Skip to main content

5 Tempat Wisata di Bandung Pelepas Lelah Anak-Anak Setelah Mudik Lebaran

Bandung merupakan kota yang paling banyak dimintati oleh para wisatawan lokal, baik dari daerah yang dekat dengan kota tersebut ataupun kota-kota lainnya di Indonesia. Faiz dan Fira juga kebagian rejekinya untuk singgah di kota Bandung, kota yang penuh dengan kenangan untuk ummi dan abi. Kota yang berjarak kurang lebih 155,2 km dari Bandung ke Jakarta melewati Tol Purbaleunyi dan berjarak 242,9 km dari Cilacap ke Bandung.

Faiz dan Fira singgah di Kota Bandung setelah menempuh perjalanan balik lebaran beberapa hari lalu dari Cilacap. Dua tahun ini, Abi selalu mengambil jalur selatan untuk balik ke Jakarta dan singgah di Kota Bandung untuk istirahat dan melihat-lihat tempat wisata di Bandung serta mencicipi kuliner khas Kota Bandung, kota yang disebut kota kembang.

Ada 5 Tempat Wisata di Bandung yang pernah disinggahi oleh Faiz dan Fira. Beberapa tempat memang disinggahi setelah melakukan perjalanan mudik Lebaran. Alasannya untuk numpang istirahat di kota yang masih memiliki udara yang sejuk dan segar. Sehingga lelahnya perjalanan mudik dan balik dapat kembali prima dan dapat menempuh perjalanan ke Jakarta dengan fit.




1 | Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat


Masjid Raya Bandung terletak di Jl, Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa barat. Masjid Raya Bandung ini menjadi icon Kota Bandung dan letaknya menjadi satu dengan alun-alun Kota Bandung. Masjid Raya Bandung memiliki pelataran yang sangat luas di depannya dan menjadi alun-alun dengan gelaran rumput hijau sintetis yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk berlari-larian dan digunakan sebagai tempat pelepas lelah untuk para orang tua.

Dari kejauhan alun-alun Masjid Raya Bandung sudah terlihat sangat ramai dengan pengunjung. Tua muda, dewasa dan anak-anak berkumpul menjadi satu di alun-alun kota Bandung setelah mendirikan sholat di Masjid Raya ataupun hanya sekedar melihat-lihat bangunan Masjid Raya yang telah mendapatkan renovasi besar-besaran dan menjadi daya tarik pengunjung.

Untuk dapat memasuki areal Masjid Raya Bandung, kendaraan dapat diparkir di tempat parkir yang terletak di bawah alun-alun Kota Bandung, baru kemudian naik melewati tangga dan bertemu dengan alun-alun Kota Bandung. Setelah itu dapat berjalan untuk memasuki Masjid Raya Bandung.

2 | Floating Market Lembang


Floating Market Lembang terletak di Jalan Grand Hotel 33, Lembang Kota Bandung. Floating Market merupakan tempat wisata kuliner yang dikemas dalam bentuk wisata air. Banyak sekali penjual kuliner dengan berbagai macam pilihan menu dan tempatnya juga sangat unik. Penjual berada di perahu yang diletakkan di pinggir-pinggir sebuah perairan.

Jalan menuju Floating Market selalu ramai dan terkadang harus bermacet-macetan, karena kontur jalannya sempit dan agak menanjak sedikit. Teman-teman pasti sudah tahu ya, jalan Setia Budi. Jalan paling macet di Kota Bandung ini merupakan arah untuk menuju Floating Market Lembang. Setelah dari jalan Setia Budi, dilanjutkan ke arah Terminal Ledeng kemudian dilanjutkan ke arah Lembang. Jalanan yang macet sangat memudahkan untuk menemukan Grand Hotel Lembang yang terletak dekat dengan Floating Market.

Fasilitas Floating Market juga sangat lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, yang memungkinkan sepeda motor, kendaran roda empat hingga bus pariwisata kecil untuk masuk tempat parkir. Mushola juga disediakan, meskipun tidak terlalu luas, namun mampu menampung pengunjung yang akan melaksanakan sholat. Toiletnya cukup bersih sewaktu Faiz dan Fira datang ke sana tahun 2014. Pada saat itu, Fira masih bayi berumur empat bulan, jadi tidak ada gambar yang dapat diambil, baik melalui kamera ponsel maupun kamera digital.

3 | Rumah Stroberi, Parongpong


Rumah Stroberi yang terletak di Cigugur Girang, Prongpong juga dapat dijadikan alternatif tempat wisata liburan untuk anak-anak. Tempat wisata ini ditemukan oleh Faiz dan Fira, sewaktu abi dengan tidak sengaja mengambil jalan alternatif menuju Pasteur dari arah Lembang. Jalanan yang berkelok-kelok dan turunan dari arah Lembang membuat deg-degan tapi asyik, karena pemandangan Parongpong sangat indah.

