Thursday 23 March 2017

Ide Bermain Membuat Gelang dari Sereal Berwarna

Suatu hari ummi dan Fira pergi ke Alfa Midi. Sejak dari rumah, ummi sudah memberitahu Fira untuk anteng dan selalu di sisi ummi. Fira menjawab dengan anggukan dan bilang iya, Mi. Kenapa ummi meminta Fira melakukan hal tersebut? karena beberapa kali pergi ke situ, Fira lari-larian dan mengambil apa saja yng sebetulnya tidak diperlukan. Tadinya ummi enggak mau ngajak Fira. Tapi Abi bilang, kalau Fira tidak pernah diberi kesempatan untuk mencoba, kapan lagi. Oke baiklah, di Alfa kita, Fir.

Acara belanja berjalan lancar sampai Fira mengambil satu kemasan sereal Hoops. Fira mungkin tertarik dengan gambar di kemasannya. Lucu gitu sereal berlubang warna-warni. Ummi menyarankan untuk meletakkan kembali, karena di rumah masih ada Koko Krunch. Anaknya keukeuh, Moms! Fira tidak mau melepaskan kemasan tersebut. Ummi inget banget, kakak Faiz sama sekali tidak mau makan sereal ini, sewaktu sarapan di sebuah hotel. Bagaimana menghabiskannya?

Sampai di rumah, kemasan Hoops dibuka. Ada sereal berlubang yang warna-warni. Abi mencicipi sereal tersebut, ummi juga. Rasa buah-buahan, ada manis dan ada segar-segarnya. Dan, ternyata Fira enggak doyan. Hupf, benar juga to.

Sereal tersebut ummi simpan di frezzer lemari es. Jarang diambil dan dimakan, sampai pada suatu hari. Ummi dan Fira yang mengikuti program #30HariMain bersama Morinaga, membuat jadwal bermain sebulan penuh. Ada salah satu ide bermain membuat gelang dari sereal berlubang dan berwarna-warni. Done, ummi langsung menjadwalkan untuk memainkan ide tersebut.

Tiba saatnya hari bermain membuat gelang dari sereal. Ummi berpikir, Fira pasti bakal suka dan senang. Manfaat dari ide bermain membuat gelang dari sereal adalah, untuk mengasah kecerdasan kinestetik, logika matematika, visual spasial, dan  intrapersonal.

Bahan dan Cara Membuat Gelang dari Sereal


Bahan-bahan membuat gelang dari sereal adalah:
  1. Sereal berlubang dan berwarna warni
  2. Tali kur, atau karet
  3. Gunting


Semua bahan-bahan ummi yang menyiapkan. Fira waktu itu masih bermain dan belum tahu kalau ummi sedang menyiapkan bahan permainan untuk dia. 

Nah, saat bahan sudah tersedia, ummi panggil Fira untuk mendekat. Fira seneng sekali dan bertanya sereal Hoopsnya. Ternyata Fira masih ingat belinya di mana. 

Ummi menjelaskan dong, semua bahan-bahan ini untuk main Morinaga. Ih, Fira senang sekali, loncat-loncat kegirangan. Trus ummi ajak yuk, mulai bermain membuat gelang dari sereal. Begini nich, cara membuat gelang dari serealnya.

Pertama pisahkan sereal sesuai dengan warnanya. Ummi meminta Fira untuk memisahkan sereal tersebut berdasarkan warna. Ummi beri Fira piring kecil, untuk memisahkan warna per warna. Sembari memisahkan, Fira menjawab pertanyaan ummi, warna apa yang sedang dipisahkan. Kemudian, Fira juga bersuara, pisahkan, pisahkan, pisahkan untuk memisahkan sereal tersebut.



Setelah sereal berwarna tersebut dipisahkan. Saatnya ummi memberi contoh kepada Fira. Ambil tali atau karet yang tadi sudah disiapkan. Masukkan tali atau karet tersebut melalui lubang pada sereal tersebut. Nah, jika anak-anak sudah besar, mungkin bisa membuat gelang dari sereal dengan pola warna yang berurutan. Misalnya kuning, hijau, pink, orange. 

Berhubung usia Fira masih 2 tahun. Ummi memberikan kebebasan kepada Fira untuk memasukkan sereal sesuai dengan kreatifitasnya. Waaah seru loh, sewaktu Fira memasukkan sereal demi sereal ke talinya. Eh, ada yang dicamil dan dimasukkan ke dalam mulut. Awalnya ummi kaget, tapi ummi diam saja, ummi malah memberi semangat kepada Fira.



Ayo selesaikan gelang dari serealnya. Fira juga boleh loh memakan serealnya. Gimana rasanya? enak kan? manis kan? dan lumayan banyak sereal Hoops yang dimakan oleh Fira. Alhamdulillah, akhirnya Fira memakan sereal yang dibelinya di Alfa Midi. 

Ummi juga menyempatkan membuat video proses membuat gelang dari sereal. Video tersebut juga ummi upload ke channel Youtube FaizFira. Chennel YouTube Faiz Fira berisi video-video ide bermain bersama Morinaga dan kegiatan bermain Faiz dan Fira.




Sudah jadi dong gelang dari sereal berwarnanya. Mudah bukan cara membuatnya? Fira bisa loh merangkai sereal demi sereal menjadi sebuah gelang cantik. Ummi hanya mendampingi dan mengawasinya untuk memberikan pertimbangan.

Mengasah Kecerdasan Majemuk


Membuat gelang dari sereal ini mengasah kecerdasan majemuk anak-anak loh. Dengan warna-warni sereal, bentuk bundar serta berlubang, akan mengasah kecerdasan visual spasial Si Anak. Anak akan meraba menggunakan tanggannya, bahwa sereal tersebut bundar dan berlubang. Anak akan melihat warna sereal dengan matanya. 

Ketrampilan tangannya memasukkan tali ke lubang sereal, melatih kecerdasan kinestetiknya. Beruntung Fira sedang good mood. Sereal demi sereal Fira rangkai tanpa mengeluh cape dan bosan. Fira juga cukup kreatif mengambil warna-warni yang berbeda dari tiap sereal yang dimasukkan ke dalam tali. 

Untuk anak-anak yang usianya sudah lebih tinggi. Permainan membuat gelang dari sereal akan mengasah kecerdasan logika matematiknya. Cara dia berpikir untuk membuat pola warna yang dirangkai menjadi sebuah gelang sereal. Hm, ummi awalnya ingin memperkenalkan hal tersebut kepada Fira. Tapi anaknya keburu happy dengan aktifitas yang sedang dilakukannya.



Pemilihan warna, suka mengambil warna pink daripada hijau, atau merah atau yang lain juga memperlihatkan kecerdasan interpersonal Fira. Fira masih terlihat mempertahankan warna kesukaannya. Tiap diajak mewarnai atau memilih benda, selalu memilih warna yang soft. Atau mungkin ini ada campur tangan orangtua dalam pemilihan warna? hehehee.

Gimana gelang sereal yang dibuat oleh Fira? bagus ya? coba siapa yang ingin mencoba membuat gelang dari sereal berwarna seperti Fira? heeey, gelangnya bisa dimakan pula...mengasyikan dan menyenangkan ya?

Yuk bermain bersama Si Kecil untuk hari bahagianya.

Ummi  Astin
💓


7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. lasngung hap di makan nanti gelangnya ya :) kreatif astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Tante...langsung hap, tahu tahu tinggal karet talinya

      Delete
  3. Horeee, gelangnya sudah jadi. Warna warni pula terus kalau udah difoto bisa langsung dimakan. Fira pinter ih, good job Umi

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^