusia 1 tahun, ummi dan abi pernah mengajak jalan-jalan ke Dieng. Sayangnya, waktu itu, hanya melintasi dan duduk-duduk sebentar saja di pinggiran jalan Dieng. Jadi, salah satu alasan menetapkan Dieng sebagai daerah wisata untuk liburan akhir tahun adalah ingin menjelajah lebih banyak kawasan Dieng.

2| Tetapkan Transportasi dan Hotel di Dieng


Langkah ke dua setelah menentukan Dieng sebagai destinasi liburan akhir tahun. Ummi meminta abi untuk mencari transportasi yang nyaman untuk menuju Dieng. Selain itu, pikirkan juga hotel atau penginapan selama di Dieng. 

Hotel atau penginapan itu penting sekali, tidak mungkin menyelesaikan liburan di Dieng hanya 1 hari saja. Meksipun 1 hari, butuh penginapan juga untuk menikmati tawaran wisata yang lebih memesona. Salah satunya adalah melihat sunset dan sunrise di pegunungan Dieng. Tidak ingin melewatkannya, kan? Jadi, hotel atau penginapan juga harus dicari setelah transportasi dari Jakarta menuju Dieng.

3| Pilih Paket Tiket Hotel Traveloka untuk Menghemat Dana


Transportasi yang rencananya digunakan adalah Kereta Api dari Jakarta menuju Yogyakarta. Setelah itu, ummi akan menghubungi teman ummi Mbak Idah yang akan membawa ummi ke Dieng. Mbak Idah ini adalah warga Banjarnegara yang memiliki hobby traveling ke pegunungan. Ummi sangat beruntung berteman dengan Mbak Idah, karena sudah hafal daerah Dieng dan sekitarnya. Yaah, hitung-hitung guide gratis gitu. Hehehe, terima kasih banyak ya, sudah berkenan direpoti untuk menemani liburan akhir tahun di Dieng.  

Terpesona Keindahan Dieng


Abi menyerahkan hasil browsing dan searching tiket Kereta Api dan hotel. Ummi pun penasaran dong, segitu besarnya biaya transportasi dan hotel. Di tengah-tengah searching di internet, ummi menemukan harga paket untuk trasportasi dan hotel di Traveloka. Wowm kebetulan sekali kan, ummi dan abi sering sekali booking hotel via Traveloka. Tapi baru mengetahui adanya harga paket untuk trasportasi dan hotel. Setelah ummi melakukan pengisian data, waktu keberangkatan dan waktu pulang, jumlah penumpang dan berapa lama akan bermalam di hotel, harganya jauh berbeda dengan yang Abi cari.

Kalau begini ceritanya, dana yang lebih tadi, bisa dipergunakan untuk membeli oleh-oleh lebih banyak, dong. Abi saja enggak percaya kalau ummi bisa mendapatkan harga yang jauh lebih hemat dibandingkan membeli tiket pesawat/ kereta api dan hotel secara terpisah. 

Selain itu, melakukan booking sistem paket ini tidak membuang-buang waktu. Caranya juga sangat mudah, bukan? lihat dech gambar yang menunjukan isian yang diperlukan untuk booking paket tersebut. Beruntung ummi menemukan cara memesan tiket dan hotel dalam 1 paket, jadi ummi lebih mudah memesan dan lebih menghemat waktu. Tidak perlu lagi mencari secara terpisah.



3| Ketahui Cara Pembayaran Paket Wisata (Tiket dan Hotel)


Hal yang ingin dimudahkan saat membayar suatu keperluan dalam hal ini adalah paket tiket hotel adalah cara pembayarannya. Ummi sudah mengenal Traveloka sangat lama dan sering menggunakan. Cara pembayaran yang memiliki banyak pilihan, tentu lebih memudahkan. 

Tugas untuk bayar membayar adalah tugas Abi. Ummi hanya mengetahui dan terkadang berada di sisi abi untuk mengetahui bagaimana cara pembayaran paket wisata Traveloka. Kebetulan terdapat bank yang dimiliki oleh Abi dan ummi. Jadi, sangat mudah dech, bisa membayar dari mana saja dan menggunakan apapun.

4| Mengumpulkan Banyak Data Wisata di Dieng


Tidak penting tapi sangat penting. Meskipun ada Mbak Idah yang dengan senang hati menunjukan banyak tempat menarik di Dieng, tidak ada salahnya dong, ummi juga mengumpulkan informasi tentang Dieng.

Informasi tersebut terdiri dari; tempat makan enak di Dieng, toko oleh-oleh yang lengkap dan murah di Dieng, kerajinan tangan apa yang dapat dibeli di Dieng, spot menarik untuk foto di Dieng, tempat-tempat penunjang lainnya, seperti pasar tradisional dan rumah sakit, sangat perlu karena liburan membawa balita harus selalu waspada, bukan begitu?

5| Persiapan Fisik dan Finansial Sebelum Liburan 


Liburan adalah kegiatan yang menyenangkan dan pastinya menguras banyak energi dan dana. Hahahaa, enggak nutup kemungkinan apabila tidak direncakan matang-matang, pulang liburan dana yang dipergunakan malah membengkak.

Ummi memiliki tips sebelum liburan nich;
  1. Pisahkan dana liburan dan dan operasional harian sebelum dan sesudah liburan. Lebih baik gunakan post dana khusus untuk liburan, jadi tidak mengganggu kesehatan dana yang dimiliki.
  2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi sebelum liburan. Makanan bergizi dan sehat tidak harus mahal kan? Lebih baik sehat daripada harus menyantap makanan yang membuat badan pegal-pegal, gak asyik kan liburan malah badan pegal-pegal.
  3. Istirahat secukupnya, tidak perlu mengambil liburan kecil di setiap minggu menjelang liburan akhir tahun. Lebih baik, banyak beristirahat di rumah saja sembari membaca-baca paduan ke Dieng
  4. Pantau terus kondisi Dieng dan sekitarnya menjelang liburan.
Bagaimana tips yang ummi berikan, em mungkin harus ditambahkan lebih banyak lagi ya? silahkan tambahkan ya, ummi akan sangat berterima kasih. Teman-teman semuanya sudah merencanakan liburan akhir tahun? atau akan liburan di akhir pekan ini dan pergi ke luar kota? Coba dech, teman-teman mencoba memesan paket tiket dan hotel seperti yang ummi sudah coba. Selamat merencanakan liburan dan pilih yang mudah dan praktis, kenapa tidak?

7 comments:

  1. Wah selamat menikmati liburan di dieng ya. Semoga semuanya lancar :)

    ReplyDelete
  2. Aku belum bikin rencana liburan nih. Harus nyesuain jadwal ama suami, dan aku harus cuti kerja. Hmm ... Enaknya kemana ya?
    #sok mikir hihi

    ReplyDelete
  3. Aku juga ada rencana ke Dieng akhir tahun ini. :D

    ReplyDelete
  4. Main ke dieng emang gak pernah ada bosan2nya. Kemarin pas ada festival lampu lampion terbang itu saya kesana. Terkesan sekali

    Salam kenal

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...