Kanan dan Kiri jalanan menyuguhkan pemandangan Kota Bandung yang sangat hijau, membuat mata segar memandangnya. Sampai di pertengahan jalan, ada penunjuk jalan yang bertuliskan Rumah Stroberi. Rumah Stroberi terletak di kanan jalan dari arah Lembang menuju Bandung kota, melewati Parongpong. 



Dari jalanan sudah terlihat adanya kebun strowberry dan area bermain anak-anak. Di rumah stroberi ini, anak-anak dapat memetik buah strowberry dengan membayar 135.000 untuk paket 4 orang. Hari Kamis kemarin, Faiz dan Fira belum berkesempatan untuk memetik buah strowberry karena diinformasikan buah strowberrynya sudah habis dari pagi. Faiz dan Fira memang datang kurang lebih pukul 4 sore, menjelang waktu area playground tutup.

Aanak-anak dapat bermain flaying fox, mobil ATV, Highrope dan anak-anak seumur Fira dapat bermain di Playgroundnya dengan membayar 25.000 perorang. Fira asyik bermain seluncuran dan berkali-kali ingin mendatangi kolam renang mini yang terletak di area playground. Ada juga sepeda, ayunan dan jungkat jungkit untuk bermain.

4 | Kawah Putih Ciwidey


Bandung Kota telah dijelajahi dengan beberapa tempat wisata yang menarik. Di Bandung Selatan ada banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah menarik dan merupakan daya tarik paling tinggi pengunjung dari berbagai daerah, termasuk bagi warga Bandung sendiri.

Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Bandung Selatan merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha. Untuk menuju ke Kawah Putih Ciwidey ini, disediakan angkutan umum untuk menuju ke sana, atau jika teman-teman ingin membawa kendaraan sendiri juga bisa. Sewaktu ke sana di tahun 2014, ditanya oleh petugas di loket tiket. Apakah sudah terbiasa membawa kendaraan dalam kondisi jalan menanjak dan berkelok? abi menjawab sudah biasa, dan akhirnya diijinkan membawa masuk kendaran.



Pemandangan menuju Kawah Putih Ciwidey sangat indah, tumbuh pohon-pohon tinggi dan rindang sehingga memberikan kesan sebuah perjalanan untuk berpetualang. Pohon-pohonan banyak memiliki batang kayu yang ramping, sehingga cahaya matahari kadang-kadang memberikan salam menyambut kedatangan pengunjung dengan malu-malu.

Sampai di Kawah Putih, banyak orang-orang menjajakan masker dan payung. Kawah putih ini memang mengandung belerang, sehingga tidak boleh terlalu lama berada di dekat danau yang berwarna hijau dari kejauhan. Hidung Faiz waktu itu ditutup menggunakan tissue dan cepat-cepat berlalu setelah menikmati pemandangan dan berfoto.

5 | Situ Patenggang


Setelah dari Kawah Putih Ciwidey, perjalanan kemudian dilanjutkan sedikit ke atas yaitu ke Situ Patenggang. Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Perjalanan menuju Situ Patenggang sangat indah, hamparan perkebunan teh menawarkan pemandangan yang menyegarkan mata. Warna hijau mendominasi lukisan alam yang maha indah tersebut.

Jarak dari Kawah Putih menuju Situ Patenggang ini sangat dekat, kurang lebih 7 km atau sekitar 10 menit, teman-teman dapat berpindah ke tempat yang sangat indah ini. Jadi, sayang dilewatkan begitu saja berwisata ke Kawah Putih tanpa ke Situ Patenggang.

Menginap di Hotel Murah Kota Bandung


Berada di Kota Bandung tidak cukup satu atau dua hari saja. Minggu kemarin Faiz dan Fira berada di Kota Bandung selama tiga hari dua malam. Itupun belum menjelajah ke seluruh tempat wisata di Kota Bandung.


Buat teman-teman yang akan melakukan perjalanan wisata di Kota Bandung dengan waktu menginap lebih dari dua hari, pasti dong ingin mendapatkan penginapan atau hotel murah di Kota Bandung. Sebaiknya teman-teman booking hotelnya di AiryRooms karena hotel AiryRooms itu memberikan harga yang murah namun memberikan fasilitas yang oke.

Fasilitas yang diberikan oleh AiryRooms di setiap kamar ada AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis dan WiFi gratis. Pada beberapa hotel dan penginapan sudah terpasang banner AiryRooms loh di Kota Bandung, warnanya biru. Bagaimana? tertarik untuk menginap lebih lama di Kota Bandung dan booking di www.airyrooms.com ? pastinya dong.

