Monday, 30 January 2017

Manfaat Buah Belimbing untuk Anak-anak

Hallo anak-anak ummi, apa kabar semuanya?

Teman-teman juga nich, apa kabar semua?

Di sini ada yang doyan makan buah? Ada yang enggak mau makan nasi, tapi buah yang dicari?

Sama dong sama Fira. Fira ini, kalau dikasih sepiring nasi, sayur dan lauk, mulutnya langsung nutup. Tapi seringnya nyelonong ke dapur trus buka lemari es, ngambil buah yang ada di lemari es.

Doyan banget kalau makan buah daripada makan sayur dan nasi. Kalau lauk masih mau dia minta daging atau ayam.



Ada beberapa buah yang disukai sekali dan ada beberapa buah yang Fira langsung geleng kepala. Namanya anak-anak ya, orang dewasa saja mungkin ada yang condong menyukai dan tidak menyukai beberapa jenis buah.

Beberapa hari kemarin, ummi mengenalkan buah belimbing ke Fira. Fira seneng sekali, waktu ummu kasih tahu, nama buah belimbing ini dalam bahasa Inggris.

Yup, namanya Star Fruit. Kenapa bisa dinamakan buah bintang? yuks,


Ummi cuci bersih buah belimbingnya. Ummi kupas kulit buah belimbingnya dengan cara membuang bagian yang mengeras di kulit belimbing dengan cara melintang. Duh, umi susah sekali menjelaskannya. Semoga ibu-ibu sudah memahami ya. 😞

Setelah dibuang bagian kulit yang mengeras tadi. Ummi buang kedua ujungnya, iris tipis saja. Nah, baru ummi potong-potong buah belimbingnya.



Tuh, kan bentuk buah belimbing jika dipotong dari kedua ujungnya, akan mendapatkan bentuk seperti bintang. Betulkan kalau buah belimbing ini namanya star fruit.😘 

Fira mau mengambil satu potong buah belimbingnya. Digigit sedikit sedikit. Awalnya airnya doang dihisap sama Fira. Lama-lama daging buahnya juga ikutan dimakan sampai habis.

Rasa buah belimbing ini manis-masin sepet, gitu. Dominan manis kalau untuk buah belimbing yang sudah menguning matang ini.

Air dari buah belimbing ini juga banyak, jadi membuat tenggorokan rasanya jadi lebih segar. Apalagi waktu mengkonsumsinya di siang hari yang terik.

Ini adalah kali pertama Fira mengenal buah belimbing. Anaknya langsung doyan, gak seperti buah pepaya yang meskipun secara visual Fira kepingin, tapi indra penciumannya enggak mau.


Nih beberapa manfaat dari buah belimbing yang ummi tahu ya.
  1. Menjadi pelepas dahaga. Kalau dulu buah belimbing mudah ditemui di halaman rumah, sekarang kok jarang ya.
  2. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.
  3. Memilihara daya tahan tubuh.
  4. Memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid.
  5. Memiliki kandungan serat yang tinggi.
  6. Melancarkan gangguan air besar.
Meskipun manfaatnya yang banyak, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang normal ya. Apalagi untuk penderita penyakit ginjal, karena dapat menyebabkan keracunan dari kandungan asam oxalat yang tinggi.

Gimana? teman-teman Faiz dan Fira juga doyan kan buah belimbing? atau di halaman rumahnya ada yang punya pohon buah belimbing? waaah, seneng ya, kalau pingin makan buah belimbing, tinggal petik saja.

8 comments:

  1. kalau Fayda sukanya buah pepaya justru, jeruk dan salak :) senangnya ya Fira suka sama buah, badan pastinya lebih sehat dan segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Fira belum suka pepaya nich, semoga cepet suka buah pepaya, biar seperti Kak Fadya

      Delete
  2. Aku pemakan segala buah, tapi kalo belimbing biasanya aku rujak :D

    Salam,
    Oca

    ReplyDelete
  3. belimbing tengah hari dimakan enak sekali dan ternyata bermanfaat buat pelega tenggorokan, terimakasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul MBak, segar dan menjadi pelega tenggorokan ya

      Delete
  4. Vitamin C nya ini yang membuat daya tahan tubuh tetap terjaga. Aku suka dengan buah ini, dan tetangga rumahku jika panen selalu memberiku sekantong plastik gede.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapat sekantong buah belimbing, aku suka banget, om

      Delete
  5. Udah lamaaaa banget ngg makan belimbing mbaaa.. jadi pengen :)

    ReplyDelete