Thursday, 1 September 2016

Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah

Memilih sekolah yang terbaik adalah keinginan dari orangtua. Keinginan ummi dan abi untuk menyekolahkan Faiz di sekolah yang terbaik. Sekolah yang memiliki gedung yang nyaman untuk Faiz. Sekolah yang memberikan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas untuk mata pelajaran umum dan agamanya. Sekolah yang menanamkan pendidikan budi pekerti yang berkualitas.

Mengapa pendidikan budi pekerti sangat diperlukan di sekolah? Dari kecil Faiz sudah diajarkan bagaimana cara menghormati orang yang lebih tua. Faiz juga dicontohkan untuk tidak pernah membalas perbuatan teman-temannya, yang dirasa kurang nyaman baginya. Istilahnya, dari kecil dari rumah, Faiz sudah dibekali pendidikan budi pekerti yang baik.



Masuk ke lingkungan sekolah dengan adanya perbedaan pola asuh dari tiap-tiap siswa. Akan banyak sekali hal-hal baru yang masuk melalui pola, tingkah laku dan kebiasaan teman-teman Faiz. Di sinilah peran sekolah untuk memberikan pemahaman budi pekerti kepada para siswanya.

Dengan adanya pendidikan budi pekerti yang baik di sekolah secara meyeluruh, Diharapkan para siswa mendapatkan pengetahuan dan pengertian budi pekerti yang sama. Para siswa di sekolah, akan bersama-sama dalam pengawasan gurunya menjaga sikap, ucapan dan perbuatannya.

Beruntung Faiz bersekolah di sekolah yang mengedepankan pendidikan akhlak atau budi pekerti. Hal-hal yang terlihat setiap harinya di sekolah Faiz adalah;
  1. Para guru menyambut kedatangan apra siswa di pagi hari. Para guru menyalami siswa yang datang. 
  2. Bila bertemu dengan para guru di lingkungan sekolah, bersalaman dan menundukan badannya.
  3. Berbicara dengan sopan dan santun.
  4. Pemisahan baris bangku di kelas. Anak perempuan di sisi kiri, anak laki-laki di sisi kanan.
  5. Seragam sekolah yang syari. Hal ini menunjukan keseriusan sekolah, bahwa pendidikan budi pekerti, dibangun dari kebiasan-kebiasan yang baik. Ada banyak faktor yang mendukung pendidikan budi pekerti di sekolah.
Ummi sangat mengaharapkan Faiz menjadi anak yang lebih baik. Menunjukan perubahan yang baik dari sebelum bersekolah di sekolah tersebut. Aaamiin.

2 comments:

  1. Aamiin. Salah satu cara membentuk budi pekerti anak memang memilih sekolah yang tepat ya mbak. Sekolah yang akan menjadi mitra buat orang tua mencapai visi misi pendidikan keluarga. :)

    ReplyDelete
  2. semoga Faiz bisa menjadi apa yg diharapkan UMi N Abi yaa

    ReplyDelete

Haaai, Terima Kasih ya sudah mengunjungi Buku Harian Anak-Anak


Yuk jejakkan komentar, supaya saya juga dapat berkunjung balik. Terima kasih ^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...