Comments

  1. 135rb untuk paket 4 orang masuk rumah strawberry ? bebas memetik strawberry sepuasnya gak tuh mba ? :) belum pernah kesana nih karena belum tahu pasti lokasi nya :)

    ReplyDelete
  2. Mb astin aku pengen petik2 stroberi di ciwidey blom jadi2 huhu
    Hotelnya spreinya unyuk #fokusnya ke situ

    ReplyDelete
  3. mba astin di lembang katanya banyak tempat wisatanya, pengen nyoba liburan ke situ ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Transpulmin Balsam untuk Batuk Bayi Fira

Haaai, apa kabar? hari ke -6 di bulan Ramadhan pada bulan Juni 2015. Cuaca masih kurang bersahabat dengan mi, bi , kakak Faiz dan tentu saja bayi Fira. Cuaca panas membuat tanah menjadi kering dan tertiup angin sehingga udara menjadi sangat kotor. Mi sering melihat lo, angin menbawa debu yang tidak tipis, namun tebal, bagaimana jika debu tebal tersebut masuk ke mulut, hidung dan mata kita?
Batuk Mudah Menular, lho. Sudah dipastikan, jika masuk ke dalam mulut, mulut akan terasa gatal, batuk berdahak yang disebabkan oleh debu-debu yang berhamburan masuk ke dalam mulut tadi. Jika masuk ke dalam hidung, akan terjadi bersin yang diakibatkan debu yang menempel pada bulu-bulu hidung, terjadilah influenza. Jika debu masuk ke dalam mata, aduuh itu yang paling menyakitkan karena akan membuat iritasi berupa kemerahan pada mata.
Alhamdulillah, bayi Fira selalu di rumah, namun apakah itu menjamin bayi Fira tidak tertulat batuk? mi, abi dan kakak Faiz selalu beraktivitas di luar rumah. Menghadapi d…

Persiapan Tes Masuk Sekolah Dasar

Dua tahun lalu, ummi mencari artikel mengenai seluk beluk tes masuk sekolah. Dua tahun lalu, Faiz akan lulus TK B, di mana pihak TK memberikan penjelasan, bahwa kemampuan akademis Faiz cukup untuk masuk SD. Hunting sekolah dasar di sekitar tempat tinggal pun di mulai. Artikel di google yang ummi temukan, juga cukup menjawab pertanyaan klise, soal tesnya bagaimana?
Sekolah pertama, pihak sekolah merasa ragu, karena usia Faiz waktu itu baru 5,8 bulan. Pihak sekolah meminta Faiz untuk mengikuti tes masuk pada hari yang ditentukan.  Dua hari sebelum tes, ummi menyiapkan soal-soal membaca, menghitung dan menulis. Soal-soal tersebut, ummi ambil dari artikel di google dan sebagian dari buku-buku mewarnai, di mana ada latihan menulis dan berhitung. Faiz lulus dan hari pertama masuk sekolah, Faiz sudah menangis mencari ummi. Hari kedua, hari ketiga, seminggu, dua minggu Faiz masih bersemangat ke sekolah, namun meminta agar ummi, masih menunggu di depan pintu kelas. Mencoba masuk ke sekolah ya…

5 Sekolah Dasar Pilihan di Sekitar Cipondoh

Memilih sekolah untuk Faiz, pertimbangannya adalah, sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah dan memilih sekolah dengan tetap mempertimbangkan kualitasnya. Tahun 2015 kemarin, mi dan bi sudah memilihkan dua sekolah untuk Faiz dan akhirnya hanya menjadi pilihan saja. Sebetulnya, nama Faiz sudah tercatat di dua sekolah tersebut. Di sekolah pertama, Faiz bersekolah dua bulan, di sekolah ke dua, hanya satu bulan saja.
Ada Faktor yang mengakibatkan Faiz urung bersekolah dan menjadi keputusan berat untuk mi dan bi menarik Faiz dari sekolah. Tahun 2016 ini, Faiz menyatakan sudah siap dan tidak akan mengulangi hal yang mengakibatkan mi dan bi menarik Faiz dari sekolah.  
Tahun ini, ada satu sekolah yang diinginkan Faiz, namun sayang sekali sekolah tersebut sudah menutup pendaftarannya. Di bulan Januari ini malah sudah menerima angusuran pertama. Tidaki bisa dibuka, waiting list begitu? katanya tidak bisa, sudah tutup. Okelah kalau begitu.
Berikut, mi rangkum 5 sekolah dasar pilihan di seki…